Tahapan Pemilu Serentak Dimulai Tahun 2022, Bawaslu Bintan Bersiap-Siap

Pimpinan Bawaslu Bintan saat media gathering bersama insan pers Bintan, Kamis (21/4/2022) oleh Jendaras



BINTAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bintan memastikan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 akan dimulai pada tahun 2022 ini. Hal setelah Komisioner Bawaslu RI terpilih telah dilantik baru-baru ini.

Ondi Dobi Susanto, Ketua Bawaslu Bintan mengatakan, berbagai persiapan akan dilakukan oleh pihaknya, meski kini akan ada perubahan divisi di setiap komisioner akibat dari adanya penambahan jumlah komisioner yang akan ditentukan dalam waktu dekat nanti.

“Ada beberapa kabupaten kota yang jumlah komisionernya bertambah, tapi nanti akan ditentukan,” katanya saat media gathering bersama awak media di Kantor Bawaslu Bintan di Kilometer 16, Toapaya Bintan, Kamis (21/4).

Ia menambahkan, pada akhir Mei mendatang, juga akan dilakukan pemilihan komisioner bawaslu untuk tingkat provinsi, sedangkan pemilihan komisioner bawaslu kabupaten kota dilaksanakan tahun 2023 mendatang.

“Yang pasti pada Oktober tahun ini badan adhoc Panwascam akan diseleksi dan pada Desember seleksi pengawas desa dan kelurahan dilaksanakan, artinya pengawasn tahapan pemilu sudah dilakukan,” terangnya.

Sementara itu, Febriadinata Komisioner Bawaslu Bintan menambahkan jika tahapan pemilu juga akan disejalankan dengan anggaran yang diberikan oleh pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah untuk pilkada.

“Kalau Pilkada kami ajukan lebih besar dari periode lalu, ya di atas Rp 5 miliar,” tambahnya.

Selain itu juga, hibah lahan dari Pemkab Bintan untuk Bawaslu Bintan akan menjadi perencanaan kedepannya agar pembangunan kantor Bawaslu Bintan segera terlaksana.

Di lini pengawasan, Dumoranto Situmorang Komisioner Bawaslu Bintan lainnya menyampaikan jika pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam pemutakhiran data pemilih dan penduduk.

“Setiap bulan kami selalu update pemutakhiran data pemilih, mulai dari setiap kecamatan hingga ke Disdukcapil. Kami juga melakukan verifikasi di lapangan, terutama data-data yang belum diperiksa oleh KPU,” ungkapnya.

Selain itu juga, nanti akan dilaksanakan verifikasi administrasi dan faktual terhadap partai politik yang akan ikut di Pemilu Serentak 2024. Karena hingga saat ini sudah ada lebih dari 70 partai politik yang mengajukan kepesertaan di Pemilu 2024. (aan)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN