Cara Backup WhatsApp di Android, iPhone dan Windows

Luarbiasa.id-WhatsApp adalah aplikasi chatting yang banyak digunakan, baik untuk pemakaian pribadi maupun pemakaian perusahaan sebagai sarana komunikasi untuk usahanya. Karenanya, tentu banyak pesan-pesan penting yang dikirim maupun diterima oleh pengguna melalui WhatsApp.

Agar pesan-pesan penting tersebut tidak hilang, maka anda perlu membackupnya. Keuntungan dengan mencadangkan pesan ini ialah kita dapat melihatnya kembali apabila suatu saat pesan tersebut tidak sengaja terhapus.

Cara Mencadangkan Pesan WhatsApp (Backup WA)

WhatsApp sendiri merupakan aplikasi perpesanan yang digunakan diberbagai macam perangkat. Tidak hanya android saja, melainkan anda juga bisa memakainya di iOS, laptop atau PC dan sebagainya. Berikut ini ada beberapa cara backup wa yang bisa anda pergunakan.

Backup WhatsApp di Android

Cara backup WA yang pertama adalah untuk mencadangkan pesan pada ponsel Android. WhatsApp pada smartphone Android membutuhkan Google Drive untuk mencadangkan atau membackup segala pesan yang ada di dalamnya. Karena backup WA di Android membutuhkan Google Drive, otomatis pengguna harus memiliki akun Google Drive terlebih dahulu.

Cara mencadangkan pesan WhatsApp di ponsel Android dengan menggunakan Google Drive ini sebenarnya cukup mudah. Pertama, pengguna harus membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Kemudian, tekan pilihan More Option pada WhatsApp. Opsi More Option ini digambarkan dengan titik tiga pada aplikasi WA.

Setelahnya, pergi ke pengaturan di WhatsApp atau bagian Settings. Jika sudah berada di bagian Setting, klik opsi Chats, lalu pilih pilihan Chat Backup. Kemudian, pilih salah satu opsi frekuensi pencadangan pesan di bagian Back Up to Google Drive. Pengguna bisa memilih salah satu pilihan, kecuali Never karena jika memilih pilihan Never, pesan tidak akan di back up.

Baca Juga:   Download Video TikTok Tanpa Watermark Kualitas HD Terbaru 2023

Langkah berikutnya, pilih Back Up Over. Dalam Back Up Over ini pengguna bisa memilih jaringan yang digunakan untuk mencadangkan pesan. Apakah saat menggunakan jaringan internet atau jaringan WiFi. Lalu, jika jaringan untuk backup WA telah dipilih, pengguna bisa memilih opsi Back Up untuk memulai pencadangan pesan serta media yang ada di WhatsApp.

cara mencadangkan pesan whatsapp

Backup WA di iPhone

Berbeda dengan cara backup WA di Android, backup pesan WA di iPhone tidak menggunakan Google Drive. iPhone merupakan ponsel buatan Apple. Apple sendiri memiliki layanan Cloudnya sendiri, namun bukan Google Drive melainkan iCloud. WhatsApp pada iPhone menggunakan iCloud untuk mencadangkan pesan secara otomatis.

Fitur pencadangan pesan ini akan aktif secara otomatis apabila pengguna telah terhubung atau login pada akun pengguna perangkat atau Apple ID. Tanpa adanya iCloud ini, pesan maupun media yang ada di dalam WhatsApp pada iPhone tidak dapat dicadangkan sehingga iCloud ini sangat diperlukan jika pengguna ingin mencadangkan pesan WA nya.

Agar pencadangan pesan WhatsApp di iPhone dapat dilakukan secara otomatis, ponsel harus terhubung dengan jaringan internet atau jaringan WiFi terlebih dahulu. Kemudian, patikan untuk mengaktifkan pencadangan iCloud untuk WhatsApp telah aktif. Pengguna bisa mengaturnya melalui pengaturan menu perangkat.

Cara backup WA di iPhone ini tidak terlalu sulit mengingat caranya hampir sama dengan backup WA di Android. Perbedaannya hanyalah layanan Cloud yang digunakan. Langkah pertamanya adalah buka aplikasi WhatsApp di iPhone. Kemudian, pilih menu Settings atau Pengaturan, yang memiliki logo atau ikon gerigi roda.

Langkah berikutnya, klik opsi Chat lalu klik pilihan Cadangan Chat. Dalam menu Cadangan Chat ini, pengguna akan menemukan pilihan Cadangan Otomatis. Di sini, pengguna bisa melihat opsi seberapa sering pengguna ingin mencadangkan pesan di WhatsApp. Pengguna bisa memilih salah satu opsi tersebut. Kemudian, pesan akan terbackup ke iCloud.

Baca Juga:   Cara Bikin Podcast di Spotify Agar Menghasilkan Uang di Android

backup whatsapp

Backup WA ke Windows

Cara backup WA yang  selanjutnya adalah untuk mencadangkan pesan WhatsApp ke Windows. Jika kamu ingin mencadangkan pesan WhatsApp untuk laptop atau PC dengan sistem operasi Windows, sebenarnya caranya tidak terlalu sulit. Hanya saja, cara yang satu ini tidak banyak diketahui orang sehingga sedikit tidak familiar bagi pengguna WhatsApp.

WhatsApp sendiri biasanya akan secara otomatis mencadangkan segala pesan maupun media ke SD Card yang terpasang di ponsel kesayangan kamu. Karena hal inilah, proses backup pesan WhatsApp untuk Windows lebih mudah. Pasalnya, pengguna hanya perlu memindahkan data yang terbackup secara otomatis tersebut ke PC atau laptop.

Cara backup WA ke Windows ini terdiri dari beberapa langkah yang sangat mudah untuk diikuti. Pertama, sambungkan ponselmu ke komputer atau laptop. Kamu bisa menyambungkannya dengan menggunakan kabel data atau kabel USB. Selanjutnya, buka folder WhatsApp pada ponsel di PC kamu.

Langkah berikutnya, kamu harus membuka salah satu folder yang ada di dalam folder WhatsApp tersebut. Folder ini bernama Databases. Setelah masuk ke folder Databases, pilih apa saja data yang ingin dicadangkan atau ingin di backup. Jika sudah, copy data yang diinginkan tersebut, lalu paste ke dalam folder di PC yang kamu inginkan.

Dibandingkan backup di ponsel Android maupun iPhone, backup pesan maupun media yang ada di dalam WhatsApp ke Windows sebenarnya lebih mudah. Pasalnya, pengguna hanya perlu copy paste data yang ingin dicadangkan. Selain itu, backup WA ke komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows ini juga tidak memerlukan jaringan internet, alias offline.

Backup WA ke MacOS

Cara backup pesan WA yang selanjutnya adalah backup pesan WA ke MacOs. Sama halnya dengan Windows, WhatsApp juga dapat dicadangkan ke komputer atau laptop dengan sistem operasi MacOS. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah pencadangan WA ke MacOS ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna iOS, misalnya iPhone.

Baca Juga:   Cara Merekam Layar di iPhone 11 Dengan Suara Paling Mudah

Untuk backup WA ke MacOS ini juga tidak sulit. Pertama, pengguna harus menghubungkan terlebih dahulu iPhone ke perangkat atau device dengan sistem operasi MacOS. Untuk menghubungkan iPhone ke MacOS ini, pengguna dapat menggunakan kabel USB yang dipasang seperti saat ingin mengisi daya baterai ponsel.

Selanjutnya, jalankan program dan tap pilihan More Tools. Jika kamu sudah memilih opsi More Tools, kemudian pilihlah opsi Backup WhatsApp messages untuk mencadangkan pesan WhatsApp di iPhone ke MacOS. Kemudian, proses Backup Chat dan data WhatsApp akan berjalan secara otomatis dan dicadangkan ke perangkat MacOS yang terhubung.

Haruskah Mencadangkan Pesan WhatsApp?

Mencadangkan pesan WhatsApp sebenarnya bukanlah kewajiban, karena tergantung dari kebutuhan masing-masing penggunanya. Namun, dengan melakukan backup pesan maupun media lain yang ada pada WhatsApp secara rutin, pengguna bisa mengantisipasi apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Misalnya saja, WhatsApp tersebut digunakan untuk berbisnis dan ada banyak pesan yang berisikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Tentu pesan-pesan ini penting karena digunakan untuk kepentingan kerja. Karenanya, dengan mencadangkan pesan, saat tiba-tiba WhatsApp error atau tiba-tiba terhapus dengan sendirinya, pesan dapat dipulihkan kembali,

Cara memulihkan pesan yang sudah di backup ini pun mudah. Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat atau device yang sedang digunakan telah terhubung dengan Cloud yang digunakan untuk backup sebelumnya. Kemudian, install dan buka WA seperti biasa dan verifikasi nomor telepon. Klik Pulihkan untuk memulihkan chat yang telah dibackup.

Nah, itulah cara backup WA untuk berbagai perangkat atau device yang berbeda-beda. Mengingat untuk beberapa orang pesan-pesan yang ada di dalam WhatsApp sangat penting, tentu pencadangan otomatis harus diaktifkan agar pesan tersebut tidak hilang.