12 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Bagi Pemula Tanpa Ribet

Luarbiasa.id-Berbagai cara mendapatkan uang dari internet tersedia untuk mempermudah warganet mendapatkan pemasukan tambahan. Internet memang sangat berguna dan bisa menjadi sumber hiburan, pendidikan, bahkan penghasilan. Banyak yang sudah mencoba mencari uang dari internet.

Ada yang menggunakan internet sebagai sumber pemasukan tambahan. Tapi ada juga yang menggunakan internet sebagai sumber penghasilan utama. Apapun tujuannya, pastikan untuk mencari tahu berbagai cara memanfaatkan internet agar bisa lebih berguna bagi kehidupan.

Berbagai Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Internet sebenarnya menawarkan banyak sekali kesempatan bagi yang ingin berkembang dan menjadi lebih maju. Segala sesuatu bisa dipelajari dengan sangat mudah di internet. Para pengguna internet juga bisa langsung mempraktekkan apa yang dipelajari sehingga ilmu tersebut bisa langsung berguna.

Di bawah ini beberapa cara untuk memanfaatkan internet agar bisa memberikan penghasilan tambahan. Coba salah satu atau beberapa sekaligus dan buktikan kebenarannya.

1. Bergabung dalam program afiliasi

Bergabung dalam program afiliasi

Bisnis afiliasi merupakan suatu cara yang terbaik untuk menghasilkan uang dari internet. Seorang affiliate bertugas untuk mempromosikan layanan, bisnis, atau produk di platform tertentu. Tujuannya adalah memancing pembeli untuk mengklik link afiliasi yang dibagikan dan membeli suatu produk.

Jika tujuan tersebut tercapai, affiliate akan memperoleh keuntungan dalam persentase tertentu sesuai dengan ketetapan setiap bisnis. Sekarang ini banyak sekali program afiliasi yang bisa diikuti. Penting untuk bergabung dengan program afiliasi tertentu yang sesuai dengan bidang yang diminati.

Misalnya, seseorang yang suka mengunggah video-video tutorial makeup bisa memilih program afiliasi yang berhubungan dengan makeup. Tujuannya adalah agar lebih mudah dalam mempromosikan produk pada para pemirsa yang berminat akan makeup. Program ini bisa dilakukan tanpa modal.

2. Menjalankan kursus online

Menjalankan kursus online

Bagi yang mempunyai keahlian pada suatu bidang, cara memperoleh penghasilan tambahan dari internet ini merupakan yang terbaik. Memberikan kursus sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menciptakan file PDF sederhana untuk dijual kepada orang lain.

Atau bisa juga dengan membuat video yang menarik untuk dibagikan ke TikTok, YouTube, atau media sosial lainnya yang sedang naik daun. Berbagai tema kursus online semakin populer dan banyak dicari, misalnya tentang kesehatan, diet yang aman, digital marketing, skill komputer, dan sebagainya.

Baca Juga:   Gcam Nikita 2.0 Apk Config Mode Malam Versi Terbaru 2023

Salah satu cara lain untuk menjalankan kursus online adalah menciptakan situs web eLearning kemudian menjual berbagai materi di situs web tersebut. Jadi orang-orang yang serius untuk belajar akan menyediakan dana demi mendapatkan video atau file edukasi.

3. Menjadi desainer grafis

Menjadi desainer grafis

Cara mendapatkan uang dari internet yang satu ini tidak bisa ditempuh hanya dalam waktu semalam. Saat ini, profesi desainer grafis sedang dibutuhkan di berbagai bidang usaha karena produksi konten dan digitalisasi semakin meningkat. Bagi yang punya kemampuan menggambar, ambil peluang ini.

Desainer grafis mempunyai jenjang karir yang sama bagusnya dengan web developer. Tapi untuk menjadi desainer grafis diperlukan kemampuan dan skill dalam menggunakan software yang berhubungan dengan desain grafis. Sebelum mencoba cara ini, ambil kursus desain yang dibutuhkan.

Untuk menjadi seorang desainer grafis, sangat penting untuk mempelajari komposisi, teori warna, tipografi, serta tool desain seperti CorelDRAW dan Adobe Illustrator. Saat ini, semuanya bisa dipelajari sendiri secara online tanpa harus menempuh pendidikan tinggi.

4. Bekerja sebagai freelancer

Bekerja sebagai freelancer

Para ibu rumah tangga biasanya membutuhkan pekerjaan yang bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan rumah dan anak-anak. Salah satunya adalah menjadi seorang freelancer. Untuk bisa direkrut sebagai freelancer, pahami kemampuan yang dimiliki lalu tetapkan niche yang diinginkan.

Contohnya, bagi yang mempunyai kemampuan menulis, cari pekerjaan sebagai freelance writer. Hindari mencari berbagai pekerjaan freelance sekaligus dalam berbagai jenis berbeda. Tentukan satu skill kemudian tingkatkan kemampuan tersebut. Ini lebih bagus daripada mengerjakan semua job.

Ada banyak sekali situs web yang bisa digunakan untuk menemukan pekerjaan sebagai freelancer. Agar cara mendapatkan uang dari internet ini bisa berhasil, buat portofolio yang berkualitas sehingga para pencari pekerja freelance akan tertarik dan segera mempekerjakan Anda.

5. Menjalankan bisnis dropshipping

Menjalankan bisnis dropshipping

Menjadi seorang dropshipper merupakan pekerjaan banyak anak muda di era digital sekarang ini. Cara memperoleh penghasilan dari internet ini bisa dilakukan tanpa menggunakan modal sedikitpun. Seorang dropshipper hanya perlu menjual produk langsung dari supplier kepada para pelanggan.

Dropshipper tidak perlu mempersiapkan gudang sendiri apalagi menyetok barang di gudang tersebut. Cara menjadi dropshipper sangat mudah, tapi perlu diingat bahwa ada berbagai hal yang perlu diingat saat akan memulai bisnis ini dengan mudah. Pertama adalah persaingan yang ketat.

Persaingan ketat mengharuskan calon dropshipper untuk mencari produk yang sangat dibutuhkan sehingga produk tersebut akan selalu laku. Dan yang kedua adalah memilih supplier yang bisa dipercaya dan selalu menyediakan barang yang bagus agar pelanggan tidak kecewa.

Baca Juga:   Cara Transfer Pulsa Telkomsel Ke Sesama dan Operator Lain

6. Menjual foto secara online

Menjual foto secara online

Bagi yang suka mengambil foto menarik dengan kamera berkualitas atau kamera HP, menjual foto secara online menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan yang sangat menarik. Sambil menikmati hobi bisa sekalian mendapatkan penghasilan tambahan.

Berbagai pemilik bisnis dan perusahaan membutuhkan stok konten yang bermanfaat bagi keperluan website, iklan, dan marketing. Para pembeli ini akan selalu mencari konten yang unik dan fresh sehingga perusahaan mampu menarik perhatian lebih banyak pelanggan.

Ciptakan situs web khusus untuk fotografi kemudian jual foto di situs web tersebut. Atau bisa juga membuat akun di berbagai marketplace kemudian mengunggah konten digital yang akan dijual ke marketplace tersebut. Cara mendapatkan uang dari internet ini adalah yang paling menyenangkan.

7. Menjawab survey online berbayar

Menjawab survey online berbayar

Banyak yang tertarik untuk mencoba cara yang satu ini karena nominal penghasilan yang dijanjikan. Saat ini, ada banyak sekali perusahaan yang mau membayar para peserta untuk ikut serta dalam program survey mereka. Tujuannya adalah untuk keperluan analisis perilaku konsumen.

Tujuan lain program survey ini adalah untuk riset pasar dan membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang tepat, misalnya jenis produk paling laris yang bisa dijual. Tapi ada beberapa hal yang membuat orang-orang ragu untuk mengikuti survey semacam ini.

Misalnya adalah demografi yang terbatas, sehingga survey tidak ditujukan bagi semua orang dan hanya menargetkan kalangan tertentu saja. Atau bayaran yang cukup rendah yaitu antara 0,5 hingga 3 dollar per survey. Sayangnya, uang baru bisa ditarik jika sudah mencapai batas tertentu.

8. Menjadi content creator TikTok

Menjadi content creator TikTok

Saat ini TikTok sudah sangat berkembang dan fitur yang dihadirkan juga semakin banyak. Ada berbagai konten menarik di platform ini dan banyak konten tersebut sangat bermanfaat bagi para penontonnya. Konten seni, tutorial, edukasi, duet musik, dan sebagainya bisa ditemukan dengan sangat mudah.

Cara mendapatkan uang dari internet melalui TikTok adalah bergabung sebagai content creator dan bukan sekedar menjadi penikmat video yang ada saja. Untuk menjadi content creator, video yang dibuat harus bisa masuk ke FYP dan konten harus diupload secara konsisten.

Manfaatkan tren dan hashtag agar video yang diunggah bisa menarik perhatian lebih banyak orang. Kualitas video yang diunggah juga harus bagus. Untuk membuat video berkualitas bagus, pahami caranya membuat transisi video dan membuat video tampak lebih menarik.

9. Menjadi seorang YouTuber

Menjadi seorang YouTuber

Banyak YouTuber di Indonesia yang berhasil menjadi jutawan berkat platform yang terkenal ini. Untuk menjadi seorang YouTuber, langkah pertama adalah mendaftar di Partner Program kemudian memastikan bahwa channel yang dibuat memenuhi syarat untuk monetisasi.

Baca Juga:   Cara Transfer OVO ke DANA Gratis Terbaru 2023 Tanpa Upgrade

Cara paling terkenal untuk memperoleh uang dari YouTube adalah dengan memanfaatkan iklan. Tapi bisa juga dengan mencoba cara monetisasi lainnya, seperti menggunakan Super Stickers, Super Chat, langganan channel, merchandise, serta YouTube BrandConnect.

YouTube membebaskan para pembuat konten untuk mengunggah konten dari niche apapun. Channel harus diperlakukan seperti blog, artinya konten harus diunggah secara konsisten dan rutin sehingga bisa memperoleh subscriber dan view yang lebih banyak. Coba cara gratis ini untuk mendapat uang.

10. Berjualan di aplikasi TikTok

Berjualan di aplikasi TikTok

Awalnya, TikTok hanya dirancang untuk menyediakan konten yang menghibur, mirip dengan Instagram. Tapi dengan semakin berkembangnya zaman, TikTok juga semakin berkembang dan sudah menghadirkan fitur yang bernama TikTok Shop dan memungkinkan pemilik akun untuk berjualan.

Selain menyediakan konten yang menarik, content creator yang memanfaatkan platform TikTok juga bisa sekalian menjual produknya. Ada berbagai layanan pengiriman yang sudah didukung oleh TikTok sehingga para pelanggan akan lebih nyaman dalam membeli barang di aplikasi ini.

Cara mendapatkan uang dari internet ini sangat cocok bagi para pedagang online yang sudah berjualan di marketplace lainnya, seperti Shopee atau Tokopedia. Tinggal buka saja akun jualan di TikTok dan lakukan penjualan seperti biasa.

11. Berjualan barang preloved

Berjualan barang preloved

Barang preloved atau barang bekas bisa diubah menjadi uang dengan cara dijual secara online. Saat ini banyak sekali anak muda yang suka berbelanja barang di thrift shop, baik secara offline maupun online. Bagi yang punya banyak pakaian layak pakai yang sudah tidak muat, jual saja di Carousell.

Carousell merupakan platform yang memungkinkan warganet untuk menjual berbagai barang yang sudah tidak digunakan lagi karena bosan dengan modelnya, ukuran terlalu besar, atau sudah kekecilan. Model yang dibutuhkan untuk mencoba cara ini relatif kecil dan bahkan bisa tanpa modal sama sekali.

Cuci dulu produk yang akan dijual kemudian rapikan dan ambil foto terbaik dari setiap produk. Setelah itu pajang produk-produk yang akan dijual di etalase Carousell. Saat akan mengirimkan produk ke pembeli, gunakan kemasan yang tampak bagus dan menarik agar pelanggan semakin jatuh hati.

12. Membuat subtitle untuk film

Membuat subtitle untuk film

Banyak orang semakin tertarik untuk mengunduh film dan menontonnya di rumah sejak pandemi melanda. Manfaatkan kesempatan ini dengan menjual subtitle untuk berbagai film terbaru. Pastikan subtitle yang dibuat bagus dan akurat sehingga pelanggan akan terus memakai subtitle buatan Anda.

Masih banyak cara mendapatkan uang dari internet yang bisa dipelajari. Tapi yang paling mudah dan membutuhkan sedikit modal adalah 12 cara di atas. Coba salah satu cara terlebih dahulu dan tekuni cara itu jika hasilnya sudah terasa. Atau coba cara lain yang lebih efektif.

Baca juga artikel seputar penghasil uang: