Baru Sejam Dilapor, Maling Motor Langsung Dibekuk Polisi

S pelaku curanmor saat diperiksa di Mapolsek Bintan Utara, Selasa (20/4).

TANJUNGUBAN – Polsek Bintan Utara berhasil menangkap S (34) yang merupakan pelaku pencurian sepeda motor di Pasar Baru, Tanjunguban. Pelaku bahkan langsung ditangkap jajaran Unit Reskrim Polsek Bintan Utara satu jam usai korban Andiko Ario Suseno membuat laporan polisi.

Kapolsek Bintan Utara Kompol Suharjono menjelaskan, penangkapan pelaku curanmor bermula dari informasi yang didapat dari patroli siber di media sosial facebook. Saat itu akun facebook Angkringan Istri Muda memposting tentang kehilangan satu unit kendaraan Honda Vario Warna Coklat dengan nomor polisi BP 3327 BU.

Kemudian Polsek Bintan Utara langsung melakukan penyelidikan dan penyebaran informasi ke anggota, jajaran Polres Bintan serta Polres Tanjungpinang.

“Pada Minggu (18/4) sekitar pukul 16.00 WIB korban menyadari kehilangan sepeda motornya dan memposting di Facebook, lokasi kehilangan di Pasar Baru Tanjunguban, tepatnya di sebuah angkringan bernama Istri Muda,” jelasnya, Selasa (20/4).

       
        Loading...    
   

Setelah dilakukan penyelidikan, lanjutnya, pada Senin (19/4) sekitar pukul 07.00 WIB, Polsek Tanjungpinang Barat menginformasikan seseorang dan kendaraan sesuai dengan ciri-ciri kendaraan yang hilang.

“Pihak Polsek Tanjungpinang Barat mengamankan dulu pria tersebut yang diduga pelaku bersama sepeda motor yang diinformasikan. Bersama itu Korban juga membuat Laporan Polisi di kami,” sebutnya.

Pelaku sendiri sambungnya, langsung ditangkap sejam usai korban membuat laporan polisi dan tim langsung menjemput pelaku bersama kendaraan.

“Dari pengakuan pelaku, ia datang ke Tanjunguban dari Batam menggunakan kapal roro pada Sabtu (17/4) malam sekitar pukul 19.00 WIB. Pelaku yang tidak jelas tujuannya ini menumpang kendaraan dan sampai di Pasar Baru. Kemudian ia tidur di sekitaran Pasar Baru,” ungkapnya.

Usai bangun pada Minggu (18/4) pagi, ia berjalan dan melihat beberapa kendaraan terparkir. Kemudian ia melihat kendaraan korban yang terparkir dalam kondisi kunci masih tersangkut di kendaraan. Kemudian muncul niatnya mencuri kendaraan tersebut.

Pelaku juga mengaku akan menggunakan sepeda motor yang ia curi untuk kebutuhan sehari-hari di Tanjungpinang dan akan menjualnya untuk pulang kampung ke Kalimantan.

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar selalu lebih berhati-hati dan teliti saat meninggalkan barang-barang berharga dan juga jangan memberikan kesempatan sekecil apapun kepada pelaku kejahatan,” pesannya.

Atas perbuatannya, pelaku S yang juga merupakan residivis kasus penganiayaan ini disangkakan Pasal 362 KUBP dengN ancamana hukuman penjara maksimal 5 tahun. (aan/fre)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN