Lanal TBK Temukan Tugboat Berbendera Malaysia Masuk Perairan Karimun

Lanal TBK Temukan Tugboat Berbendera Malaysia Masuk Perairan Karimun

KARIMUN – KAL Pelawan dari Lanal Tanjung Balai Karimun menemukan Tugboat (TB) Meisun T31 berbendera Malaysia saat patroli rutin memasuki perairan Karimun pada Minggu kemarin.

Kapal tersebut ditemukan KAL Pelawan Lanal Tanjungbalai Karimun saat melakukan patroli rutin. Berdasarkan hasil pemeriksaan di atas kapal, ditemukan dua orang ABK berkewarganegaraan Malaysia.

Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Puji Basuki, menyebutkan pihaknya memproleh keterangan bahwa tiga orang WNI yang sebelumnya juga berada di kapal tersebut telah melarikan diri.

“Ketiganya adalah nahkoda, mualim, dan Kepala Kamar Mesin (KKM). Dan dua orang WN Malaysia ini tinggal di kapal, sementara mereka tidak memiliki kemampuan mengoperasikan kapal tersebut,” kata dia di Mako Lanal TBK, Senin (21/6).

Ditemukannya Tugboat tersebut, bukti kesiapsiagaan personil patroli Lanal Karimun dalam menjaga perairan Karimun atau wilayah tugas Lanal Karimun dari masuknya kapal asing.

Patroli Lanal saat melaksanakan patroli dilaut untuk menjaga perairan Karimun dari berbagai potensi kejadian dilaut, termasuk melaksanakan tugas misi kemanusian yaitu tindakan SAR.

Dia menjelaskan, meski dokumen atas kapal tersebut ditemukan lengkap, namun dipastikan ijin untuk memasuki perairan Indonesia tidak dimiliki oleh kapal tersebut.

“Kita pastikan ijin kapal ini untuk masuk ke wilayah indonesia itu tidak ada,” jelasnya.

Menurut dugaan sementara, kapal itu sengaja dibawa oleh tiga WNI ke perairan Indonesia untuk melarikan diri pada malam hari.

Kuat diduga mereka melarikan diri dikarenakan permasalahan finansial yang diterima oleh awak kapal warga negara indonesia yang tidak sesuai harapan mereka.

“Sementara ini kita masih terus melakukan penyelidikan. Termasuk berkoordinasi dengan Indonesia License Officer (ILO) TNI di Malaysia,” ucapnya.

Rencananya, kapal tersebut akan dikembalikan kepada pemiliknya yang berada di Malaysia melalui koordinasi bersama dengan ILO di Penang, Malaysia.

“Untuk kapalnya saat ini kita bawa, dan tengah sandar di dermaga Mako Lanal Tanjungbalai Karimun,” tutupnya.

Tidak lupa ia mengingatkan Lanal TBK akan terus memaksimalkan seluruh potensi yang ada untuk terus melakukan patroli di Perairan Karimun guna memaksimalkan pengawasan terhadap tindak kejahatan di laut.

“Kita juga akan menggerakkan Posal dan Posmat kita untuk melaksanakan deteksi dan penggalangan terhadap masyarakat nelayan.(yon)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN