RSUD Natuna Minim Fasilitas

BUPATI Natuna Hamid Rizal mengecek fasilitas RSUD Natuna yang minim dan belum dilengkapi laboratorium untuk pemeriksaan hasil Swab.
       
        Loading...    
   

NATUNA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Natuna masih minim dengan fasilitas yang memadai. Kondisi ini menjadikan Kabupaten Natuna cukup tertinggal dalam pelayanan kesehatan.

Contohnya, untuk mengetahui hasil pemeriksaan test Swab, pihak RSUD maupun tim Satgas Covid-19 Kabupaten Natuna, harus mengirimkan sampel pasien ke Kota Batam.

“Ini yang menjadi persoalan. Ketersediaan fasilitas laboratorium untuk pemeriksaan hasil Swab pasien, harus mengirimkan sampelnya ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kota Batam,” kata Rizky seorang warga Ranai yang juga sebagai pemerhati kesehatan di Kabupaten Natuna, Minggu (18/10).

Baca Juga :  Lagi, Bawaslu Bintan Tangani Kasus Netralitas di Pilkada

Ia mengatakan, saat ini ada beberapa alat kesehatan di RSUD Natuna yang sudah lama dan usang, tapi masih saja digunakan. Natuna yang sudah mulai berkembang, sangat penting adanya pembaharuan alat kesehatan di RSUD tersebut.

“Tidak sedikit alat yang sudah rusak, dan ada juga alat yang sudah lama dan usang terpaksa digunakan. Karena keterbatasan anggaran di RSUD, menjadi penyebab minimnya peralatan yang canggih untuk para pasien. Ditambah lagi ketiadaan laboratorium untuk pemeriksaan lanjutan bagi para pasien yang dideteksi reaktif berdasarkan hasil rapid test,” ujarnya.

Baca Juga :  Kol. Indarto Dilantik Jadi Danlantamal IV Tanjungpinang

Ia berharap, ke depannya, RSUD Natuna dapat memiliki peralatan yang canggih dan memadai. Sehingga pasien tidak harus dirujuk keluar daerah.

Sementara, juru bicara penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah saat dikonfirmasi terkait hasil Swab pasien yang meninggal dunia baru-baru ini menyatakan, belum mendapatkan hasilnya. Pasien meninggal itu sebelumnya, terdeteksi reaktif dan dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan mengirimkan hasil Swab ke BTKLPP Batam.

“Hingga kini, kita belum mendapatkan hasil Swab yang dikirimkan sejak, Jumat lalu terhadap pasien Z (alm). Mudah-mudahan besok hasilnya sudah bisa kita dapatkan,” pungkasnya. (hrd)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN