Bawaslu Menertibkan APK dan APS ‘Nakal’

BAWASLU bersama instansi terkait menertibkan APK dan APS pasangan calon yang dipasangan tidak sesuai zonasi, Jumat (27/11).

NATUNA – Bawaslu Kabupaten Natuna bersama instansi terkait menertibkan seluruh Alat Praga Kampanye (APK) dan Alat Praga Sosialisasi (APS) ‘nakal’ dari paslon Pilgub Kepri maupun Pilbup Natuna, Jumat (27/11). APK dan APS yang ditertibkan ini dipasang tidak sesuai zonasi yang telah ditetapkan dalam Peraturan KPU.

Sebelum penertiban atau pencopotan tersebut, Bawaslu sudah mengirimkan surat peringatan kepada seluruh tim pasangan calon Pilkada serentak 2020, untuk dapat memasang APK dan APS sesuai zonasi yang telah ditetapkan.

“Iya betul, kita hari ini melakukan pencopotan APK dan APS secara serentak se-Kabupaten Natuna di lokasi yang tidak sesuai zonanya,” kata Hairurrijal, Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna, kepada sejumlah media di sela penertiban APK dan APS, Jumat (27/11).

Baca Juga :  Nolak Gituan, Miske Dibunuh Selingkuhan

Ia menegaskan, selama disampaikannya surat peringatan itu, pihaknya sudah memberikan waktu kepada para paslon atau tim kampanye, untuk menurunkan APK dan APS tersebut.

       
        Loading...    
   

“Namun hingga kini, APK dan APS itu masih saja terpasang di zonasi yang tidak sesuai PKPU. Makanya, kita lakukan penyitaan sementara,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, dari hasil penurunan itu didapatkan ratusan APK dan APS ‘nakal’, atau yang dipasang tidak sesuai zonasi.

“Jadi jika nanti para tim kampanye, apabila ingin mengambil APK dan APS tersebut kita akan buatkan berita acara, supaya tidak kembali dipasang di lokasi yang bukan termasuk dalam PKPU,” pungkasnya. (hrd)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN