Muaythai Kepri Incar Emas di PON Papua 2021

Dirga Paradice
       
        Loading...    
   

BATAM – Olahraga Muaythai hanya meloloskan satu atlet mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2021.

Satu-satunya atlet yang diandalkan cabang olahraga asal Thailand itu adalah Dirga Paradice, turun di kelas 75 kilogram. Lawan beratnya, atlet muay thai dari Jawa Barat.


”Cabor Muaythai hanya meloloskan satu atlet di PON Papua. Jadi kita hanya mengandalkan Dirga Paradice di PON. Targetnya emas, karena di Pra PON ia meraih medali perak,” ucap Pelatih Muaythai Kepri Hendri Koto, kemarin.


Hendri juga merupakan Ketua Harian Pengurus Provinsi (Pengprov) Muay thai Kepri, menjelaskan sebelum Dirga Paradice berlaga di PON, tahun depan. Ada dua kali rencana melakukan try out atau ujicoba dengan berlaga atlet dari Singapura dan Thailand. Rencananya, Maret 2021 akan menantang petarung muay thai yang ada di Singapura.

Baca Juga :  Oktober, Kompetisi Sepak Bola Sudah Bisa Digulir

Perkembangan olahraga muay thai di Singapura, cukup prestasi di dunia.
Sekitar Juni 2021, Dirga rencana kembali akan melakukan ujicoba di Thailand. Mereka akan berlaga dengan para juara-juara di kelas 75 kg di Thailand. Thailand merupakan asal mula lahirnya muay thai.


”Singapura dan Thailand, dua negara ini tujuan try out kita, untuk menambah mental bertanding dan menambah pawer, kecepatan untuk meraih target emas di PON Papua nanti,” ujarnya.


Sambung, Dirga diberikan target medali emas di PON, bagi kontingen Kepri, melihat hasil di Pra PON lalu, ia meraih medali perak. Dengan ditundanya PON, yang awalnya digelar September, kemudian diundur September 2021, menambah jam latihan yang lebih baik lagi.

Baca Juga :  KONI Kepri Mulai Bahas Prestasi Menuju PON 2021


”Penundaan PON memang membuat kita sedih, tapi karena pandemi Covid-19, ini merupakan penundaan terbaik. Kita juga merasa senang, karena persiapan kita lebih panjang lagi,” ujarnya.


Kata dia, selama pandemi Covid-19, Dirga tetap latihan rutin di camp Muaythai Tiban, Batam. Tetap mengikuti program pelatih. Ia juga beberkan olahraga muay thai, terus digemari masyarakat Kepri. Ini dibuktikan terus berkembangnya olahraga beladiri adal Thailand ini.


”Alhamdulillah, olahraga beladiri Muaythai terus menjadi olahraga primadona di kalangan masyarakat di Kepri,” ujarnya. Ia juga beberkan, pada kejurnas empat tahun lalu, merupakan sejarah perkembangan olahraga muay thai. Mampu meraih empat medali emas di kejurnas yang pertama kalinya Kepri ikuti, saat itu.

Baca Juga :  Giliran Desakan Penundaan PON Papua, TC Atlet Kepri?


”Kita minta doa dan dukungan dari masyarakat Kepri, semoga Dirga bisa meraih yang terbaik di PON mendatang,” ujarnya.(bas)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN