Pelapor Dugaan Ijazah Palsu Ditangkap karena Pungli Dana Bansos TPQ

AKP Agus Hasanudin

BINTAN – Dua oknum mahasiswa PA (23) dan DE (23) diamankan Tim UPP Saber Pungli Polres Bintan.

Mereka ditangkap pada Minggu (25/10) di Taman Pendidikan Quran (TPQ) Shiratul Jannah di Jalan Garuda, Kelurahan Tanjungpermai.

Dua mahasiswa tersebut diduga melakukan pungutan liar (pungli) terhadap Dana Operasional TPQ Kementerian Agama yang diberikan kepada pengurus TPQ di Bintan.

Modusnya, mahasiswa tersebut memberikan kabar kalau ada bansos dari Kementerian Agama. Satu TPQ ada yang menerima Rp10 juta. Mereka justru minta komisi hingga Rp30 persen.

Baca Juga :  Ware House Coffe Suguhkan Kuliner Ala Bandung
       
        Loading...    
   

 Mahasiswa tersebut juga merupakan pelapor dugaan ijazah palsu salah satu anggota DPRD Tanjungpinang.

Kasatreskrim Polres Bintan AKP Agus Hasanudin mengatakan, dua oknum mahasiswa tersebut melakukan aksinya dengan meminta anggaran sebesar 30 persen atas dana yang diberikan kepada pengurus TPQ.

”Dana bantuan dari Kementerian Agama itu Rp10 juta untuk TPQ. Kemudian pelaku meminta 30 persen dari jumlah tersebut dengan alasan biaya pengurusan bantuan tersebut agar dicairkan,” sebutnya.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan uang sebesar Rp24 juta yang merupakan dana potongan dari 8 Pengurus TPQ di Kecamatan Seri Kuala Lobam. ”Saat ini kedua pelaku sedang dalam tahap pemeriksaan dan sangkaan Pasal 368 juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP atau Pasal 378 juncto 55 ayat 1 KUHP,” tambahnya. (aan)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN