Kapal Feri Tujuan Riau Setop Sementara

Pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun terlihat sepi. Pelabuhan ini tidak melayani rute ke Provinsi Riau mulai, Kamis (6/5).

KARIMUN – Mulai Kamis (6/5), kapal feri tujuan Provinsi Riau yang biasa mengantar penumpang dari pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun, tidak beroperasi atau setop sementara. Begitu juga sebaliknya, akses dari Provinsi Riau ke Kepri juga dihentikan sementara.

Kebijakan ini sebagai tindak lanjut larangan mudik lebaran oleh Menteri Perhubungan yang dituangkan dalam Permenhub nomor 13 tahun 2021, yang mengatur tentang pengendalian transportasi, mulai berlaku 6 Mei hingga 17 Mei mendatang.

“Kita sebagai perwakilan pelaku pelayaran sudah menyurati kepada pihak KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun, bahwa para pengusaha pelayaran yang ada disini resmi tidak melayani penumpang tujuan Riau daratan,” jelas Ketua INSA Karimun Bustami Datuk Rajo Marah, Selasa (4/5).

Baca Juga :  Tim Popda Bintan Imbangi Indra Sakti Penyengat

Dikatakannya, ada tiga kapal yaitu Dumai Express Grup, Batam Jet dan speedboat yang biasa melayani penumpang tujuan Tanjungsamak, Selatpanjang, Bengkalis, Dumai dan Pekanbaru atau Buton. Dan akan kembali beroperasi pada 18 Mei mendatang.

       
        Loading...    
   

“Sepilah tahun ini, masih lumayan tahun lalu. Kita setuju juga, aturan yang dikeluarkan dari Kemenhub itu,” ungkapnya.

Namun, untuk tujuan Batam masih melayani pelayaran. Termasuk antarpulau juga, tetap dibuka untuk kebutuhan masyarakat. Walaupun, kapal feri tujuan Batam tetap beroperasi pihaknya juga telah memberitahukan kepada pengurus kapal agar tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Saksikan Friendly Match Muhibah 2020 di Stadion Sri Tri Buana Kepri

“Paling utama wajib gunakan masker calon penumpang. Dan, surat kesehatan dari Puskesmas, Rumah Sakit juga harus tunjukan selain itu aplikasi eHAC,” tuturnya.

Sementara itu pantauan di lapangan, situasi pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun terlihat sepi dari penumpang. Baik penumpang yang datang maupun akan berangkat.

“Ada keperluan keluarga. Makanya, sekarang pulang dulu sebentar,” kata Salma salah seorang karyawan swasta. (yon)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN