Desa Payamaram Segera Bangun Lapak UKM seperti Pujasera

Kades Payamaram Kecamatan Kute Siantan, Hendra Syaputra.
       
        Loading...    
   

ANAMBAS – Pemerintah Desa Payamaram Kecamatan Kute Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) segera melaksanakan pembangunan penimbunan lapangan serbaguna. Kemudian, digunakan untuk kepentingan peningkatan perekonomian para Usaha Kecil Menengah (UKM), seperti pujasera.

“Kita akan timbun lapangan serbaguna dengan ukuran 100×100 dengan nilai anggaran sekitar Rp600 juta. Saat ini kita fokus terhadap hal tersebut,” ungkap Hendra Saputra, Kepala Desa Payamaram, Minggu (18/10).

Ketika beroperasi nanti, lokasi ini diperuntukkan bagi para UKM yang ingin melakukan aktivitas berdagang. Tapi akan dikenakan biaya sewa lokasi sekitar Rp5 ribu sampai Rp10 ribu per harinya.

Baca Juga :  Pedagang Komit Jaga Stabilitas Pasar, Waspadai ATM

“Hasil dari retribusi ini yang dikelola oleh BUMDes, dan dijadikan pendapatan anggaran desa. Kita akan lakukan sosialisasi kepada masyarakat nantinya,” sebut dia.

Lokasi untuk berdagang tersebut akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Tentu hal itu perlu dilakukan kajian dan berdasarkan peraturan yang berlaku.

“Perlengkapan untuk berdagang akan disediakan oleh pemerintah desa. Perusahaan swasta juga membantu menyediakan gerobak untuk berdagang bagi UKM,” ujar dia.

Bangunan gedung itu nantinya dimanfaatkan untuk semua jenis makanan, minuman serta makanan lainnya.

Baca Juga :  Lagi, Polres Natuna Gelar Penyemprotan Disinfektan

“Mirip seperti pujasera lokasi berdagang untuk UKM nanti itu. Mudah-mudahan hal ini bisa menambah pendapatan masyarakat. Semua kalangan bisa laksanakan kegiatan ini mulai dari status petani, nelayan bahkan wiraswasta lainnya,” tutur dia. (ign)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN