Pencetakan KTP-El Hanya 30 Menit, Langsung Jadi

Kepala Disdukcapil Kabupaten Natuna Ilham Kauli.

NATUNA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Natuna, terus berbenah dalam pelayanan masyarakat dengan menyediakan pencetakan KTP elekronik (KTP-el). Pencetakan KTP-el hanya perlu waktu 30 menit, langsung jadi.

Layanan ini tidak hanya penerbitan saja namun sampai pencetakan ulang Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Kepala Disdukcapil Kabupaten Natuna, Ilham Kauli mengatakan, bahwa dalam penerbitan KTP-el ada berbagai jenis. Di antaranya penerbitan perdana dan juga pencetakan ulang.

“Apabila baru atau perdana, pembuatan KTP maka harus melakukan perekaman data dan prosesnya berlangsung satu jam. Namun jika hanya pencetakan KTP-el yang hilang atau rusak berat, hanya perlu 30 menit saja,” kata Kadisdukcapil Kabupaten Natuna, Ilham Kauli, Sabtu (6/6).

Baca Juga :  Wako Ingin Setiap Akhir Pekan Ada Pasar Malam

Dikatakannya, Program ini mengacu pada program Dukcapil secara nasional yaitu “Sehari Mesti Jadi”. Proses pembuatan atau cetak Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk elektronik tidak lagi membutuhkan waktu lama.

       
        Loading...    
   

“Dengan adanya program ini, masyarakat dimudahkan dalam pelayanan pencetakan maupun penerbitan Kartu Keluarga,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, bahwa untuk penerbitan Akte Kematian terkait pasien Covid-19 semuanya sama tidak ada perbedaan sama sekali.

“Bagi warga yang ingin melakukan penerbitan akte kematian keluarganya, kita tetap melayani dan aktenya tetap sama dengan yang lainnya tidak ada dibeda-bedakan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pemerintah Didesak Mendirikan SPBU Nelayan di Kelong

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan kabar yang tidak jelas, dan lebih baik langsung mendatangi kantor Didukcapil Natuna.

“Jika ada kabar bahwa pengurusan dokumen lainnya ada yang memungut biaya, silahkan langsung laporkan kepada kami, karena pembuatan KTP-el semuanya gratis,” pungkasnya. (hrd)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN