Sabtu Mendatang, ICMI Gelar Bedah Buku

       
        Loading...    
   

TANJUNGPINANG – Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Orda Kota Tanjungpinang bakal mengelar acara bedah buku, Sabtu (15/8), di Tanjungpinang. Kegiatannya akan berlangsung secara virtual atau daring (online, Red). 

Untuk membedah tulisan para anggota ICMI ini panitia akan menghadirka. pembanding budayawan Kepri yang juga Dekan FKIP Umrah, Prof Abdul Malik, M.Pd, Ph.D, dan Wakil Ketua ICMI Kepri yang juga Sekda Lingga, Dr.HM Juramadi Esram, MT, MH.

“Dengan adanya bedah buku ini diharapkan menambah ragam kegiatan intelektual di Kota Tanjungpinang,” ujar Ketua ICMI Tanjungpinang, Dr Lamidi, MM yang didampingi Sekretaris Ridarman Bay, SE, MM, Ahad (9/9) di Tanjungpinang.

Buku yang akan dibedah berjudul “Risalah Cendekia” yang merupakan kumpulan tulisan opini pengurus ICMI Tanjungpinang.

 “Sebagian opini tersebut ada yang sudah terbit di media massa ada yang tidak,” ujar Lamidi. Buku setebal 245 halaman itu merupakan buku ke 2 yang diterbitkan ICMI Tanjungpinang, setelah buku pertama “Dialektika Pemikiran” yang terbit 2019.

Baca Juga :  Isdianto Daftar Cagub Lewat PDIP

Opini yang dihimpun dalam buku tersebut, tambahnya, mengkaji berbagai masalah yang ada di Kota Tanjungpinang.

 “Ada yang menulis soal sosial kemasyarakatan, kepemudaan,  agama, pendidikan, ekonomi, dan ada juga yang mengkaji tentang demokrasi” ujarnya.

Menjawab pertanyaan, Lamidi mengatakan bukan tidak mungkin untuk masa mendatang, ICMI Tanjungpinang akan membuat buku ketiga, keempat dan seterusnya.

 “Dengan terbitnya buku ini diharapkan teman-teman dan kalangan akademisi di kota Tanjungpinang terus termotivasi untuk berkiprah di dunia kecendekiawanan, seperti menulis opini. Syukur-syukur opini tersebut bisa dimuat di media massa, termasuk koran Tanjungpinang Pos,” ujarnya.

Baca Juga :  Apri-Roby Inginkan Adu Ide dan Gagasan di Pilkada Bintan

Menurut Lamidi, sebagai organisasi kemasyarakatan yang berbasis kalangan intelektual, ICMI Tanjungpinang sudah melakukan berbagai kegiatan, diantaranya, goes to school, diskusi online, sosialisasi lewat RRI, seminar, hingga menabur kebaikkan melalui kegiatan pembagian daging hewan qurban. “Untuk ibadah qurban kemarin (2020, red) kami menyumbang hewan qurban untuk masyarakat Sungai Nyirih sebanyak 2 (dua) ekor sapi. Satu ekor merupakan bantuan Pemko Tanjungpinang yang disalurkan lewat ICMI,” tambah Ridarman Bay.

Menurut Lamidi, pengurus ICMI Tanjungpinang terdiri dari bermacam ragam profesi, diantaranya, ASN di Pemprov, Pemko dan instansi vertikal, dosen, guru, pengusaha, dan wartawan. Itu sebab, keberagaman profesi pengurus ini memicu ICMI Tanjungpinang aktif menggelar bermacam kegiatan di ibukota Provinsi Kepri itu. 

“Profesi yang beragam, membuat ICMI punya banyak ide untuk mengadakan berbagai kegiatan,” ujar Lamidi yang juga Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kepri itu.

Baca Juga :  Menteri Susi akan Bangun Monumen KIA Hasil Tangkapan

Tidak hanya itu, ICMI juga turut serta menyumbang saran untuk pembangunan kota yang diberikan saat audiensi dengan Wali Kota Tanjungpinang. “Sejak zaman Walikota bu Suryatati A.Manan, Lis Darmansyah, Syahrul (alm), hingga Plt Walikota bu Rahma, ICMI selalu memberikan sumbangsih pemikiran untuk pembangunan kota,” tambah Ridarman Bay.

Menurutnya, kondisi covid 19 yang sekarang sedang melanda, juga membuat beberapa kegiatan terpaksa di tunda. Seperti, safari Ramadan dan pelatihan singkat master of ceremony (MC) atau pembawa acara. “Padahal kita sudah jadualkan masjid yang akan kita kunjungi saat bulan puasa lalu. Begitu juga untuk kegiatan pelatihan MC, kita juga sudah susun rancangannya” katanya.(*/jek)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN