Disokong Lantamal IV, Zapin Penyengat Festival Kembali Dihelat

Zapin Penyengat Festival 2020. F.Fatih/luarbiasa.id

TANJUNGPINANG — Hajatan Zapin Penyengat Festival kembali dihelat tahun ini. Masih ditaja oleh Organisasi Pemuda Penyengat (OPP), festival ini akan diselenggarakan selama dua hari pada 4–5 Februari 2022 di Balai Adat Penyengat dan Taman Gurindam 12. 

Zapin Penyengat Festival tahun ini menjadi lebih spesial karena ikut disemarakkan lewat tari Gending Jalesveva Jayamahe yang bakal diikuti oleh 1.500 orang. Tari ini adalah kreasi tari yang diolah dari Gending Jalesveva Jayamahe, lagu karya Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AL (Kadisbintalal) Laksamana Pertama TNI Drs. Ian Heriyawan dan dinyanyikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

“Karena tahun ini, kegiatan Zapin Penyengat Festival mendapat sokongan penuh dari Lantamal IV Tanjungpinang. Dukungan yang kami tidak duga, tapi ternyata Danlantamal IV menyambut kami dengan tangan terbuka,” ujar Ketua OPP, Tohar Fahlevy, Kamis (20/1). 

Tidak itu saja rangkaian Zapin Penyengat Festival tahun ini. Ada sederet lomba tari Zapin Penyengat dan tari Gending Jalesveva Jayamahe yang diikuti oleh para pelajar se-Tanjungpinang, dari tingkat SD sampai umum, termasuk di antaranya adalah lomba zapin kreasi garapan baru. 

       
        Loading...    
   

Perihal ini, Tohar menjelaskan OPP ingin Penyengat semakin masyhur tidak saja karena wisata sejarahnya, melainkan juga karena pelestarian keseniannya. 

“Dan satu yang khas itu adalah Zapin Penyengat. Itu menagapa kami menggelar lomba di tingkat pelajar,” ujarnya yang juga salah seorang pelestari Zapin Penyengat ini. (muf)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN