5 Wisata Curug di Subang Cocok Untuk Liburan dan Camping

Luarbiasa.id – Wisata curug di Subang memang menjadi salah satu opsi yang dipilih oleh banyak orang ketika mereka ingin berlibur ke daerah pegunungan. Untuk sekedar informasi saja, daerah ini memang dikenal dengan berbagai curug yang bisa kalian kunjungi dengan mudah. Dan tentu saja harga tiket masuknya cukup ramah di kantong. Bagi kalian yang penasaran mengenai lokasi, dan curug apa saja yang tersedia di Subang, silahkan untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Subang adalah salah satu daerah yang terletak di Jawa Barat, dan memang dikenal karena udaranya yang lumayan sejuk, khususnya pada perbatasan dengan Lembang. Daerah ini terbagi dua, yaitu kota, dan kabupaten. Untuk berbagai macam wisata bisa kalian temukan pada bagian kota, yang mengarah ke perbatasan yang sudah kami sebutkan tadi.

Untuk kabupaten, karena berdekatan dengan pantai, tepatnya patimban, udaranya cukup terbilang gersang. Karena disini memang bukan dataran tinggi, berbeda dengan daerah kota. Tetapi disisi lainnya, terdapat dataran tinggi juga, jadi seperti terbagi menjadi dua dataran.

Untuk bagian pemandangan, pada bagian yang dekat dengan pantai sama sekali tidak terlalu bagus. Daripada dikenal dengan lokasi wisata, dearah disamping pantai ini terkenal karena pelabuhan internasionalnya, yang saat ini masih dalam tahap penyempurnaan.

Berbicara mengenai curug, Subang memang bisa kalian pilih sebagai salah satu opsi. Mengingat kondisi geografisnya yang berada pada dataran tinggi. Membuatnya menjadi salah satu tempat yang banyak memiliki pemandangan tersebut. Untuk kalian yang sedang mencari informasi mengenai curug yang ada di Subang, silahkan untuk melihat list yang sudah kami siapkan dibawah ini.

Wisata Curug yang Ada di Subang

Pada bagian ini kami akan menjelaskan mengenai letak, dan informasi apa saja yang memang berhubungan dengan curug yang ada di daerah Subang ini. Sebagian dari kalian mungkin masih bingung untuk memilih curug yang mana untuk dikunjungi. Oleh karena itu, kami menyarankan agar kalian membaca mengenai list curug apa saja yang sudah kami siapkan disini.

Baca Juga:   4 Rekomendasi Hotel Dekat De Castello Subang Fasilitas Terbaik

Curug Cibareubeuy

Curug Cibareubeuy

Ini adalah salah satu tempat wisata yang lumayan banyak diketahui oleh orang-orang, khususnya mereka yang berasal dari daerah tersebut. Curug Cibareubeuy dikenal dengan keindahannya yang memukau. Berbeda dengan curug yang memiliki ketinggian sedang, yang satu ini berada pada posisi yang lumayan tinggi. Karena curug ini berada pada dataran tinggi, hujan pun sering terjadi pada lokasi tersebut.

Bagi kalian yang baru pertama kali mengunjungi daerah seperti ini, kami sarankan untuk membawa perlengkapan yang sesuai, seperti jaket tebal, dan semacamnya. Karena suhu disekitarnya lumayan dingin, khususnya pada bulan-bulan yang memang sering terjadi hujan. Ada beberapa lokasi yang bisa kalian kunjungi selain bagian wisata utama, contohnya adalah tempat foto yang backgroundnya langsung mengarah ke lokasi curug Cibareubey.

Lokasi

Curug Cibareubeuy adalah salah satu wisata yang ada di Subang. Untuk lokasinya, berada tepat di desa Cibeusi, kecamatan Ciater, kabupaten Subang, Jawa barat. Untuk kalian yang memang baru pertama kali, silahkan untuk bertanya mengenai lokasi tersebut pada warga sekitar. Ketika kalian sudah berada pada desa, atau kecamatan tersebut.

Curug Cileat Salah Satu Wisata di Subang

Wisata Curug Cileat di Subang

Ini adalah salah satu lokasi wisata yang perlu kalian kunjungi, jika memang curug adalah sesuatu yang kalian cari pada daerah ini. Untuk keindahan, kalian tidak usah meragukannya lagi, karena ini adalah salah satu yang terindah yang bisa ditemukan pada dataran tinggi Subang.

Namun ada sedikit kekurangan yang memang biasanya ditemukan pada setiap lokasi seperti ini, yaitu mengenai akses jalan menuju curugnya. Untuk kendaraan sepertinya belum bisa masuk, untuk itu kalian perlu berjalan kaki untuk sampai pada lokasi wisata tersebut. Jadi silahkan persiapkan apapun yang membantu kalian dalam perjalanannya.

Lokasi

Curug Cileat berada pada kampung Cibogo, yang terletak pada desa Mayang, kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang. Lokasinya cukup lumayan tinggi, dan berada pada tebing yang terletak dibawah kaki gunung Canggah. Hal inilah yang membuatnya terlihat sangat indah. Curugnya pun berdekatan dengan yang lainnya, dan membuatnya terlihat seperti kembar.

Curug Capolaga

Curug Capolaga

Untuk yang satu ini sebenarnya lebih dikenal dengan adventure camp, dimana biasanya orang-orang melakukan berbagai kegiatan disini. Tempat ini sudah banyak dikenal orang, yang membuatnya sudah dibangung sedemikian rupa untuk membantu pada wisatawan yang datang. Jadi beberapa kebutuhan kalian bisa terpenuhi disini, untuk itu tidak usah khawatir akan susah nantinya.

Baca Juga:   4 Rekomendasi Hotel Dekat De Castello Subang Fasilitas Terbaik

Wisata yang ada di Subang ini memiliki 3 curug yang berdekatan dengan satu sama lain. Posisinya tidak terlalu jauh, jadi kalian bisa mengunjungi semuanya dalam satu hari itu. Pertama adalah curug Karembong, Sawer, dan yang terakhir adalah Goa Badak. Ketiganya memiliki keunikan masing-masing yang memikat banyak pengunjung untuk datang.

Daerah tersebut juga berada tepat pada ekosistem air jernih, yaitu sumber yang mengalir ke sungai Cimuja, dan juga Cikoneng. Karena kalian berada tepat di daerah curugnya, sungai pun dapat diakses dengan mudah, mengingat beberapa lokasi memiliki batu-batu besar, dan kedalaman yang dangkal. Ini juga menjadi salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi.

Lokasi

Adventure Camp Capolaga ini berada di kampung Panaruban, desa Cicadadas, kecamatan Sagalaherang, kabupaten Subang. Memginat lokasinya yang sudah cukup dikenal, akses menuju daerahnya pun terbilang cukup mudah dibandingkan dengan curug lainnya. Beberapa akses jalan terbilang agak susah, namun masih bisa dilewati dengan mudah menggunakan kendaraan bermotor.

Curug Batu Kapur (Agung)

Curug Agung

Salah satu wisata curug yang ada di Subang adaalah Batu Kapur, atau dikenal juga dengan nama Agung. Berbeda dengan yang lainnya, diameter dari air terjun yang satu ini lumayan lebar, yang membuatnya akan tampak megah. Ini akan menjadi salah satu tempat yang cocok untuk kalian yang memang ingin berpergian ke tempat yang baru.

Dilihat pada berbagai sumber yang ada mengenai curug ini, sepertinya para pengunjung diperbolehkan untuk berenang di bawahnya. Selain air terjun, disini juga terdapat rekreasi berupa pemandian air panas, yang suhunya berada pada 40 sampai 45 derajat selsius. Untuk kondisi yang berada pada dataran tinggi, kami rasa ini akan pas.

Jika kalian berkunjung kesini, berarti ada dua hal yang bisa kalian lakukan, pertama yaitu mengunjungi curug, yang menjadi wisata utama pada daerah tersebut. Kemudian pemandian air panas dengan suhu yang lumayan cocok untuk kalian ketika sudah merasa kedinginan setelah bermain air pada curugnya.

Lokasi

Untuk tempatnya berada satu kecamatan dengan adventure camp Capolaga. Tepatnya di desa Curug Agung, kecamatan Sagalaherang, kabupaten subang, Jawa Barat. Untuk letak pas nya sendiri sebenarnya sama dengan curug lainnya. Kalian perlu melakukan sedikit perjalanan menuju lokasinya. Jadi sebelum itu, persiapkan apapun yang kiranya memang membantu kalian dalam proses tersebut.

Baca Juga:   4 Rekomendasi Hotel Dekat De Castello Subang Fasilitas Terbaik

Curug Koleangkak

Wisata Curug Koleangkak di Subang

Merupakan wisata curug yang ada di daerah Subang, dan bisa kalian kunjungi dengan mudah. Dikenal juga dengan sebutan lain seperti Biru, dan juga Cibiru. Penamaan tersebut memang disesuaikan dengan kondisi airnya yang dibilang jernih, dan hampir terlihat berwarna biru. Melihat dari foto yang tersebar, sepertinya kalian bisa berenang dilokasi ini.

Karena tempatnya yang lumayan terkenal, kelengkapan propertinya pun bisa kalian manfaatkan. Yang kami maksudkan adalah kebutuhan para wisatawan, contohnya adalah toilet, dan juga tempat beribadah seperti mushola. Jadi kalian tidak usah khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Silahkan bawa saja barang pribadi yang memang susah untuk ditemukan pada lokasi seperti ini.

Untuk letaknya, berdekatan dengan wisata air panas sari ater dimana orang-orang biasa berendam untuk menghilangkan keluhan yang dirasakan oleh badan. Jika kalian kebetulan sedang berada ditempat tersebut, kami sarankan untuk mengunjungi Curug Koleangkak. Ini bisa dilakukan ketika kalian ingin mencoba suasana baru selain pemandian air panas.

Lokasi

Curug Koleangkak berada pada desa Nagrak, kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa barat. Seperti yang sudah kami bilang, banyak curug yang berada pada perbatasan ini, kalian hanya cukup memilih mana yang ingin kalian kunjungi. Dan ini menjadi rekomendasi terakhir mengenai curug yang bisa kalian temukan didaerah ini. Sebenarnya masih banyak sekali curug yang ada, tetapi yang kami masukkan ini lumayan terkenal, jadi letaknya akan mudah untuk ditemukan.

Persiapan Sebelum Mengunjungi Wisata Curug di Subang

Karena setiap curugnya berada pada dataran tinggi, kami sarankan agar kalian mengenakan pakaian yang cocok untuk daerah tersebut. Persiapkan juga perlengkapan yang memang susah untuk ditemukan pada tempat yang jauh dari pusat kota. Bawa barang-barang pribadi, yang memang sangat dibutuhkan pada kondisi tertentu.

Kami juga menyarankan agar kalian dapat mengunjunginya pada bulan-bulan yang jarang hujan, karena pada dataran ini sendiri dikenal dengan curah yang cukup tinggi. Sehingga proses berwisata kalian akan terbilang tidak maksimal dikarenakan oleh kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

Baca juga: 4 Rekomendasi Hotel Dekat De Castello Subang Fasilitas Terbaik

Kesimpulan

Sekian dulu rekomendasi wisata curug yang ada di Subang. Untuk kalian yang memang senang mengunjungi wisata alam semacam ini, list yang kami masukkan di atas bisa menjadi alternatif. Sekali lagi, silahkan persiapkan barang, dan pakaian yang diperlukan, karena proses perjalanan menuju lokasinya ada yang lumayan jauh.