Jadwal Jam FYP TikTok Setiap Hari (Senin-Minggu)

Luarbiasa.id-Selain Instagram, aplikasi media sosial lain yang sangat terkenal di Indonesia adalah TikTok. Aplikasi media sosial yang satu ini menawarkan konten video, tidak seperti Instagram yang didominasi oleh konten foto. Dalam TikTok, ada istilah yang dikenal sebagai FYP dan jam FYP TikTok.

FYP sendiri merupakan singkatan untuk For You Page atau halaman beranda yang akan menampilkan konten yang viral. Banyak pengguna TikTok berusaha untuk mengupload konten yang muncul di FYP agar video tersebut menjadi viral. Tujuannya adalah untuk menambah jumlah like dan follower.

Mengenal FYP TikTok Lebih Jauh

Mengenal FYP TikTok Lebih Jauh

Video apa saja yang akan muncul di halaman FYP ini? Biasanya, video yang muncul di bagian ini akan random, sesuai dengan minat masyarakat pada saat itu. Misalnya, kalau seorang pengguna TikTok sering menyukai video yang berhubungan dengan makeup, banyak video makeup akan muncul di FYP.

Jadi video yang paling diminati oleh setiap pengguna TikTok adalah video yang akan muncul di FYP. Jika suatu video berhasil muncul di FYP, pengunggah video itu biasanya akan sangat senang karena jumlah penonton video akan langsung bertambah dibandingkan dengan yang gagal muncul di FYP.

Sayangnya, tidak mudah untuk memunculkan video di bagian FYP. Content creator yang ingin videonya muncul di FYP TikTok wajib memahami mekanisme khusus dan mengikuti jam yang berlaku sehingga bisa memunculkan video buatannya ke beranda atau FYP.

Jam FYP TikTok yang Perlu Diikuti

Jam FYP TikTok yang Perlu Diikuti

Ada suatu jadwal yang diikuti oleh banyak content creator dalam mengunggah video di TikTok dengan harapan video tersebut muncul di bagian FYP dan mampu menggaet lebih banyak penonton. Sebenarnya jadwal ini tidak menjamin video bisa langsung masuk ke FYP.

Tapi boleh juga untuk mencoba mengikuti jadwal ini, siapa tahu video yang diunggah bisa benar-benar masuk ke FYP dan sukses mendapatkan lebih banyak penonton.

1. Senin

Jam berapa sebaiknya mengunggah video di TikTok pada hari Senin? Hari Senin merupakan hari yang sangat sibuk sehingga sebagian besar orang jarang menikmati konten di TikTok. Tapi ada juga orang-orang yang menyempatkan diri untuk menikmati video di TikTok pada waktu senggang.

Baca Juga:   Cara Mengaktifkan BRI Mobile Tanpa Ke Bank Lewat HP

Waktu senggang pada hari Senin adalah setelah pulang kerja, yaitu sekitar pukul 6 sore. Coba posting video di aplikasi TikTok pada jam-jam ini. Bisa jadi, video yang diunggah akan lebih mudah masuk ke bagian FYP.

2. Selasa

Dibandingkan dengan hari Senin, hari Selasa sudah agak santai sehingga banyak orang bisa mempunyai lebih banyak waktu untuk menikmati konten di TikTok. Ada dua sesi jam FYP TikTok yang bisa diikuti agar video TikTok yang diunggah bisa masuk ke FYP.

Sesi pertama adalah pada jam makan siang, yaitu antara jam 11 pagi hingga jam 1 siang. Kemudian sesi kedua adalah pada jam pulang kerja, yaitu antara jam 6 sore sampai jam 9 malam. Boleh pilih salah satu sesi untuk mengunggah video atau bisa juga mengunggah video di kedua sesi tersebut.

3. Rabu

Tidak ada perbedaan mencolok antara hari Selasa dan hari Rabu. Dua hari ini adalah hari yang tidak terlalu sibuk seperti hari Senin tapi juga tidak terlalu senggang karena belum mendekati akhir pekan. Jadi jam posting konten ke aplikasi TikTok kurang lebih sama dengan jam posting pada hari Selasa.

Sesi pertama dimulai pada jam 11 pagi dan berakhir pada jam 1 siang. Kemudian sesi kedua dimulai pada jam 6 sore dan diakhiri pada jam 9 malam. Di luar dua sesi tersebut, content creator boleh tetap mengunggah video ke TikTok tapi bisa jadi akan lebih sulit untuk masuk ke bagian FYP.

4. Kamis

Karena sudah mulai mendekati akhir pekan, banyak orang mulai lebih aktif menggunakan media sosial. Beberapa orang bahkan sudah bisa mengakses TikTok sejak jam 10 pagi. Jadi, jam FYP TikTok pun ikut maju, yaitu dimulai pada jam 10 pagi sampai jam 1 siang.

Dan seperti tiga hari sebelumnya, content creator juga bisa mengunggah video ke TikTok mulai jam 6 sore setelah jam pulang kerja.

5. Jumat

Ada sedikit perbedaan jam posting khusus untuk hari Jumat. Biasanya, para pekerja akan bekerja keras di pagi hari dan menikmati lebih banyak waktu istirahat di akhir hari. Maka, jam posting di TikTok pun akan menyesuaikan kesibukan ini.

Jadwal yang disarankan untuk mengunggah konten di TikTok adalah mulai dari jam 3 sore hingga malam hari. Bagi sebagian besar pekerja, hari Jumat adalah hari terakhir bekerja sehingga segala macam aktivitas menarik bisa dimulai di akhir hari Jumat, termasuk menonton konten di TikTok.

Baca Juga:   Ssstiktok Download MP4 dan MP3 Dari Video TikTok Tanpa Watermark

6. Sabtu dan Minggu

Akhir pekan adalah waktu terbaik untuk mengunggah konten TikTok karena hampir semua pekerja libur pada akhir pekan sehingga bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk menikmati konten menarik di TikTok. Posting video di aplikasi TikTok bisa dimulai pada pagi hari sampai sore hari.

Agar FYP, coba untuk mengikuti jadwal yang ada di atas saat akan mengunggah konten di TikTok. Siapa tahu video yang diunggah bisa benar-benar masuk ke FYP dan berhasil menarik perhatian lebih banyak penonton sehingga video bisa menjadi viral.

Manfaat Masuk ke FYP TikTok

Manfaat Masuk ke FYP TikTok

Membuat konten menjadi viral sebenarnya bukan satu-satunya alasan banyak orang ingin masuk ke FYP. Video yang berhasil masuk ke FYP akan memberikan banyak manfaat bagi pembuatnya. Di bawah ini beberapa manfaat yang diharapkan oleh content creator dengan memasukkan video ke FYP.

1. Memperoleh exposure

Manfaat pertama memahami jam FYP TikTok dan memasukkan video ke halaman ini adalah memperoleh lebih banyak exposure. TikTok biasanya akan lebih ramai dikunjungi pada jam-jam tertentu. Jika content creator memposting video pada waktu yang tepat, exposure video bisa meningkat.

Exposure yang meningkat juga memberikan keuntungan lainnya, yaitu semakin banyak orang yang melihat video tersebut, semakin besar peluang video masuk ke FYP. Penonton video yang tadinya hanya teman-teman saja bisa bertambah karena video bisa dilihat oleh orang asing yang tidak dikenal.

2. Peluang untuk kerja sama

Video yang dilihat oleh semakin banyak orang akan menjadi semakin terkenal. Bahkan ada juga akun official yang bisa jadi menonton konten yang masuk ke FYP. Jika akun official tersebut tertarik dan mengajak kerja sama, pengunggah video mendapatkan peluang untuk meraih keuntungan.

Pastikan untuk membuat konten yang kualitasnya benar-benar bagus. Jika beruntung dan video menjadi viral, maka kerja sama dengan berbagai pihak bukan tidak mungkin untuk diraih. Semakin banyak kerja sama berarti semakin besar keuntungan yang bisa didapatkan.

3. Jumlah follower meningkat

Manfaat lain memahami jam FYP TikTok adalah mendapatkan follower. Jika video yang diunggah berhasil masuk ke FYP dan ditemukan oleh orang yang minatnya sama, bisa jadi orang itu akan langsung mengikuti akun pengunggah video.

Semakin sering content creator menampilkan berbagai video yang masuk ke FYP, jumlah follower bisa ikut bertambah. Pengikut atau follower yang semakin banyak menunjukkan kredibilitas content creator yang semakin tinggi. Hal ini juga ikut membantu akun content creator menarik perhatian brand terkenal.

Baca Juga:   GB WhatsApp (WA GB) Apk Asli Terbaru 2023 Anti Kadaluarsa

4. Mendapatkan centang biru

Dimana-mana, centang biru selalu menandakan bahwa content creator pemilik akun tersebut mempunyai kredibilitas yang tinggi dan merupakan salah satu akun terkenal. Karena semakin terkenal, pemilik akun dengan centang biru bisa bekerja sama dengan lebih banyak pihak.

Bahkan bisa jadi pihak TikTok sendiri ingin bekerja sama dengan pemilik akun dengan centang biru. Artinya, peluang untuk meraih keuntungan yang lebih banyak pun akan semakin besar. Makanya, pahami dan ikuti cara masuk FYP dengan mengunggah video pada jam-jam tertentu.

5. Bisa untuk berjualan di TikTok

Berhasil masuk ke FYP TikTok akan mempermudah pemilik akun untuk berjualan di platform media sosial ini. Jika sudah sering memperoleh flip, penjual bisa menambahkan keranjang kuning pada bagian kiri bawah video. Penjual juga bisa menyisipkan hard selling atau soft selling di setiap video.

Cara ini membuat banyak penonton bisa mengecek toko dengan lebih mudah dan segera melakukan transaksi. Proses transaksi pun akan berjalan dengan sangat lancar dan hasilnya adalah keuntungan yang jauh lebih tinggi lagi.

Mengimbangi Jam FYP TikTok dengan Faktor Lain

Mengimbangi Jam FYP TikTok dengan Faktor Lain

Selain memperhatikan dan mengikuti jadwal upload di TikTok, setiap content creator juga wajib memahami beberapa faktor lainnya yang akan membantu memasukkan video ke FYP. Dengan memperhatikan berbagai faktor berikut ini, video yang diunggah bisa lebih mudah masuk ke FYP.

1. Kualitas video yang bagus

Jika video yang diunggah di TikTok mempunyai kualitas yang tinggi, kemungkinan masuknya video ke FYP akan jadi jauh lebih besar. Resolusi video harus jelas sehingga para penonton bisa menikmatinya tanpa hambatan. Usahakan untuk membuat video dengan sepenuh hati dan tidak asal-asalan.

Video yang dibuat dengan asal-asalan biasanya tidak akan menarik perhatian penonton karena kualitasnya jadi tidak bagus dan tidak nyaman dipandang. Jika penonton tidak berminat menonton video dan langsung menggeser layar ke atas, kecil kemungkinan video itu bisa masuk ke FYP.

2. Menambahkan hook di awal video

Hook di bagian awal video akan sangat berpengaruh terhadap minat para penonton. Jika video tidak mempunyai hook yang bagus di bagian depan, penonton akan malas menunggu sampai ke bagian akhir dan hanya akan melewatkan video tersebut. Hal ini membuat video gagal masuk ke FYP.

Agar para penonton tertarik untuk melihat sampai ke akhir, pastikan untuk membuat konten yang isinya memang berkualitas dan bagian awalnya mampu membuat penonton penasaran. Kombinasi ini akan membuat penonton menyukai video itu, menyentuh tombol follow, dan membuat video masuk ke FYP.

3. Keberuntungan

Setelah berusaha keras mengikuti jadwal yang ada, menyediakan konten yang kualitas tampilannya bagus, dan menambahkan hook agar bisa menarik perhatian penonton, faktor lain yang mempengaruhi masuk tidaknya video ke FYP adalah keberuntungan.

Pastikan untuk memberikan yang terbaik saat menciptakan konten untuk TikTok. Jangan lupa untuk mengikuti jam FYP TikTok yang berlaku. Kemudian tinggal tunggu saja video tersebut menarik perhatian lebih banyak orang sehingga nantinya bisa masuk ke FYP dan menghasilkan keuntungan.