Tujuh Tahun Iven KasmaRun, Makin Meriah Dan Unik



BINTAN – Iven olahraga penuh keceriaan dan keunikan KasmaRun kembali digelar pada Sabtu (18/12) sore. Meski berlangsung di tengah pandemi, namun keseruan dan kemeriahan iven ini semakin unik.

Dilaksanakan di Lagoi Bay, Bintan Resort, iven yang patuh akan protokol kesehatan ini diikuti sebanyak 200 peserta dari berbagai wilayah di Bintan. Tak terlepas kaum milenial yang menggandrungi perlombaan berlari yang mengelilingi indahnya alam danau Lagoi Bay.

Iven ini tak terasa sudah memasuki tahun ke-7 sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 di lokasi yang sama. KasmaRun identik dengan kegiatan olahraga lari ringan berjarak 5 kilometer di alam terbuka yang lebih mengutamakan unsur rekreasi, penyegaran, permainan, swafoto dan hiburan yang menyenangkan terutama bagi pasangan kawula muda dan keluarga.

“Keterbatasan mobilitas selama masa pandemi, tentunya tidak harus membatasi aktivitas untuk dapat berolahraga dan refreshing seperti kegiatan KasmaRun ini. Rute lari di alam terbuka mengitari sebuah danau di Lagoi Bay yang dikelilingi hutan tropis.” papar Lidia Endang Sumartini, Manager Business Operations PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) selaku ketua panitia penyelenggara acara KasmaRun 2021.

Ia menambahkan, iven KasmaRun diadakan secara rutin setiap tahun di bulan Desember, dan khususnya dimasa pandemi ini bertujuan untuk terus mendorong masyarakat sekitar dan pengunjung di Bintan Resorts semangat menjalankan gaya hidup sehat dan aktif serta tentunya tanpa mengabaikan penerapan protokol kesehatan.

Menurutnya, dengan rutin berolahraga lari merupakan salah satu aktivitas menjaga kebugaran tubuh yang mudah dilakukan untuk ketahanan fisik dan ampuh untuk mengusir stress, dua unsur kesimbangan hidup yang sangat penting dalam menciptakan imunitas sehingga terhindar dari penyakit. 

Untuk itulah lanjut Lidia, KasmaRun tahun ini diwarnai dengan tema “Body, Mind and Culture”. 

“Ada tambahan satu konsep baru dimana peserta akan diajak kembali menikmati tradisi khas Melayu Pulau Bintan diantaranya sambutan kemeriahan musik Kompang Melayu saat peserta melalui rute 1 kilometer pertama. Kemudian pertunjukan permainan tradisional Egrang di rute kilometer kedua,” jelasnya.

Peserta, sambungnya, juga berkesempatan untuk melakukan swafoto di rute ini. Sebelum mengakhiri rute lari, setiap peserta KasmaRun akan ditantang untuk menyelesaikan sebuah Pantun Melayu dan mengunduhnya di aplikasi sosial media Instagram mereka masing-masing. 

“Tak kalah menarik dari KasmaRun ini ada hadiah bagi peserta yang berani tampil dengan kostum dan penampilan paling menarik yang dinilai oleh panitia. Semua peserta yang sampai di garis akhir berhak langsung mendapatkan medali KasmaRun 2021,” terangnya.

Untuk biaya pendaftaran iven KasmaRun hanya Rp 120.000 per orang dan tiap peserta yang mendaftar mendapatkan T-shirt, nomor peserta, air mineral, isotonik, mystery gift atau hadiah kejutan yang seru-seru serta satu kupon undian atau lucky draw dengan banyak hadiah menarik disediakan oleh penyelenggara. 

“Keistimewaan hadiah kejutan yang dibawa pulang oleh tiap peserta pada acara KasmaRun tahun ini adalah merupakan produk yang dihasilkan oleh UMKM di Pulau Bintan. Kita ingin terus memberikan kesempatan yang ada untuk dapat bekerjasama dengan UMKM di Pulau Bintan dan memberikan peluang usaha bagi mereka,” ucapnya.

Sementara itu, Abdul Wahab, Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) mengungkapkan bahwa kegiatan KasmaRun yang sifatnya rekreasi ini, ingin tetap dapat dilakukan sebagai ikon acara tahunan di Bintan Resorts dan menyesuaikannya dengan situasi Covid-19. 

Ia mengatakan demi menjaga protokol kesehatan, jumlah peserta juga dibatasi hanya 200 orang sesuai aturan yang ditetapkan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Bintan. Setiap peserta juga wajib melakukan uji Covid-19 dengan metode GeNose di hari yang sama di Simpang Lagoi (fasilitas yang disediakan panitia), sebelum bergabung di lokasi acara. 

“Ada tim khusus yang memastikan pelaksanaan protokol kesehatan dilakukan dengan baik oleh peserta sebelum masuk garis start di lapangan dan diawasi oleh Satgas Covid-19 Bintan Resorts seperti pengecekan suhu badan, membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan melakukan kode pemindai kontak untuk tujuan penelusuran kontak erat. 

“Peserta juga dibagi ke dalam kelompok yang lebih kecil terdiri dari 25 -30 orang serta menjaga jarak sebelum meninggalkan garis start untuk menghindari terjadinya kerumunan dan dilepas meninggalkan garis start setiap interval 5 – 8 menit,” jelasnya

Dalam pelepasan peserta KasmaRun juga dihadiri oleh Buralimar selaku Kadis Pariwisata Kepri, Wakapolres Bintan Kompol M Tahang, Kasatlantas Polres Bintan AKP Kartijo, kabagops Polres Bintan AKP Monang dan pejabat Dinas Pariwisata Bintan. (aan)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN