Jelang Ramadan, Bupati dan Warga Bintan Ziarah Makam untuk Berdoa

BUPATI Bintan Apri Sujadi berdoa di makam ibunya, sehari sebelum Ramadan.

BINTAN – Melakukan ziarah ke makam keluarga jelang bulan suci Ramadan lazim dilakukan. Kendati di tengah pandemi Covid-19, warga tetap antusias melakukan ziarah atau nyekar ke makam leluhur.

Terlihat, Senin (12/4) sore di TPU Kijang, tempat pemakaman umum setempat mulai dipenuhi warga. Mereka datang ke TPU untuk berziarah dengan membawa kembang serta peralatan seadanya. Mereka membersihkan makam keluarga dan kerabatnya. Selanjutnya mendoakan arwah keluarga yang telah mendahuluinya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan, kegiatan bersih-bersih makam dan berdoa ini dilakukan sebagai tradisi tiap tahun jelang bulan puasa. Ia juga berharap, masyarakat Kabupaten Bintan diberikan kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa sebulan mendatang.

Baca Juga :  Alamak.. Banyak Pengusaha Ruko Pasang Tutup Permanen Drainase

Dikatakannya juga bahwa, menjelang Bulan Suci Ramadan umat muslim melakukan nyekar (tabur bunga) atau ziarah kubur ke makam untuk mendoakan mendiang keluarga dan kerabat mereka.

       
        Loading...    
   

“Tadi berkunjung ke panti asuhan dan ziarah ke makam ibunda, semoga Ramadhan tahun ini memberikan keberkahan bagi kita semua,” ujarnya.

Sementara pengunjung lainnya, Ferdi mengatakan bahwa TPU setempat terus dipenuhi para penziarah, serta diperkirakan para penziarah ke makam akan terus dilakukan sampai bulan suci Ramadan. (aan/fre)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN