Bintan Potensial Jadi Sentra Produksi Sorgum Dan Produk Olahannya



BINTAN –  Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan menargetkan agar Kabupaten Bintan dapat menjadi sentra atau surga bagi tanaman sorgum di Indonesia. Hal tersebut dikatakannya usai Panen Raya Kebun Sorgum di Jalan Lintas Lama Kilometer 24, Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan  Toapaya, Minggu (16/1) pagi. 

“Saat ini pemerintah daerah bahkan sedang mengembangkan pembenihan bibit tanaman sorgum seluas 20 hektar yang nantinya bisa kita gunakan untuk tanaman sorgum di lahan seluas 100 hektar di Kabupaten Bintan,” ujarnya.

Ia menjelaskan pengembangan pertanian sorgum ini sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam menjadikan Bintan sebagai daerah sentra sorgum, sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani di daerah. Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan. Sorgum berada pada urutan ke 5 setelah gandum, jagung, padi dan jelai. 

“Tanaman sorgum ini sangat menguntungkan petani, karena tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan tetapi juga batangnya juga bisa diolah menjadi berbagai produk kue kering, kue basah, minuman dan produk lainnya yang kaya manfaat kesehatan,” tegasnya 

Dalam panen raya tersebut, Roby mengapresiasi petani sorgum dimana dengan lahan seluas 1 hektar ditargetkan akan panen minimal sebanyak 3 ton sorgum, hasil produk olahan sorgum rencananya akan segera diekspor ke negara tetangga Malaysia dan Singapura. 

“Tentu hal ini sangat kita apresiasi dan kita sangat yakin bahwa pemasaran produk sorgum ini terbuka luas bagi mancanegara, ” tutupnya. (aan)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN