Apa Itu FYP TikTok? Ini Arti, Penjelasan dan Cara Kerjanya

Luarbiasa.id-Bagi para penggemar aplikasi TikTok, pastinya sudah tidak asing lagi saat mendengar istilah FYP (For Your Page). Apa itu FYP TikTok? Fitur satu ini akan selalu muncul saat Anda baru pertama kali buka aplikasi TikTok melalui berbagai macam video yang tengah trend dan sedang ditampilkan nantinya.

Biasanya konten video TikTok yang berhasil FYP akan mendapatkan jumlah penayangan dan likes yang sangat banyak. Hal ini dikarenakan konten dianggap lucu, unik, dan berbeda sehingga berhasil menarik perhatian warganet yang menyaksikannya langsung lewat aplikasi TikTok.

Apa itu tagar FYP di TikTok? Untuk membuat konten video TikTok masuk FYP, maka bisa gunakan beberapa alternatif mulai dari menerapkan tagar, ikut challenge yang lagi trend, buat konten unik, dan lainnya. Untuk paham lebih jelasnya tentang FYP TikTok, bisa simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu FYP TikTok?

Apa Itu FYP TikTok?

FYP merupakan singkatan dari For Your Page, dimana didalamnya berisi rekomendasi berbagai konten video berdasarkan riwayat tontonan yang bisa dilihat dan disukai oleh semua pengguna TikTok. Aliran video yang muncul dalam halaman FYP sebenarnya sudah dikuratori oleh algoritma TikTok sendiri.

 

Terkadang Anda merasa konten FYP TikTok yang muncul dalam beranda sesuai dengan kondisi yang dialami bukan? Nah, itulah kecanggihan algoritma TikTok. Algoritma TikTok akan membuat konten FYP yang muncul sesuai dengan riwayat tontonan yang sudah dilihat dan disukai oleh pengguna tersebut.

 

Perlu Anda ketahui, fitur FYP pada TikTok didukung langsung oleh sistem rekomendasi yang bisa kirim konten ke setiap pengguna dengan didasari adanya ketertarikan. Terkadang pengguna akan menemukan model video sama, namun masing-masing dirancang secara unik sesuai ketertarikan dari individu.

Jika Anda merasa bosan dengan konten video yang konsepnya sama, coba skip selama beberapa waktu. Kedepannya algoritma TikTok akan membaca bahwa pengguna sudah mulai tidak tertarik dengan model video seperti itu dan memunculkan rekomendasi video baru yang mungkin disukai.

Setiap pengguna TikTok pastinya ingin sekali kontennya bisa sering FYP, mendapatkan penayangan, dan likes yang sangat banyak. Untuk membuat konten FYP, maka Anda perlu rajin buat konten yang menarik dan sedang trend sehingga mudah terbaca oleh algoritma TikTok nantinya.

Baca Juga:   Cara Mengubah Suara VN di WA GB Mod Tanpa Aplikasi Tambahan

Bagaimana Cara Kerja FYP TikTok?

Bagaimana Cara Kerja FYP TikTok?

Mungkin banyak pengguna TikTok yang penasaran dengan cara kerja FYP, dimana memang seringkali akan mengalami perubahan. Pengguna TikTok terkadang sulit menebak kemunculan video dan sudah buat konten yang sedang trend, namun tidak pernah muncul dalam halaman FYP.

FYP on TikTok pada dasarnya memang sulit untuk ditebak karena membutuhkan berbagai preferensi dan kemampuan coding yang mumpuni. Pengembang aplikasi TikTok saja tidak bisa menebaknya secara pasti, apalagi para pengguna khususnya kreator TikTok yang tidak paham dalam bidang tersebut.

Menurut pakar informatika, ketika sebuah video masuk dalam FYP TikTok, maka algoritma FYP akan menunjukkan video kepada sebagian kecil pengguna. Dalam hal ini algoritma TikTok tidak akan ada pertimbangan pengguna saling mengikuti atau tidak, karena konsepnya semacam rekomendasi.

Faktor kontribusi yang dipertimbangkan oleh algoritma FYP TikTok berkaitan dengan riwayat tontonan, sehingga video itu bisa tampil pada halaman FYP pengguna. Dengan sistem rekomendasi dari FYP TikTok, maka bisa membantu pengguna untuk mendapatkan pengalaman lebih personal.

Video FYP antar pengguna TikTok lainnya tentu saja berbeda karena memang mempertimbangkan preferensi masing-masing. Dengan adanya algoritma FYP, maka aplikasi TikTok akan lebih mudah dalam menentukan konten yang disukai dan ingin dilewati oleh para pengguna.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Video TikTok Bisa FYP

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Video TikTok Bisa FYP

Setelah mengetahui apa itu FYP TikTok, mungkin banyak pengguna masih bingung faktor-faktor yang sekiranya bisa mempengaruhi video TikTok bisa FYP. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi video TikTok masuk dalam beranda FYP adalah sebagai berikut.

1. Berkaitan Aktivitas Pengguna (User Activity)

Semakin banyaknya engagement dan view yang didapatkan oleh video TikTok, maka konten akan disajikan kepada pengguna TikTok lain lebih banyak lagi dari sebelumnya. Untuk menentukan engagement dan view, maka ada beberapa metrik yang bisa dibaca oleh pengguna.

Beberapa metrik yang akan dipertimbangkan oleh TikTok meliputi likes (jumlah orang yang suka dengan konten), comment (komentar yang diberikan), dan shares (konten dibagikan). Selain itu, account follows (penambahan pengikut) dan rewatch juga akan mempengaruhi konten FYP.

2. Lokasi dan Bahasa yang Diterapkan

Tahukah Anda bahwasannya algoritma TikTok bisa baca setting handphone semua penggunanya? Dalam hal ini termasuk lokasi pengguna dan bahasa yang digunakan. Lokasi dan bahasa yang diterapkan dalam TikTok akan menjadi pertimbangan pendistribusian konten video pengguna.

Bagaimana algoritma bisa membacanya? Algoritma bisa membacanya melalui lokasi user, lokasi postingan, setting bahasa, dan tipe device yang digunakan. Misal Anda berada di Indonesia, maka kebanyakan konten video akan FYP melewati beranda pengguna dari Indonesia.

Baca Juga:   Aplikasi Pinjol Bunga Rendah Langsung Cair Dan Tenor Panjang

3. Subjek Konten

Apa itu FYP TikTok? Sebelumnya sudah dijelaskan bahwasannya FYP merupakan halaman beranda TikTok yang berisi rekomendasi berbagai video. Faktor yang mempengaruhi sebuah konten video bisa FYP yaitu subjek konten yang diciptakan oleh kreator tersebut.

Algoritma TikTok memang terkenal sangat canggih dalam membaca semua konten penggunanya. Algoritma mengetahui topik atau subjek dari konten yang diciptakan, sehingga akan menyajikan video kepada pengguna lain yang tertarik dan menyukai jenis subjek video tersebut.

Bagaimana cara algoritma membaca konten pengguna? Beberapa pertimbangannya meliputi kata kunci caption, sound yang digunakan, hashtag, efek yang digunakan, dan pembacaan konten. Canggih bukan? Sehingga wajar kalau terkadang FYP TikTok sangat sulit untuk ditebak.

4. Mempertimbangkan Parameter Negatif

Selain mempertimbangkan beberapa faktor di atas, TikTok juga memperhatikan parameter negatif misalnya video yang tidak disukai pengguna, pengguna yang disembunyikan, dan konten skip. Tujuan TikTok mempertimbangkan faktor tersebut untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Jika algoritma TikTok sudah membaca ketidaktertarikan, maka jenis video tidak akan ditampilkan kembali dalam FYP pengguna. Jadi Anda tidak perlu bingung seolah-seolah TikTok mengetahui apa yang penggunanya tidak sukai karena memang algoritmanya sudah sangat luar biasa.

Bagaimana Cara Membuat Video TikTok Sering FYP?

Bagaimana Cara Membuat Video TikTok Sering FYP?

Siapa sih yang tidak ingin konten videonya FYP? Setiap pengguna TikTok pastinya ingin kontennya bisa mendapatkan banyak likes dan disaksikan banyak orang. Selain mengetahui apa itu FYP TikTok, Anda juga harus memahami tips membuat video TikTok mudah masuk beranda FYP.

1. Coba Upload Video Saat Prime Time

Apa yang dimaksud dengan prime time? Waktu dimana akan banyak pengguna yang meluangkan waktu untuk menggunakan media sosial, khususnya TikTok. Namun tidak semua media sosial memiliki prime time yang sama, sehingga penting untuk mencari informasi sebelumnya.

Prime Time Indonesia untuk media sosial TikTok umumnya berada pada angka yang beragam misal siang hari pukul 12.00-13.00 WIB. Memasuki sore hari pukul 16.00-17.00 WIB dan malam hari bisa dimulai dari pukul 19.00-23.00 WIB untuk upload konten TikTok.

Berdasarkan review dari kebanyakan kreator TikTok sukses, upload konten sesuai dengan prime time akan membuat video mendapatkan banyak views. Kalau video yang dibagikan memang sangat unik dan berkualitas, maka tidak sulit untuk mendapatkan likes dari pengguna lain.

2. Coba Tuliskan Caption Menarik

Salah satu cara konten video bisa muncul FYP dengan menyisipkan caption yang sangat menarik. Caption menarik pada video TikTok tidak harus panjang, namun dibuat singkat juga tidak masalah asalkan sesuai dengan subjek konten dan trend yang lagi viral di masyarakat.

Baca Juga:   Anoboy Apk 2023 Nonton Anime Streaming Sub Indonesia

Bagi Anda yang tidak memiliki keahlian membuat caption menarik, maka bisa mencoba mencari referensi dari caption pengguna TikTok lainnya. Biasanya banyak sekali konten FYP dengan caption mencurahkan isi hatinya, sehingga bisa mengena di hati para views yang menyaksikan.

3. Gunakan Hashtag Pada Caption

Tidak hanya media sosial Instagram, Facebook, dan Twitter yang membutuhkan hashtag menarik untuk membuat konten kebanjiran views dan likes. TikTok juga memiliki kriteria hashtag yang tepat untuk membuat videonya bisa FYP dan disaksikan oleh banyak orang pastinya.

Anda bisa menggunakan beberapa hashtag yang sedang trending dan menjadi perhatian banyak masyarakat luas. Jika masih belum ada hashtag menarik trending yang bisa digunakan, maka bisa cari referensi dari internet sesuai dengan jenis konten yang dibagikan.

  • #fyp
  • #fypage
  • #fypchallenge
  • #fypdong
  • #bestvideo
  • #memes
  • #funny
  • #fypgakni
  • #fypindonesia
  • #G20Indonesia
  • #sadgirl
  • #galaubrutal

4. Mengikuti Challenge Populer

Setelah mengetahui tentang apa itu FYP TikTok, mungkin kebanyakan pengguna terkadang bingung mengenai model video yang muncul berkali-kali dalam beranda. Nah, hal ini dinamakan dengan challenge populer sehingga akan sering muncul dan diikuti oleh kreator lainnya.

Dengan menerapkan video challenge yang sedang populer, maka akan menjadi kesempatan bagus bagi kreator untuk meningkatkan views dan likes. Tidak hanya akan membuat video mudah FYP, tetapi peluang untuk menambah followers juga pastinya akan lebih besar.

5. Ikuti Tren Populer

Selain mengikuti challenge populer yang cukup menantang, Anda juga perlu update tren populer dalam aplikasi TikTok. Tren populer berkaitan dengan sound yang digunakan, tarian, hashtag, transisi, efek, dan komponen lainnya yang banyak diikuti oleh kreator lainnya.

Cara mudah untuk mengidentifikasi tren dengan menelusuri tab discover, nantinya akan tersedia informasi mengenai suara atau topik yang sedang populer. Dengan mengikuti tren populer, akan membuat video TikTok mudah sekali masuk beranda FYP dan mendapatkan banyak views.

6. Membuat Video Berkualitas Tinggi dan Kreatif

Bagaimana cara membuat video TikTok terlihat berkualitas? Maka Anda perlu memperhatikan beberapa aspek yang membuat video terlihat jelas dan bening. Aspek yang diperhatikan meliputi kamera resolusi tinggi, pencahayaan, latar belakang, dan aplikasi edit video yang digunakan.

Usahakan untuk merekam video dengan pencahayaan yang memadai, sehingga video yang akan tampil terlihat lebih jelas. Cobalah membuat video yang unik dan berbeda dengan menambahkan transisi atau efek, sehingga setiap penontonnya akan merasa lebih terkesan.

7. Duet Bersama Orang Lain

Duet video TikTok dengan pengguna lain akan mempengaruhi datangnya banyak pengikut baru. Mereka akan merasa penasaran dengan konten yang ditampilkan oleh pengguna dan biasanya tertarik untuk mengikuti agar tidak ketinggalan video dari kreator tersebut.

Apa itu FYP TikTok? Halaman TikTok yang berisi banyak rekomendasi video bagi para pengguna. Dari pengalaman yang sering terjadi, rekomendasi video yang muncul dalam FYP TikTok diatur oleh algoritma menyesuaikan riwayat likes dan konten yang dilihat sampai selesai oleh masing-masing pengguna.