Hari Ini Pemko Bagikan Sembako Gratis

TANJUNGPINANG – Berbagai upaya dilaksanakan pemerintah, dalam menstimulus ekonomi masyarakat, khususnya yang berdampak langsung akibat wabah virus Korona.

Kali ini memberikan sembako gratis kepada 18.958 Kartu Keluarga (KK) penerima bantuan. Penyerahan secara simbolis dilaksanakan Plh Walikota Tanjungpinang Hj Rahma kepada masyarakat, Jumat (24/4) pagi.

Data tersebut, di luar warga tak mampu Tanjungpinang penerima bantuan dari pusat yaitu 10.150 KK. Jumlah penerima bantuan bulan depan tak menutup kemungkinan bertambah.

Masing-masing penerima dibantu sembako senilai Rp300 ribu. Terdiri dari lima kilo beras, gula, telur, minyak dan satu kotak indomie.

       
        Loading...    
   

Penyerahan juga didampingi Sekda Tanjungpinang Teguh dan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Tanjungpinang Amrialis, Asisten I Sekdako Tanjungpinang, Irwan. Hadir juga para anggota DPRD Tanjungpinang per Dapil.

Dimulai dari Kecamatan Tanjungpinang Kota di Senggarang. Dilanjutkan Tanjungpinang Timur, Kecamatan Bestari dan terakhir di Kecamatan Tanjungpinang Barat.

Baca Juga :  Petani Keluhkan Solar, Apri: Segera Dikeluarkan Rekomendasi

Teknis penyerahan, Hj Rahma menuturkan nantinya pihak kelurahan didampingi kepolisian yang mengantar ke rumah-rumah warga.

Hj Rahma menuturkan, bantuan ini dinilai perlu. Upaya membantu menstimulus ekonomi keluarga yang terasa langsung. Menurutnya, semua berdampak namun penerima tentu yang benar-benar membutuhkan.

Bila ada masyarakat yang belum terdata atau bahkan baru berdampak bulan depan, bisa mendapatkan bantuan. Asalkan melapor melalui Ketua RT.

“Misalnya bulan ini masih bekerja, tak menutup kemungkinan tempat bekerjanya berdampak dan orang tersebut terpaksa berhenti. Bila kondisi demikian, maka bulan depan berhak menerima bantuan,” ucapnya.

Pihaknya siap menerima, asalkan mengusulkan melalui Ketua RT, RW dan juga disampaikan kepada pihak kelurahan. Setelah itu, disampaikan ke kecamatan dan juga diverifikasi pihak Dinsos Tanjungpinang.

Baca Juga :  Kongres I SMSI, Firdaus Terpilih Sebagai Ketua Umum

Ia menuturkan, tidak bisa menerima data di luar pengajuan dari pihak Ketua RT. Menurutnya, data itu yang bisa dipertanggungjawabkan dan mengetahui persis kondisi setiap warga.

Hj Rahma menuturkan, pihaknya kini fokus pada penanganan musibah ini. Bukan hanya kesehatan namun juga sosial dan ekonomi masyarakat.

“Dua hal ini berkaitan erat di tengah masyarakat. Kami tidak hanya memikirkan penanganan kesehatan karena wabah, namun juga sisi ekonomi dan sosialnya,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos didampingi Teguh.

Pihaknya menjadwalkan memberikan bantuan yang sama pada Mei mendatang, tepatnya dua minggu sebelum Lebaran. Bila musibah ini masih berlanjut maka tak menutup kemungkinan akan dilaksnakana Juni.

Terkait alokasi anggaran penanganan, ia menuturkan mengorbankan berbagai kegiatan dan belanja barang dan jasa yang sudah disusun tahun ini, bergeser pada penanganan bencana Covid-19 ini.

Baca Juga :  Enam Formasi CPNS Batam Kosong karena Gagal Ujian

Sekda Tanjungpinang Teguh menuturkan, bersama tim sedang menyusun perubahan anggaran tersebut. Memutuskan menunda berbagai kegiatan di OPD.

Dituturkannya, tahap pertama ini, bersama anggota DPRD Tanjungpinang melalui Banggar, disepakati alokasi anggaran senilai Rp31 miliar penanganan ini.

Menurutnya, tak menutup kemungkinan akan ditambah. Masih melihat kondisi dan pembahasan bersama.

Sebelumnya, Pemko Tanjungpinang juga sudah melaksanakan bazar sembako murah. Kepada masyarakat yang masih bekerja namun penghasilannya mungkin berkurang dari biasanya. Penerima merupakan tukang ojek, supir angkutan, buruh dan pelaku UKM lainnya.

Teguh menuturkan, tahun ini mungkin tidak fokus pembangunan fisik maupun capaian target. Terpenting wabah ini bisa ditangani, ekonomi warga pulih.

Setelah ini selesai, pihaknya baru akan menyusun kembali rencana pembangunan dan capaian visi dan misi kepala daerah. (dlp)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN