Peringati Hari Lingkungan, Komunitas Seven Clean Seas Bersihkan Sampah Di Mapur


BINTAN – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, Komunitas Seven Clean Seas melakukan aksi bersih laut dan pantai di sekitar Pulau Mapur, Kecamatan Bintan Pesisir Bintan.

Aksi bersih-bersih yang diikuti sebanyak 38 orang dan melibatkan sebuah kapal ini mengelilingi Pulau Mapur yang merupakan pulau terdepan dengan negara tetangga Malaysia.

Pada aksi yang dilaksanakan pada Sabtu (5/6) ini berhasil dikumpulkan 1.807 kilogram sampah dari puluhan karung yang dipergunakan untuk mengumpulkan sampah baik di pantai maupun laut.

Jaslan, Koordinatot Aksi mengatakan, pihaknya tidak sendirian, ada Cempak Private Island dan Nikoi Island yang juga mendukung aksi mereka.

“Kami biasa rutin melakukan aksi bersih-bersih setiap hari Selasa, Kamis dan Minggu setiap pekannya. Lokasinya di Bintan dan Tanjungpinang. Karena Hari Lingkungan Sedunia, kami masifkan bersih-bersih ini pada Sabtu kemarin,” katanya, Minggu (6/6).

Ia mengatakan, sebagian besar sampah yang dikumpulkan adalah sampah berbahan plastik yang hanyut dari laut. Sebagian besar sampah plastik itu merupakan sampah dengan tulisan bukan dari negara Indonesia.

“Karena Mapur ini berada di antara negara tetangga dan laut lepas, jadi banyak juga ditemukan sampah bukan dari Indonesia. Ini yang merusak ekosistem dan keindahan alam kita,” ucapnya.

Pada peringatan Hari Lingkungan Sedunia kali ini, pihaknya berharap agar masyarakat sadar akan bahaya sampah yg dibuang sembarangan, terutama plastik sekali pakai karena akan butuh ratusan tahun untuk terurai.

“Harapan kami juga agar pemerintah dapat membuat Perda tentang persampahan dan bisa diterapkan. Ini tentunya untuk lingkungan yang lebih baik kedepannya. Apalagi Binta merupakan kawasan destinaso wisata,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga yang berkecimpung di dunia perhotelan dan pariwisata berharap pandemi covid-19 dapat segera berlalu dan selesai. Sehingga sektor pariwisata kembali normal kembali.

“Harapan kami juga semua pihak dapat menjalankan protokol kesehatan dan juga mencegah covid-19 agar dunia pariwisata kembali normal. Menurut kami potensi bahari dan pulau-pulau di Bintan sangat menarik wisatawan hingga mancanegara,” tambahnya. (aan)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN