Sudah Rekrut 3.000-an Pekerja Lokal, PT BAI Buka Lowongan Lagi

ANAK Bintan menyerahkan lamaran kerja ke Kantor Disnaker Bintan, ketika PT BAI membuka lowongan kerja lagi, Senin (12/10).

BINTAN – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bintan kembali menginformasikan kesempatan bagi putra dan putri Bintan yang ingin mengajukan lamaran kerja ke PT Bintan Alumina Indonesia (BAI). Sebelumnya, sudah 3.000-an tenaga kerja lokal direkrut oleh PT BAI di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Bintan ini.

Saat ini, PT BAI kembali membuka lowongan kerja. Pendaftaran penerimaan tenaga kerja di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang ini, dibuka sejak Senin (12/10), sampai dengan tanggal 26 Oktober 2020 mendatang.

Kepala Disnaker Kabupaten Bintan Indra Hidayat menyampaikan, penerimaan lamaran kerja untuk PT BAI di KEK Galang Batang ini, merupakan tindak lanjut dari kerja sama (MoU) Pemkab Bintan, dengan PT BAI. Dirinya juga menyatakan, bahwa berkas lamaran dari pencaker bisa diantar ke Disnaker atau kantor kecamatan setempat, sebelum dikumpulkan dan diserahkan ke PT BAI.

“Ada beberapa lowongan pekerjaan yang dibutuhkan, di antaranya operator crane, operator loader, mekanik, foreman bongkar muat, supervisor HSE Environment, supervisor HSE Damkar dan supervisor HSE Safety,” jelasnya.

       
        Loading...    
   

Indra juga menjelaskan, dalam penerimaan tenaga kerja ini, Disnaker Bintan hanya sebagai fasilitator bagi pencaker yang ingin melamar kerja di PT BAI, KEK Galang Batang. Sesuai dengan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Disnaker Bintan dan PT BAI.

“Jadi, bukan kami yang menyeleksi pekerja itu. Tapi langsung dari pihak perusahaan yang menyeleksi berkas, sesuai kualifikasi keterampilan dan pendidikannya,” tegas Indra Hidayat.

Dalam penerimaan lowongan kerja, beberapa tipe pekerjaan dibutuhkan untuk tamatan SMA/SMK serta DIII dan S1 di bidangnya. Namun dalam perekrutan tersebut, yang menentukan layak tidaknya mereka berkerja, langsung dari pihak PT BAI.

“Kriteria persyaratan menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Sampai sekarang, sudah ada 3.000-an pekerja lokal yang direkrut oleh PT BAI. Sedangkan TKA dari Kemenaker RI sesuai pengajuan perusahaan, sudah ada sekitar 1.100 yang bekerja di PT BAI. Jadi, ada sekitar 75 persen pekerja lokal yang direkrut di perusahaan ini,” tambah Indra Hidayat. (fre)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN