Plh Sekda Ingatkan Pentingnya Fungsi FKDM dalam Menciptakan Ketentraman Warga

PLH Sekda Lamidi saat menyampaikan materi didampingi ketua FKDM Kepri Ridarman Bay dan Wakil Ketua FKDM Kepri Nazaruddin.

BATAM – Pengurus Forum Kewaspadaan Dini masyarakat (FKDM) Provisi Kepri mengikuti sosialisasi permendagri tentang fungsi dan tugas FKDM pada Jumat (25/6/2021) di Hotel Harmoni One Batamcenter.

Plh Sekda Kepri Dr Lamidi dalam sambutan pembukaan acara mengingatkan akan pentingnya peran pengurus FKDM baik di tingkat Provinsi maupun tingkat klabupaten kota bahkan di tingkat kecamatan.

Menurut Lamidi, laporan yang disampaikan oleh pengurus FKDM ke Kesbangpol setiap hari selalu diteruskan oleh Kepala Badan Kebangpol kepada kepala daerah.

“Dengan laporan yang masuk, bisa menjadi dasar bagi setiap kepala daerah baik itu gubernur maupun bupati atau walikota dalam mengambil kebijakan agar keputusan yang diambuil tepat sasaran,” kata Dr Lamidi yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Kesbang Provinsi Kepri.

       
        Loading...    
   

Kata Lamidi, tugas Kesbangpol adalah mengkoordinasikan dan menjembatani antar institusi untuk menanggulangi masalah yang berpotensi terjadi baik di bidang ideologi, politik sosial budaya maupun bidang pertahanan dan keamanan.

Sementara itu Ketua FKDM Provinsi Kepri Ridarman Bay dalam pemaparan materinya di kegiatan bertema “Sosialisasi Permendagri No.46 tahun 2019 dan Pelaksanaan Kewaspadaan Dini di Daerah” menyebutkan, pengurus FKDM memiliki fungsi mendeteksi kemungkinan dan peluang-peluang gangguan dan potensi di tengah masyarakat. Termasuk kemungkinan terjadinya Ancaman Tantangan Hambatan dan Gangguan (ATHG) yang bisa menimbulkan keresahan masyarakat.

Acara yang dihadiri 42 peserta ini juga ada perwakilan dari FKPT Kepri, FKUB Kepri,FPK Kepri dan FPK Kota Batam

Selain Ridarman Bay,panitia acaramenghadirkan narasumber Kabag Analis Direktorat Intelkam Polda Kepri, AKBPSudiono.
AKBP Sudiono memaparkan tentang peran kepolisian dalam mendorong FKDM guna mereduksi ATHG.

Bahkan, Sudiono juga menyebut banyak hal yang mesti dilaporkan diantaranya tentang permasalahan lingkungan kemasyarakatan, isu fluktuasi harga-harga sembako, tingginya masalah Covid-19, termasuk tentang kebudayaan.

“Jika hal-hal yang berpotensi menganggu keamanan, mesti cepat menyampaikan juga ke pihak kepolisian agar penanganan menjadi lebih cepat hingga tidak terjadi gangguan Kamtibmas karena bisa dicegah lebih awal. Menciptakan iklim yang kondusif ituperlu melibatkan semua elemen agar warga Kepri selalu nyaman dan investor juga makin percaya untuk menjadikan wilayah Kepri sebagai lokasi berinvestasi,” sebutnya.

Selain Dari Polda, Panitia juga menghadirkan pemateri dari Kantor Badan Intelijen Negara Daerah Kepri. (*/arl)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN