Tanjungpinang Pos Media Terbaik 2020

Pemred Tanjungpinang Pos Zakmi menerima penghargaan sebagai media pengguna Bahasa Indonesia terbaik 2020 dari Kantor Bahasa Provinsi Kepri, Kemendikbud, Rabu (9/9/2020).
Pemred Tanjungpinang Pos Zakmi menerima penghargaan sebagai media pengguna Bahasa Indonesia terbaik 2020 dari Kantor Bahasa Provinsi Kepri, Kemendikbud, Rabu (9/9/2020).
       
        Loading...    
   

Penghargaan Kantor Bahasa Kepri


TANJUNGPINANG – Harian Tanjungpinang Pos kembali mendapatkan penghargaan sebagai media pengguna Bahasa Indonesia terbaik di Provinsi Kepulauan Riau. Penyerahan piagam dan plakat penerima penghargaan ini digelar di Hotel Comporta Tanjungpinang, Rabu (9/9/2020).

Penghargaan untuk katagori media yang diraih Tanjungpinang Pos ini diserahkan Kepala Kantor Bahasa Kepri Asep Juanda kepada pemred Tanjungpinang Pos Zakmi.

Penghargaan sebagai media pengguna Bahasa Indonesia terbaik di Kepri ini merupakan gelar yang ketiga kalinya disematkan ke Tanjungpinang Pos. Dua tahun sebelumnya media harian yang berkantor di Batu Sembilan ini mendapatkannya secara berturut- tutut. Untuk tahun 2020 ini saja, Tanjungpinang Pos sudah mendapat dua penghargaan sebagai media terbaik, karena pada pada Pebruari lalu Tanjungpianng Pos juara tingkat nasional penulisan yang digelar Perusahaan Gas Negara (PGN).

Penyerahan Penghargaan dari Kantor Bahasa Kepri ini acaranya disejalankan dengan pisah sambut Kepala Kantor Bahasa Kepri dari pejabat lama Zuretti, SE kepada pejabat baru Asep Juanda, SAg.

Baca Juga :  Lompat Partai Bukan Hal Aneh

Selain Tanjungpinang Pos ada lima belas sekolah dan instansi di pemerintahan yang ada di Kepri yang mendapat juara. Untuk tingkat sekolah ada lima yang juara tingkat SMP sederajat dan 5 sekolah yang juara tingkat SMA sederajat.

Menurut Zuryatti Muzar, penghargaan wajah bahasa dan bahasa media massa ini sudah 3 tahun digelar berturut-turur.
“Hanya saja, pada tahun lalu, untuk katagori Sekolah kita hanya perlombakan tingkat SMP dan tahun ini ada katagori tingkat SMA,” kata Zuryatti Muzar.

Tujuan penghargaan ini, sebut Zuryatti Muzar, untuk meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap Bahasa Indonesia. “Bahasa Indonesia harus dimartabatkan dan utamakan. Itu sudah menjadi kewajiban kita semua sebagai warga Negara Indonesia,” sebutnya dalam sambutan.

Selain itu, sambung, Zuryatti, Kantor Bahasa punya tugas untuk menanamkan kecintaan Bangsa Indonesia terhadap Bahasa Indonesia. Katanya, selain dibunyikan di Undang Undang, penggunaan Bahasa Indonesia juga diatur dalam Perpres 2019 yang mengamanatkan Pemerintah Daerah untuk membantu mengawasi penggunaan Bahasa Indonesia.

Baca Juga :  Ungkap Prostitusi Online, Tamu dan Ceweknya Digerebek saat Bugil

“Kami butuh dukungan semua agar cita-cita menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kebangsaan bisa terwujud. Cintai bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing, karena semua bahasa dibutuhkan sesuai dengan kegunaannya, waktu dan situasinya,” ujarnya.

Dalam kondisi normal, sebut Zuratti, Kantor Bahasa Provinsi Kepri mengumpulkan bahasa-bahasa yang digunakan berbagai instansi lalu dikirimkan dinilai.

“Ini tujuannya untuk meningkatkan sikap positif. Dan para pemenang lomba ini bisa menjadi contoh di lingkungannya khususnya menjadi contoh pengunaan Bahasa Indonesia. Media masa juga merupakan ujung tombak penggunaan Bahasa indonesia, hingga peran media sangat dibutuhkan,” ucap Zuratti.

Untuk tahapan lomba, terangnya, sudah dimulai sejak Pebruari 2020 lalu dan diumumkan di media sosial. “Semoga dengan penyerahan hadiah ini bisa memberi semangat untuk kita semua dalam menggunkan Bahasa Indonesia di lingkungan kita,” harapnya.

Baca Juga :  Angkot dan Taksi Dilarang Ngetem Lama

Di tempat terpisah, Dirut Tanjungpinang Pos Nur Hakim berterima kasih pada Kantor Bahasa Kepri. Menurut Nur Hakim, penghargaan yang diberikan tentu akan lebih memotivasi kerja kru redaksi Tanjungpinang Pos untuk bekerja yang lebih baik lagi.

“Memang juara bukan tujuan utama kita di Tanjungpinang Pos, karena menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sudah menjadi keharusan bagi media massa dalam menyajikan informasi ke pembaca,” sebutnya.
(ais)

Daftar Penerima penghargaan Penggunan Bahasa Indonesia

Katagori Sekolah Tingkat SMP Sederajat

  1. SMPN 1 Meral
  2. SMPN 2 Karimun
  3. SMPN 1 Karimun
  4. SMP Islam De Green camp
  5. SMPN4 Batam

Katagori SMA Sederajat

  1. Man insan cendikia batam
  2. SMAN 1 Tanjungpinang
  3. SMAN4 Tanjungpinang
    4 SMKN1 Batam
    5 SMAN3 Batam

Katagori Instansi di Provinsi Kepri

  1. RSUD Raja Ahmad Tabib Kepri
  2. Balai Karantina Kesehatan Tanjungpinang
  3. Kantor Imigrasi Tanjungpinang
  4. DPRD Bintan
  5. Kemenag Tanjungpinang

Katagori Media Massa

-Harian Tanjungpinang Pos

       
        Loading...    
   
BAGIKAN