Belasan Mobil Dihadang Banjir, Mogok, Apri Turun ke Jalan

KIJANG – Belasan mobil tak bisa melintas akibat dihadang banjir di Km 17, Kampung Teratai, Kelurahan Gunung Lengkuas, Sabtu (2/1). Bupati Bintan H Apri Sujadi pun turun jalan.

Akibat hujan deras tanpa reda sejak Jumat (1/1) hingga Sabtu (2/1), beberapa titik ruas jalan di wilayah Kabupaten Bintan digenang air. Banjir di jalan ini dengan ketinggian lebih dari 1 meter. Bahkan, waduk Seigesek meluap, yang mengakibatkan jalan tutup total. Di Kampung Teratai Km 17 arah Kijang, air yang meluap mengakibatkan lalu lintas macet. Belasan mobil dan puluhan sepeda motor tak bisa melintas.

“Tadi ada satu mobil yang mogok dan terpaksa didorong karena terjebak banjir di jalan tersebut. Bupati Bintan Pak Apri pun turun ke jalan,” kata Fandi, warga sekitar.

Pada kesempatan lain, Bupati Bintan H Apri Sujadi mengimbau agar camat, lurah dan Kades mewaspadai terhadap ancaman bencana banjir dan tanah longsor, pada masa curah hujan yang tinggi saat ini.

       
        Loading...    
   

“Curah hujan diperkirakan masih akan tinggi hingga akhir pekan pertama Januari tahun 2021 ini. Kita minta camat, lurah dan Kades di wilayah-wilayah rawan banjir diharapkan tetap selalu waspada,” ujar Apri Sujadi, Sabtu (2/1).

Dikatakannya juga bahwa menyikapi terkait kondisi banjir dan cuaca di wilayah Kabupaten Bintan beberapa hari ini, dirinya meminta camat, lurah dan Kades mendata warga yang terdampak di wilayahnya. Camat diminta bekerja sama dengan Unsur Pimpinan Kecamatan (Uspika) guna menentukan titik posko tanggap darurat di wilayah masing-masing, serta mengajak masyarakat berpartisipasi untuk membuat dapur umum di wilayah terdampak.

“Kita juga meminta agar BPBD dan Dinsos agar menyiapkan posko logistik dan peralatan tanggap darurat, serta perlengkapan dapur umum di masing-masing wilayah,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, Dinas Kesehatan juga diharapkan dapat membantu mengecek kesehatan warga yang ada di posko tanggap darurat. Beberapa dinas terkait juga diminta turut serta, seperti Satpol PP dimohon untuk turun membantu pengamanan serta mengevakuasi warga terdampak. Dishub Bintan juga diminta membantu alur lalu lintas yg terdampak banjir di setiap kecamatan.

“Kita juga meminta setiap camat dapat melaporkan perkembangan terkini di wilayah masing-masing ” tutupnya. (fre)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN