6 Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis di Android Dan Penyebabnya

Luarbiasa.id – Cara mengatasi baterai cepat habis pada device kalian sebenarnya cukup mudah, namun tergantung dari masalahnya. Ada banyak penyebab yang membuat handphone kalian mengalami masalah tersebut, untuk itu, kami sarankan untuk mengetahui sumber masalahnya terlebih dahulu. Lalu pencegahan juga mesti dilakukan, agar kelak baterai kalian bisa tetap sehat.

Di zaman yang sudah mulai canggih ini, sebenarnya baterai handphone kebanyakan memiliki kapasitas yang lumayan besar, yang membuatnya bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Namun, tidak perduli mengenai seberapa besarnya, masalah yang akan membuatnya cepat terkuras biasanya akan tetap sama. Salah satu contohnya adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang, meskipun tidak digunakan, mereka akan tetap menkonsumsi daya pada handphone kalian.

Lalu apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah seperti ini? Tentu saja ada, namun kami akan membicarakannya nanti. Selain itu, kalian juga perlu melakukan sebuah pencegahan, agar kelak baterai kalian tidak akan cepat terkuras. Pembahasan mengenai semua yang berhubungan dengan baterai handphone, akan dimulai setelah ini.

Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis

Merasa baterai handphone kalian terkuras dengan sangat cepat? Jangan khawatir, kami sudah menyiapkan beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Bagi kalian yang penasaran mengenai langkah apa saja yang mesti dilakukan, langsung saja lihat poin-poin berikut.

Turunkan Kecerahan Layar Handphone

Ini adalah salah stau penyebab utama yang membuat baterai device kalian cepat terkuras. Ketika di luar ruangan, kondisi layar handphone kita memang agak sulit untuk dilihat. Apalagi kita brada di dalam kondisi yang memang harus memantau notifikasi pesan masuk, seperti saat menunggu teman, ataupun ojek online sebagai contohnya.

Dibawah terik sinar matahari yang lumayan silau, mau tidak mau kita mesti menaikkan kecerahan layar handphone bukan? Jika tidak, apakah ada solusi lainnya? Untuk mengatasi masalah ini, silahkan untuk menunggunya di dalam sebuah bangunan seperti mini market, ataupun tempat teduh lainnya. Dengan begini, kalian tidak perlu membuat kecerahannya berada pada setting maksimal.

Baca Juga:   Cara Menghapus Cache iPhone Pada Browser dan Aplikasi

Matikan Layar Handphone

Jika kalian berada pada posisi dimana memang harus menghemat baterai, kami sarankan untuk menggunakan handphone kalian pada saat-saat yang penting saja. Seperti membalas pesan penting, atau mengangkat telepon. Penggunaan lain seperti menonton video TikTok, YouTube, dan mengakses sosial media, akan membuat baterai kalian terkuras. Ini bisa menjadi solusi dan cara untuk mengatasi baterai yang cepat habis.

Matikan Suara Keyboard

Siapa sangka hal seremeh ini dapat mengkonsumsi daya baterai kalian, memang benar, hal-hal semacam ini sebenarnya tidak terlalu penting. Untuk itu lebih baik dimatikan saja, apalagi baterai kalian sedang ada pada posisi yang low. Untuk mematikannya pergi ke setting, cari menu keyboard, lalu matikan suara ketikan.

Bersihkan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Banyak terinstall aplikasi yang otomatis berjalan meskipun kalian tidak mengaksesnya sama sekali? Contohnya adalah anti virus yang setiap beberapa saat melakukan pemindaian pada device kalian. Ini juga bisa menjadi masalah utama yang membuat baterai kalian akan merosot dengan cepat. Kalau tidak terlalu penting, silahkan uninstall saja.

Karena aplikasi semacam itu, selain menguras baterai, juga memakan ram yang lumayan banyak. Menurut kami ini adalah cara paling ampuh untuk mengatasi baterai cepat habis. Silahkan lihat informasi mengenai aplikasi apa saja yang banyak mengkonsumsi daya pada setting baterai handphone kalian. Jika tidak bisa menemukannya, kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi.

Berhenti Bermain Game dengan Grafik Berat

Ini adalah penyebab lainnya yang membuat baterai bisa terkuras dengan waktu yang lumayan sebentar, namun kejadian semacam ini normal. Game seperti Mobile Legends, yang memerlukan waktu lama untuk menyelesaikannya, adalah yang perlu kalian awasi juga. Maksud kami adalah, ketika kalian memang harus menghemat baterai, jangan memainkan semacam ini dulu. Tunggu sampai kalian berada dekat dengan stop kontak, untuk melakukan proses charge baterai.

Atau kalau hal tersebut malah membuat kalian tidak nyaman, alternatifnya adalah memainkan game offline, dengan grafik yang lumayan bersahabat. Dengan begini, kalian bisa terhibur, dan baterai pun akan aman. Jadi tolong diperhatikan, mengenai masalah yang satu ini.

Nyalakan Penghemat Daya Adalah Cara Ampuh Untuk Mengatasi Baterai Cepat Habis

Ini adalah cara yang paling kami rekomendasikan. Ketika kalian mencoba berbagai macam cara, namun baterai masih tersedot lumayan besar, cara untuk menyelesaikannya adalah dengan mengaktifkan software penghemat daya. Setiap handphone sebenarnya memiliki fitur ini didalamnya, untuk mengaktifkannya bisa dilakukan dengan cara manual, atau otomatis.

Baca Juga:   Cek Resi Indah Logistik Cargo Untuk Lacak Pengiriman Barang

Untuk yang manual, seperti namanya, kalian perlu menyalakannya sendiri pada setting di bagian baterai. Bagi yang otomatis, device kalian akan memberikan notifikasi ketika kondisi baterai kalian mencapai posisi tertentu. Jika kalian menekan oke, maka fitur tersebut akan aktif, dan tampilan handphone akan sedikit berbeda. Ini merupakan tanda yang paling jelas untuk mengetahuinya, cara lainnya adalah dengan melihat warna baterai, yang ada di atas kanan atau kiri layar.

Jika cara mengatasi baterai cepat habis yang satu ini kalian ikuti, maka tampilan daya nya akan berubah menjadi warna kuning. Cara kerja dari fitur ini sebenarnya simpel, yaitu membatasi, dan menutup aplikasi yang memakan banyak daya. Untuk mengeceknya, kalian bisa mengetuk game, maka sebelum terbuka, akan ada notif yang mengatakan bahwa jika kalian menggunakan ini, maka baterai tetap akan tersedot banyak.

Makanya, tampilan device akan berubah, dan hanya memunculkan aplikasi bawaan saja. Perangkat kalian sudah yakin kalau aplikasi yang sudah terinstall sejak awal tidak akan banyak memakan daya. Jadi kalian bisa bebas menggunakan apa saja yang perangkat kalian sediakan. Satu lagi, karena Whatsapp tergolong penting dalam beberapa kasus, maka sistem device juga akan memasukan aplikasi berkirim pesan tersebut di dalamnya. Asal jangan membuka status saja, maka kalian bisa dibilang aman.

Baca juga: Cara Backup WhatsApp di Android, iPhone dan Windows

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis

Penyebab, dan Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis

Karena bagian cara sudah kami bicarakan diatas, sekarang waktunya untuk kalian mengetahui apa saja yang membuat baterai bisa terkuras dengan cepat. Dengan ini, kalian akan tahu masalah apa yang sebenarnya menimpa handphone yang dimiliki, sehingga mengalami masalah demikian.

Baterai Bocor

Ini adalah masalah yang sering terjadi, namun kebanyakan orang tidak menyadarinya sama sekali. Ciri-cirinya dapat dengan mudah untuk kalian kenali. Salah satunya adalah baterai handphone yang turun dengan kecepatan drastis. Meskipun kondisi baterai pada angka full, atau 100%, dan sudah di charge belum lama, totalnya daya nya akan turun dengan jumlah yang lumayan banyak hanya dengan beberapa jam saja.

Baca Juga:   7 Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Chat Tanpa Aplikasi

Jika baterai handphone kalian cepat habis karena masalah ini, tidak akan ada cara untuk mengatasi hal tersebut selain menggantinya dengan yang baru. Budget yang dibutuhkan bervariasi, tergantung dengan jenis baterai yang kalian gunakan.

Banyak Aplikasi Latar Belakang yang Berjalan

Ini juga menjadi masalah umum yang sering dilewatkan oleh orang-orang, padahal ciri-cirinya mudah untuk dikenali. Handphone kalian sering terasa panas walaupun menggunakan aplikasi yang ringan? Penyebabnya adalah aplikasi yang berjalan dilatar belakang device kalian, untuk mengeceknya mudah, kalian hanya perlu masuk ke informasi daya, lalu lihat aplikasi apa yang menguras daya. Bisa dilihat dari total persen (%) nya, nama aplikasinya juga akan muncul.

Untuk mengatasi masalah tersebut bisa melalui dua cara. Yang pertama adalah dengan menguninstallnya, ini merupakan cara termudah. Jika aplikasi tersebut dirasa tidak begitu penting, silahkan untuk langsung menghapusnya saja. Berikutnya adalah memaksa aplikasi tersebut berhenti, atau dengan kata lain melakuan force close.

Cara Mengatasi, dan Pencegahan Agar Baterai Tidak Cepat Habis

Cara Mengatasi, dan Pencegahan Agar Baterai Tidak Cepat Habis

Informasi ini akan menjadi penting jika kalian memang memperhatikan kesehatan baterai handphone. Sebelum masalahnya terjadi, ada pencegahan yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kondisi daya, agar bisa terus bertahan dengan waktu lama.

Tidak Mengecas Handphone Saat Tidur Adalah Salah Satu Cara Untuk Mencegah Baterai Supaya Tidak Cepat Habis

Ini adalah penyebab utama kebocoran baterai pada kebanyakan handphone. Sudah menjadi informasi umum kalau tidur malam membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 6-8 jam. Sementara baterai handphone hanya membutuhkan 2 jam saja sampai daya nya terisi dengan penuh, yaitu 100%. Lalu apa yang terjadi jika baterai kalian mengalami overcharge? Selain merusak kesehatan baterai, hal ini juga dapat membuatnya bocor.

Kurangi Bermain Game Berat Sambil Mencharge Handphone

Ini adalah masalah berikutnya yang membuat kesehatan baterai menurun, alias boros. Bermain game berat sendiri, apalagi device kalian tidak memenuhi spesifikasi yang disediakan saja sudah membuat handphone panas. Ditambah proses pengecasan, meskipun tidak terjadi seketika, efeknya akan terasa secara pelan-pelan.

Baca juga: Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air Pada Android

Kesimpulan

Cara mengatasi baterai agar tidak cepat habis sebenarnya banyak, langkah-langkahnya bisa kalian temukan di atas. Selain itu, penyebab, dan pencegahannya sudah kami sediakan juga. Baca informasi yang ada pada artikel ini, agar kondisi daya pada handphone kalian bisa tetap sehat, dan terjaga.