Cara Salin Link Instagram Sendiri (Postingan, Reel Story dan Foto)

Luarbiasa.id-Ada banyak hal yang bisa dilakukan menggunakan sosial media yang awalnya terkenal sebagai tempat berbagi foto dan media ini, yaitu Instagram. Salah satu yang bisa kita lakukan sekarang di Instagram selain berbagi foto dan video adalah berbagi link. Lalu, cara salin link Instagram sendiri seperti apa?

Bagi Anda yang ingin membagikan link apapun itu di Instagram, ada beberapa cara salin link Instagram sendiri yang Anda perlu tahu dan perhatikan. Di sini kami akan bagikan informasi selengkapnya untuk Anda!

Cara Salin Link Instagram Sendiri

Ada banyak alasan orang menyalin link Instagram mulai dari untuk mempromosikan suatu konten di link yang diinginkan baik konten milik sendiri atau konten orang lain, membagikan suatu konten ke sosial media lain atau alasan lainnya.

Apapun alasannya, berikut kami ulas bagaimana cara salin link Instagram sendiri yang bisa dicoba :

Cara salin link Instagram akun pribadi

Untuk menyalin link Instagram pada akun sendiri atau akun pribadi, tata caranya sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Instagram Anda di perangkat
  • Buka pada halaman Profil akun
  • Lihat username yang terdapat di sebelah kiri atas
  • Tuliskan URL alamat Instagram dengan username tersebut.
  • Salin link URL ke browser untuk membuka profil Instagram
  • Selesai

salin link ig sendiri

Cara salin link Instagram melalui browser

Atau mungkin Anda bukan pengguna aplikasi Instagram dan hanya menggunakan Instagram melalui browser saja?

Anda juga bisa menyalin link Instagram menggunakan browser. Kalau Anda ingin menyalin link Instagram di browser, tata caranya sebagai berikut :

  • Buka browser di perangkat Anda
  • Ketik alamat Instagram.com pada browser tersebut
  • Masuk akun log in Instagram
  • Pilih pada halaman profil yang terdapat di sebelah kanan bagian atas
  • Lihat pada alamat situs dan pilih copy untuk membagikan link URL Anda

Cara salin link Instagram video atau foto

Untuk menyalin link Instagram video atau pun foto, tata caranya sebagai berikut :

  • Buka browser pada perangkat Anda
  • Masuk ke menu akun
  • Pilih foto atau pun video yang Anda ingin bagikan
  • Pilih tanda titik tiga yang terletak di bagian sebelah kanan atas
  • Klik pada pilihan salin tautan
  • Link URL foto dan video secara otomatis dapat dibagikan

Atau tidak ingin membagikan tautan konten sendiri melainkan ingin membagikan tautan konten milik orang lain?

Baca Juga:   Kenapa Lagu di Joox Hilang? Berikut Penyebab dan Mengatasinya

salin link ig sendiri

Cara Salin Link Instagram Konten Orang Lain

Ketika ada postingan yang muncul di beranda Instagram dan postingan tersebut terkesan unik, menarik, lucu, berisi pesan yang bagus atau apapun itu yang intinya ingin kita sebarkan ke orang lain, Anda bisa menyalin link tersebut untuk dibagikan ke orang lain.

Anda bisa kirim link tersebut ke sosial media lain atau dikirim ke teman Instagram via DM. Cara salin link Instagram konten orang lain sebagai berikut :

  • Buka pada aplikasi Instagram
  • Buka akun Instagram Anda
  • Pada menu search di akun Instagram Anda, cari dan kunjungi nama akun IG yang kontennya ingin Anda salin
  • Kalau sudah ketemu, klik konten IG tersebut
  • Tunggu sebentar, Instagram akan membuka konten tersebut secara penuh
  • Klik pada icon panah yang terdapat di bagian sebelah kanan bawah untuk menyalin dari link postingannya.
  • Akan muncul beberapa menu
  • Klik pada menu Copy URL.
  • Selesai, bisa Anda kirim ke sosial media lain, ke teman atau ke DM (direct message) instagram.

Namun kalau untuk dikirim via DM Instagram, ada cara lebih simple yang bisa dilakukan. Bagaimana cara tersebut?

Cara mengirim konten ke teman via DM Instagram sebagai berikut :

  • Kalau Anda sudah menemukan konten yang ingin dibagikan atau dikirim via direct message (DM) Instagram, klik pada icon panah yang terdapat pada postingan.
  • Klik username IG yang Anda ingin kirimi konten menarik di kolom pencarian.
  • Setelah username IG-nya sudah ketemu, klik pada menu Kirim
  • Konten yang Anda bagikan pun akan langsung masuk segera ke direct message atau DM orang atau pemilik akun yang Anda tuju.

Selain cara salin link Instagram sendiri dan atau pun link konten orang lain sebagaimana yang kita sudah bahas sebelumnya, ada beberapa hal lain tentang Instagram yang juga menarik dibahas yaitu fitur – fiturnya. Apa saja fitur – fitur terbaru yang kita dapat temukan di Instagram?

Fitur – Fitur Instagram Terbaru

Instagram punya banyak fitur yang membuat pengguna betah berlama – lama berselancar di sana. Beberapa fitur menarik yang Instagram punya dan sangat menarik serta membantu akselerasi pengguna di Instagram, di antaranya :

Add yours nominations

Apa itu add yours nominations?

Fitur bernama ‘add yours nominations’ merupakan fitur ekstra atau fitur tambahan dari stiker bertajuk ‘add yours’ yang nantinya akan muncul tombol ‘pass it on’ pada bagian bawah postingan ‘Add Yours’.

Ketika Anda menggunakannya, maka Anda bisa memilih dan meminta teman – teman di Instagram untuk menggunggah postingan ‘Add Yours’ versi mereka namun dengan tema ‘Add Yours’ yang sesuai.

Collaborative collections

Collaborative collections merupakan suatu fitur yang memungkinkan bagi pengguna untuk dapat menyimpan atau pun membagikan postingan orang lain tanpa menghilangkan nama akun Instagram dari orang yang mengunggah suatu postingan.

Baca Juga:   Voice AI Apk Free Versi Terbaru Untuk Android, iOS dan Windows

Instagram reels

Popularitas TikTok yang naik belakangan ini menjadi latar belakang fitur ‘instagram reels’ ini dihadirkan oleh Instagram.

Instagram reels merupakan suatu fitur berbagi video dengan musik berdurasi singkat yang mirip konsep berbagi video pada TikTok. Beragam efek menarik yang bisa ditambahkan untuk membuat video pendek yang diunggah semakin terkesan ‘eksklusif’ pun diberikan oleh Instagram.

My account was hacked

Apa itu fitur ‘My account was hacked’? Fitur ini merupakan suatu fitur yang hadir untuk membantu pengguna Instagram agar lebih mudah dalam mengembalikan akun yang diretas atau dihack orang tak bertanggungjawab.

Dengan adanya fitur ini, diharapkan nantinya pengguna atau pemilik akun yang diretas dapat lebih mudah memulihkan akunnya. Namun fitur ini hanya bisa ditemukan pada landing page di Instagram.com/hacked.

Melalui landing page tersebut, Anda meminta pertolongan atau bantuan untuk menyelamatkan akun dari suatu tindakan peretasan. Anda hanya perlu mengakses landing page Instagram.com/hacked dan kemudian pilih menu ‘My account was hacked’ yang tersedia.

Tak hanya dapat membantu mengembalikan atau memulihkan akun yang diretas, fitur ini juga dapat membantu pengguna yang lupa kata sandia tau tidak bisa mendapatkan kode OTP dapat mengakses akunnya kembali. Fitur ini juga dapat digunakan melaporkan akun yang meniru akun yang kita punya. Jadi banyak sekali manfaat dari fitur yang satu ini.

Leave a note

Sebenarnya fitur ini sudah mulai diuji coba Instagram Juli 2022 lalu, akan tetapi memang baru diluncurkan pada awal Januari 2023 ini.

Fitur Leave a note yang dihadirkan oleh Instagram merupakan sebuah fitur yang vibesnya akan mengingatkan pengguna BBM (Blackberry Messenger) zaman dahulu. Kalau Anda sempat menggunakan Blackberry Messenger, mungkin sudah tidak akan asing dengan fitur ini.

Tersedia kolom note yang dibatasi 60 karakter, di sana pengguna dapat menuliskan teks note singkat apapun. Note tersebut akan bertahan dalam kurun waktu 24 jam. Note-nya sendiri dapat diatur untuk dibagikan ke semua teman atau ke teman dekat saja. Selain itu, pengguna juga dapat komen atau membalas note dari pengguna lainnya.

Kalau Anda belum pernah mencoba fitur ini, cobalah segera. Cara pakainya juga sangat mudah kok. Anda hanya perlu membuka Instagram, geser layar ke kanan (buka direct message) kemudian fiturnya akan terlihat di bagian atas pesan Instagram atau DM. Ketuk kolom note yang tersedia, kemudian pilih leave a note dan masukkan catatan atau note yang Anda inginkan.

Candid stories

Candid stories merupakan sebuah fitur yang mana pengguna dapat membagikan kegiatan terkini mereka dari kamera depan dan juga kamera belakang. Nantinya, Candid Stories bisa dibuat melalui notifikasi yang akan muncul pada aplikasi setelah konten Candid Stories pertama dibuat.

Baca Juga:   Cara Bayar Tagihan Wifi CBN Lewat M-banking BCA

Kalau Anda pengguna BeReal, mungkin Anda akan mengingat fitur ini sangat mirip dengan postingan yang diunggah di BeReal. Oh ya, fitur ini juga sedang diuji coba di Facebook Stories.

Group profile

Fitur bernama group profile ini merupakan sebuah fitur yang sangat memungkinkan bagi pengguna untuk dapat membuat suatu  grup yang dapat menampung foto, video atau postingan dari seluruh anggota grup yang ada di dalam satu Instagram feed.

Nantinya konten yang diunggah ke group profile ini hanya dapat dilihat oleh anggota grup. Jadi kalau ingin curhat atau cerita – cerita private di group profile tentang suatu bahasan bisa banget!

Fitur restrict untuk anti bullying

Instagram menunjukkan komitmennya untuk membatasi perilaku bullying terhadap seseorang yaitu salah satunya dengan menghadirkan fitur restrict yang dapat digunakan.

Fitur restrict ini didesain secara khusus untuk membatasi pengguna Instagram yang ingin melakukan bullying kepada pengguna lain. Fitur ini berbeda dengan block.

Jadi jika fitur restrict diaktifkan pada seorang pengguna, maka pengguna yang di-restrict tersebut tetap dapat berteman dengan suatu akun dan tetap dapat mengirim pesan ke suatu akun namun pesan tersebut akan masuk di ‘request message’ atau permintaan perpesanan.

Cara menggunakan fitur restrict di Instagram juga sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke akun pengguna Instagram yang akan di restrict. Kemudian tap pada bagian tombol titik tiga di sebelah kanan atas dan tap restrict atau batasi. Selamat mencoba!

Activity

Fitur yang satu ini sangat bermanfaat untuk mengontrol penggunaan akun Instagram Anda. Jadi kalau Anda sudah merasa kecanduan Instagram, Anda bisa mengontrolnya dengan fitur activity ini.

Melalui fitur ini, Anda bisa mengecek berapa lama Anda aktif atau bermain Instagram setiap harinya dengan satuan menit. Fitur ini juga menyediakan alarm untuk membatasi waktu Anda bermain Instagram.

Dengan begitu Anda tak perlu khawatir kebablasan menggunakan Instagram atau bahkan sampai kecanduan. Cara menggunakan fitur activity ini di Instagram juga cukup mudah, caranya sebagai berikut :

  • Masuk pada halaman akun atau account
  • Tap pada tombol titik tiga di pojok kanan sebelah atas
  • Tap pada opsi Your Activity

Dark mode

Tak hanya di WhatsApp saja yang ada fitur dark mode, di IG juga ada. Jadi kalau Anda kurang suka dengan tampilan Instagram yang latar belakangnya terang, Anda bisa aktifkan mode dark mode ini.

Baca juga: 4 Cara Live di Instagram di Laptop dan Hp Anti Ribet

Instagram music

Dengan Instagram musik, Anda dapat menambahkan musik pada postingan entah itu gambar atau pun video yang Anda unggah. Dengan begitu foto atau video yang Anda unggah tidak terlalu sepi dan menarik dengan musik yang menjadi latar belakang unggahan Anda tersebut.

Itulah sedikit informasi yang kami dapat bagikan terkait cara salin link Instagram sendiri yang bisa dilakukan secara mudah dan lengkap. Semoga apa yang kami bagikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat.