Penyaluran Tenaga Kerja, Apri Siapkan Aplikasi Android Anak Bintan

CALON Bupati Bintan H Apri Sujadi bersama warga.

BINTAN – Sebagai tindak lanjut MoU dengan sejumlah perusahaan di Bintan, Calon Bupati Bintan H Apri Sujadi mengungkapkan, dirinya ingin mewujudkan sistem aplikasi berbasis android, ke depan. Sistem tersebut akan terkoneksi dengan perusahaan-perusahaan di Bintan, khususnya bagian HRD terkait pendataan dan sistem lamaran pekerjaan.

“Ini cara kita membuka peluang kerja bagi anak Bintan. Karena, Bintan rumah kita,” kata Apri Sujadi di sela kampanye bersama masyarakat Bintan, Jumat (20/11).

Calon nomor urut 1 ini menjelaskan, aplikasi ini dengan cara paperless alias tanpa mengurusi berkas. Mereka tinggal mengisi form data diri yang telah disediakan dalam aplikasi tersebut yang langsung terkoneksi dengan perusahaan yang diinginkan. Lalu isi form sesuai dengan data diri dan lowongan pekerjaan yang disediakan.

Baca Juga :  Pasien Usus Buntu Operasi Gratis, Menggunakan JKN-KIS

“Sehingga, mereka tidak perlu bolak-balik Dinas Tenaga Kerja untuk urus kartu kuning dan fotokopi berkas lamaran. Kelengkapan itu di akhir saat sudah diterima bekerja ” jelas H Apri Sujadi.

       
        Loading...    
   

Apri Sujadi berjanji, akan memprioritaskan tenaga kerja putra dan putri Bintan. Salah satunya, aplikasi tersebut hanya bisa diakses oleh warga Bintan. Ini karena, saat pengguna mengunduh aplikasi tersebut, mereka akan diminta mengisi Nomor Induk Kependudukan, untuk bisa menggunakan seluruh menu dalam aplikasi ini.

“Kita akan buat aplikasi ini untuk warga dan anak Bintan saja. Jadi warga lokal bisa diprioritaskan. Jika tidak memenuhi kriteria, baru pihak perusahaan boleh menyeleksi yang lain,” kata Apri Sujadi menambahkan.

Baca Juga :  Kaum Ibu Titip Pengembangan UMKM ke Ansar-Marlin

Dikatakannya juga, nantinya semua perusahaan yang ada di Kabupaten Bintan pun telah diminta oleh pemerintah untuk melaporkan seluruh lowongan kerja.

“Singkatnya, dalam waktu 5 menit, pencaker sudah terkoneksi ke perusahaan. Data pencaker juga sudah bisa diakses oleh perusahaan,” tutupnya. (fre)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN