Cluster Baru Covid-19 Batam dari Surabaya

Wali Kota, Batam HM Rudi saat memimpin rapat FKPD menyikapi persoalan di Batam beberapa waktu lalu.
       
        Loading...    
   

BATAM – Sebanyak lima orang anak band dari Surabaya, dinyatakan positif Covid-19. Mereka dinyatakan positif setelah satu diantaranya sakit. Mereka di Batam, sudah sejak tanggal 20 Juni 2020 dan manggung di beberapa tempat. Saat ini, yang dinyatakan positif, dibawa ke RSK Galang dan tiga orang dilakukan swab ulang.

Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi, Senin (13/7) mengatakan, rombongan band asal Surabaya itu, awalnya yang datang ada tujuh orang, 20 Juni 2020. Namun, satu orang personil sakit-sakitan, sehingga diganti.

“Salah seorang personil sakit-sakitan. Rencana akan pulang dan diganti dengan personil lain. Saat itulah dilakukan rapid test untuk penerbangan. Didapatkan reaktif. Terus kita evakuasi ke Galang dan hasil pemeriksaan, positif,” kata Didi.

Didi juga mempertanyakan dokumen pemeriksaan dari Surabaya, yang menyatakan personil band itu, negatif. Wali Kota Batam, HM Rudi juga diakui, sudah mengintruksikan agar semua penumpang pesawat itu agar diravid test ulang.

“Pak Wali menghubungi dan meminta, agar semua penumpan pesawat itu di cek ulang,” kata Didi.

Diakui, dari personil yang positif awalnya empat orang yang positif. Namun perkembangannya ditambah satu orang. Sehingga, mereka melakukan pemeriksaan ulang. “Jadi tinggal tiga orang lagi mau diswab ulang, termaksud pengganti yang sakit,” bebernya.

Sementara Wali Kota Batam, HM Rudi mengungkapkan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis BTKLPP Batam. Awalnya satu orang yang dinyatakan positif. Namun dalam perkembangannya, empat temannya positif. Dimana tiga orang pria dan satu orang perempuan yang positif. 

Diantaranya, ada seorang pria berinisial HS (25) sebagai emusik, beralamat sementara kost di kawasan perumahan Jalan Bunga Mawar Baloi Kelurahan Batu Selicin, Lubuk Baja, Batam. Dia merupakan kasus baru Covid-19 nomor 255.

“Yang bersangkutan merupakan teman satu group band dari terkonfirmasi positif kasus nomor 247. Saat ini masih dalam perawatan isolasi di RSKI Covid-19 Galang,” katanya.

Dijelaskan, bersangkutan sebelumnya berdomisili dan bekerja sebagai pemusik di Surabaya, Jawa Timur. Kemudian 20 Juni 2020 bersama dengan tujuh orang rekan-rekannya satu group band pindah ke Kota Batam untuk memenuhi panggilan bekerja sebagai pemusik di lounge pada salah satu hotel yang terletak di kawasan Baloi Lubuk Baja. 

Sehubungan hasil Penyelidikan Epidemiogi (PE) yang dilakukan oleh Tim surveilans Dinas Kesehatan Kota Batam terhadap terkonfirmasi positif kasus nomor 247 tersebut, maka pada tanggal 10 Juli 2020 bertempat di RS Budi Kemuliaan Batam dilakukanlah pengambilan swab tenggorokon dan hasilnya positif.

Kemudian, pria berinisial LASS (26), pemusik, beralamat sementara kost di kawasan perumahan Jalan Bunga Mawar Baloi Kelurahan Batu Selicin. Merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 256 Kota Batam, yang bersangkutan merupakan teman satu group band dari terkonfirmasi nomor 247 yang saat ini masih dalam perawatan isolasi di RSKI Covid-19 Galang.  

Selanjutnya, pria PLS (30), pemusik, beralamat sementara kost di kawasan perumahan Jalan Bunga Mawar Baloi, kasus baru Covid-19 nomor 255 Batam. Yang bersangkutan merupakan teman satu group band dari Terkonfirmasi Positif Kasus Nomor. 247 yang saat ini masih dalam perawatan isolasi di RSKI Covid-19 Galang.  

Sama dengan rekannya, yang bersangkutan sebelumnya berdomisili dan bekerja sebagai pemusik di Surabaya Jawa Timur. “Sehubungan hasil penyelidikan epidemiogi (PE), 10 Juli 2020 di RS Budi Kemuliaan Batam dilakukanlah pengambilan swab tenggorokon. Hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi positif,” bebernya.

Kemudian, rekan lainnya, seorang perempuan berinisial VGAP (30), pemusik. Beralamat sementara kost di kawasan perumahan Jalan Bunga Mawar Baloi! sebagai kasus baru Covid-19 nomor 256 Batam. 

“Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan  tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti,” beber Rudi mengakhiri.(mbb)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN