Terpanjang di Indonesia, Jembatan Batam-Bintan 7.685 Meter

PJS Gubernur Kepri saat membahas Jembatan Batam-Bintan di Dompak.

TANJUNGPINANG – Indonesia akan memiliki ikon baru. Jika selama ini, Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) yang terpanjang di Indonesia, maka status itu akan dikalahkan Jembatan Batam-Bintan (Babin) di Provinsi Kepri.

Jembatan Babin ini akan menghubungkan dua pulau besar di Kepri yakni Batam dan Pulau Bintan. Jembatan ini akan menghubungkan tiga pemerintahan daerah dan provinsi yakni, Pemko Batam, Pemkab Bintan, Pemko Tanjungpinang, Pemprov Kepri.

Adapun panjang Jembatan Suramadu 5.438 meter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepulauan Riau, Abu Bakar menyampaikan, panjang Jembatan Babin ini nantinya adalah 7,685 Km.

Baca Juga :  Sudah 71 Persen Pasien Covid-19 Sembuh di Kepri
       
        Loading...    
   

Sedangkan panjang jalan di sisi darat adalah 7,064 Km sehingga secara keseluruhan total panjanganya adalah 14,749 Km.

Kamis, (18/11) kemarin, Penjabat Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin mengatakan, dirinya sudah bersama Direktur Pembangunan Jembatan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR telah meninjau titik-titik lokasi pembangunan jembatan yang dimulai pada 2021.

”Tugas kita adalah melakukan pembebasan lahan,” kata Bahtiar saat memimpin Rapat Koordinasi Pembangunan Jembatan Batam Bintan di Aula Wan Sri Beni, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (19/11).

Jembatan ini diyakini bisa membawa perubahan besar untuk Kepri. Jembatan yang bisa mengatasi persoalan ekonomi, sosial, budaya.

Baca Juga :  Warga Kelola Objek Wisata Pantai Setumu

Jembatan ini akan dibangun seperti yang sudah dijanjikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Batam. (mas)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN