Antisipasi Ledakan Korona, Pemprov Siapkan Dua Gedung Karantina

Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah saat memimpin rapat OPD di Dompak, kemarin.
       
        Loading...    
   


TANJUNGPINANG – Pemprov Kepri menyiapkan dua gedung Rumah Singgah atau lokasi karantina apabila terjadi ledakan pasien positif Korona atau Covid-19 di Tanjungpinang.
Ketua Harian Tim Gugus Tugas Pengendalian dan Penanganan Covid-19 yang juga Sekdaprov Kepri, TS Arif Fadillah meninjau lokasi yang direncanakan menjadi Rumah Singgah untuk pasien terpapar Covid-19. 


Dua lokasi yang ditinjau adalah Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Bintan dan Hotel Sunrise Tanjungpinang. ”Kita mengantisipasi lokasi untuk tempat karantina. Tapi kita berharap dan berdoa agar tidak ada penambahan kasus positif di Kepri,” katanya.


Arif yang didampingi Asisten Administrasi M Hasbi, Plt Kadis Kesehatan Tjetjep Yudiana beserta Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 mengatakan untuk sementara tempat yang disiapkan rumah singgah RSUP Raja Ahmad Thabib, RSKI Galang di Batam.  


Sementara posko untuk pengambilan sampel swab disiapkan 4 tempat yaitu RSUP RAT Tanjungpinang, RSUD Embung Fatimah Batam, RSKI Pulau Galang Batam dan Posko Jakarta dengan kapasitas yang besar. 


Peninjauan ini, kata Arif sebagai antisipasi bila ada penambahan dan kekurangan ruang nantinya. Selain itu, Arif menjelaskan perlunya tempat tinggal layak bagi orang yang terpapar Covid-19, guna terisolasinya pasien dengan baik dan memutuskan mata rantainya. 


”Kita ingin teman teman dan masyarakat yang dinyatakan positif benar benar ditempatkan sesuai dengan protokol kesehatan yang tepat dan pengecekan secara berkala selama 10 hari sampai dengan 14 hari ke depan dapat dilakukan dengan baik,” terangnya. 


Saat ini, kata Arif, Tim Gugus terus men-tracking mereka yang terhubung dengan aktivitas Gubernur Kepri. Sampai Sabtu (1/8) sudah 590 yang diambil swabnya di Tanjungpinang.
Arif mengapresiasi rumah sakit dan BTKLPP yang bekerja 24 jam untuk mempercepat pemutusan mata rantai virus Korona ini. (mas)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN