Kemenkumham Kepri Terima Penghargaan sebagai Kanwil Inovatif Penyelenggaraan Bantuan Hukum

Kemenkumham Kepri menerima penghargaan.

TANJUNGPINANG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Kepri terima penghargaan sebagai Kanwil Inovatif Penyelenggaraan Bantuan Hukum, yang di berikan oleh Kemenkumham RI, dalam penganugerahan Access to Justice Award tahun 2021.

Penyerahan penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM RI Edward Omar Sharif Hiariej yang diselenggarakan di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (25/2).

Edward menyampaikan, Penyelenggaraan Bantuan Hukum merupakan wujud Negara hadir untuk melindungi orang atau kelompok orang miskin mencari keadilan.

“Pelaksanaan Bantuan Hukum di Indonesia perlu kita banggakan dan kita apresiasi, karna menjadi percontohan dunia, hal ini karna Indonesia adalah satu-satunya yang negara yang mengelola layanan bantuan hukum, bekerjasama dengan Organisasi Bantuan Hukum,” ucap Edward dalam sambutannya.

       
        Loading...    
   

Sementara itu, Husni Thamrin Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepri disaat menerima penghargaan tersebut mengatakan, ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa. Kanwil yang bisa Inovatif dalam Penyelenggaraan Bantuan Hukum.

Baca Juga :  Isdianto Minta Hati-Hati Menggelar Agenda Besar

Melalui Aksi Perubahan Diklat Kepemimpinan Kepala Subbidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum dan JDIH Rosdiana Evlin Walewangko, Kanwil Kemenkumham Kepri telah berhasil menciptakan aplikasi Sistem Elektronik Paralegal Masyarakat (Sepakat).

Aplikasi ini adalah inovasi pembinaan dan pelaporan digital pertama Se-Indonesia dalam mendukung kegiatan paralegal masyarakat, yang saat ini dipergunakan Paralegal Desa Kabupaten Bintan.

Perluasan Bantuan Hukum melalui peran paralegal masyarakat merupakan strategi terbaik dalam mewujudkan access to justice di Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki karakteristik demografi masyarakat yang tersebar di pulau-pulau dan terbatasnya jumlah organisasi bantuan hukum terakreditasi.

“Kanwil Kemenkumham Kepri optimis bahwa terdapat peningkatan perluasan bantuan hukum dan keadilan bagi masyarakat tidak mampu dengan hadirnya Paralegal Masyarakat yang dibina oleh LBH Terakreditasi, Kanwil Kemenkumham Kepri dan Pemerintah Daerah,” ujar Husni Thamrin.

Baca Juga :  Isdianto Apresiasi Acara Rutin Coffee Morning Erdeka Media Grup

Dilain kesempatan, Kepala Subbidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum dan JDIH Rosdiana Evlin Walewangko menuturkan, Aplikasi SEPAKAT merupakan hasil kolaborasi antara Kanwil Kemenkumham Kepri dengan STT Indonesia Tanjungpinang.

Aplikasi ini merupakan terobosan dalam pemanfaatan teknologi informasi utk memudahkan proses pembinaan dan pelaporan kegiatan yang dilakukan oleh paralegal di desa dan kelurahan di tempat domisili masing-masing.

“Dalam aplikasi ini terdapat fitur diskusi antara paralegal dengan pembina. Sehingga ketika paralegal menjalankan tugas keparalegalannya dalam memberi bantuan hukum seperti menerima konsultasi hukum dr masyaraakat desanya,paralegal bisa melaporkan dan mendiskusikan masalah tersebut dengan pembina melalui aplikasi, sehingga advise hukum yang diberikan ke masyarakat valid,” tuturnya.

Baca Juga :  Polres dan Bintang Toedjoe Bantu Tanjungpinang ke Zona Hijau

Manfaat dari aplikasi ini yaitu Terwujudnya sistem pelaporan dan pembinaan yg kompherensif, tidak hanya sebagai media diskusi,aplikasi ini mampu ajadikan memori aktivitas paralegal,sehingga jika terjadi permasalahan hukum sederhana yg Sama.

Dengan aplikasi ini, pelaporan tidak perlu dilakukan dengan tatap muka, dan tentu saja memudahkan bagi paralegal yg tersebar d pulau-pulau yang terbatas transportasi dan akomodasi.

“Aplikasi dibuat dengan fitur sesederhana dan seringan mungkin dengan fungsi maksimal, sehingga utk yg terbatas internet tetap dapat mengakses,” jelasnya.

Adapun dalam malam penganugerahan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Kepri juga menerima penghargaan dari Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional atas prestasinya sebagai Kantor Wilayah dengan Kinerja Pelaksanaan Anggaran terbaik ketiga untuk kategori Kanwil dengan anggaran Kecil Program Pembinaan Hukum Nasional di Wilayah pada Tahun 2020. (cr30)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN