Solusi Mengatasi “Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat” di Android

Luarbiasa.id – Anda tidak memiliki aplikasi yang tepat merupakan sebuah notifikasi yang timbul ketika kalian mecoba membuka sebuah file. Ataupun dokumen yang biasanya memerlukan aplikasi khusus. Dan ini merupakan permasalahan yang wajar ketika kalian tidak memiliki sebuah software yang tepat. Masalah seperti ini sebenarnya beragam, dan tidak bisa dikerucutkan ke dalam satu hal saja.

Kenapa demikian? Karena solusinya akan disesuaikan dengan file apa yang akan kalian coba buka. Jika sudah ketahuan, maka cara mengatasinya pun akan mudah, cukup download software yang mampu membukanya saja. Permasalahan seperti ini biasanya bukan timbul karena error yang ada pada handphone kalian. Namun jika kalian biasanya bisa membuka file tersebut, maka jelas datangnya dari aplikasi, ataupun dari device.

Untuk mengatasinya, bisa dengan menggunakan beberapa pendekatan yang bisa kalian lihat dibagian pada artikel ini kelak. Masalah yang terjadi pada sebuah handphone sebenarnya beragam, namun jika kalian memiliki device yang tergolong baru, tentu saja hal seperti itu tidak akan muncul terlalu sering.

Sumber utama dari permasalahan tersebut biasanya terdapat pada aplikasi, ataupun ketidak tahuan kalian mengenai suatu hal. Jika kalian memang tidak mengetahui jenis file yang ingin kalian buka tersebut, maka kebingungan lah yang akan timbul. Dan ini merupakan kasus yang sering sekali terjadi, khususnya oleh mereka yang masih awam dengan tipe file pada handphone.

Apa Itu Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat?

Ini adalah salah satu masalah yang timbul ketika kalian mencoba untuk membuka file, namun software yang bisa membacanya tidak tersedia, ataupun sedang error. Sebagai contoh, ketika kalian mencoba untuk membuka sebuah file PDF, ataupun Word tetapi aplikasi yang bekerja untuk melakukan hal tersebut tidak tersedia, maka notifikasi tersebutlah yang kemudian akan timbul.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Ada Sinyal Dan Penyebabnya

Makanya, kami bilang bahwa masalah seperti ini memiliki solusi, atau cara penyelesaian yang beragam. Karena memang akan tergantung kepada file apa yang sebenarnya ingin kalian buka tersebut. Untuk sekedar informasi saja, jenis file yang ada di internet sangatlah beragam, dan software yang menyediakan jasa untuk membukanya juga sama saja, tetapi syarat utamanya adalah harus berhubungan.

Ini hanya dari perkiraan saja, kami rasa file-file yang ingin kalian coba buka tidak akan jauh dari produk milik microsoft office, yaitu word, ppt, excel, dan semacamnya. Karena jika handphone kalian tidak terinstall aplikasi seperti Wps office, maka pembukaan file tersebut akan mustahil untuk dilakukan. Untuk beberapa kasus, dengan menginstall aplikasi yang sesuai sudah bisa mengatasi masalah tersebut.

Namun permasalahan ini sepertinya tidak cukup sampai situ saja, artinya ada kasus yang lain, dan untuk membereskannya pun perlu melalui beragam cara. Hal ini tentu saja akan sedikit membuat pusing, namun kalian tidak perlu khawatir, karena kami siap membantu. Silahkan simak semua cara dibawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Tutorial, dan Cara Mengatasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat

Kami akan mencoba membaginya menjadi dua bagian, sesuai dengan permasalahan yang timbul. Pertama adalah aplikasi yang tepat untuk membuka file yang dikeluarkan oleh microsoft office. Kedua adalah solusi yang lebih mendalam, ketika tutorial pertama tidak bisa menyelesaikan masalah yang kalian alami saat ini. Jadi silahkan simak sesuai dengan apa yang kalian alami sekarang.

Kenali Tipe File, dan Aplikasi Apa yang Bisa Membukanya

Hal yang perlu kalian lakukan adalah mengenali file apa yang sedang ingin dibuka tersebut, jika sudah silahkan cari aplikasinya, lalu coba gunakan cara yang sama. Sebagai contoh, jika file tersebut memilki format, Cara Menghitung Cepat.pdf, maka kalian memerlukan sebuah aplikasi yang disebut dengan Pdf Reader, dan kerjanya adalah untuk membuka file tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat disini.

  1. Kenali tipe file dengan melihatnya pada ujung namanya
  2. Jika sudah kalian kenali, silahkan lakukan pencarian pada Google Playstore berdasarkan nama belakangnya
  3. Untuk jenis file yang dikeluarkan oleh microsoft office (doc, ppt, dan excel) cukup download wps office saja
  4. Karena aplikasi tersebut bisa membaca semua tipe file yang kami sebutkan diatas
Baca Juga:   Tips Membuat BIO IG Keren Simple Bahasa Inggris Agar Menarik

Aplikasi Sudah Tepat, Namun Notifikasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat Masih Muncul

Aplikasi Sudah Tepat, Namun Notifikasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat Masih Muncul

Jika kalian sudah menggunakan aplikasi yang sesuai sebelumnya, dan masih ada notifikasi tersebut, berarti masalahnya ada pada software yang kalian gunakan. Untuk mengatasi permasalah seperti itu, silahkan simak beberapa cara dibawah ini untuk membereskannya.

Update Aplikasi Bersangkutan

Jika kalian sudah lama tidak melakukan update pada sebuah aplikasi, tentu saja error akan muncul suatu saat nanti. Meskipun tadinya kalian tidak menemukan masalah seperti ini, kemungkinan besar ini terjadi karena bug yang sudah menumpuk. Bug sendiri adalah istilah lain error yang terjadi pada sebuah aplikasi.

Untuk mengatasinya, kalian hanya perlu melakukan update pada Google Playstore, dan semua bug tersebut akan ikut terhapus saat kalian beres menyelesaikannya. Kemudian kalau aplikasi yang kalian gunakan tidak ada pada toko resminya, silahkan install ulang saja dari sumber yang kalian download sebelumnya.

Hapus Cache

Hapus Cache Untuk Mengatasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat

Untuk sekedar informasi saja, cache sebenarnya mempermudah kalian dalam menggunakan sebuah aplikasi. Karena kerjanya adalah mengingat apa yang biasa kalian lakukan sehingga prosesnya akan menjadi lebih cepat dibandingkan biasanya.

Namun, ketika sudah menumpuk hal ini akan membuat error, dan malah memperlama proses, dan jalannya sebuah software. Ini juga bisa menjadi kemungkinan kenapa kalian mendapatkan notifikasi anda tidak memiliki aplikasi yang tepat. Untuk membersihkannya silahkan lihat disini:

  1. Akses pengaturan, lalu kunjungi aplikasi
  2. Ketuk kelola aplikasi, dan pada kolom pencariannya, cari nama software yang bersangkutan
  3. Kemudian ketuk aplikasinya, di dalamnya akan ada beberapa pilihan, namun kalian fokus saja pada hapus cache

Install Ulang Aplikasi Jika Mendapatkan Notifikasi Anda Tidak Memiliki Aplikasi yang Tepat

Ini merupakan cara yang paling tepat ketika kalian mengalami masalah tersebut. Masalah yang kami maksudkan adalah ketika kalian mendapati software yang sudah sesuai, namun tetap terjadi error seperti demikian. Menginstall ulang sebuah aplikasi yang bersangkutan akan menjadi solusi yang tepat.

Baca Juga:   Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya

Restart Ulang Handphone Kalian

Ini adalah salah satu cara yang lain ketika opsi diatas tidak bisa menyelesaikan permasalah tersebut. Merestart ulang device kalian kadang bisa menyelesaikan permasalahan seperti hang, dan ataupun freeze. Kami akan ragu jika yang kalian dapatkan adalah notifikasi tersebut. Karena, sekali lagi permasalahan ini bukan datang dari devicenya, melainkan dari software, ataupun ketidak tersediaan platform yang bisa membacanya.

Kesimpulan

Anda tidak memiliki aplikasi yang tepat merupakan sebuah masalah yang bisa kalian selesaikan dengan mudah ketika intinya sudah ditemukan. Untuk kalian yang sampai saat ini bingung karena kesulitan, sebagainya, kami sudah menyiapkan tutorial, dan caranya di atas. Jadi, silahkan langsung dilihat saja.