Kredit Mobil Di Bank Syariah Indonesia Melalui Program BSI OTO

Luarbiasa.id-Kredit mobil di Bank Syariah Indonesia menjadi pilihan nasabah yang ingin melakukan pembelian mobil secara cicilan dengan margin yang tidak terlalu tinggi, namun transaksinya tetap dengan prinsip syariah.

Adapun OTO BSI merupakan program pembiayaan kredit kendaraan bermotor yang ditawarkan oleh Bank Syariah Indonesia. Program kredit mobil atau kendaraan bermotor ini operasionalnya menganut sistem pembiayaan murabahah.

Untuk pembahasan lebih lanjutnya akan diulas lengkap melalui artikel domain.com berikut. Jadi, simak terus untuk mendapatkan informasinya ya.

Kredit Mobil Di Bank Syariah Indonesia

Sebagaimana yang telah disinggung diatas, BSI memiliki produk pembiayaan kredit mobil syariah yang disebut OTO. Produk pembiayaan kredit mobil syariah atau OTO ini, bank syariah menerapkan prinsip syariah dalam penerapannya yaitu pembiayaan melalui akad murabahah.

Transaksi melalui akad murabahah sebagaimana yang terdapat dalam Fiqih Muamalah Kontemporer adalah akad atau transaksi jual beli yang terjadi antara bank dan nasabah dimana pihak bank akan membelikan barang yang dinginkan nasabah, kemudian harga perolehan tersebut ditambah margin atau keuntungan sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Disamping itu, nasabah juga mendapatkan kepastian mengenai informasi besaran margin yang diambil Bank Syariah, spesifikasi dan harga barang yang dijual kepada nasabah.

Contohnya akad murabahah pada pembiayaan BSI yaitu seorang nasabah menginginkan mobil dengan merek tertentu, lalu pihak bank membeli mobil tersebut dengan harga 250 juta. Kemudian bank dan nasabah melakukan negosiasi untuk menentukan berapa besaran margin yang diterima  bank. Kemudian sepakat untuk memberikan margin senilai 10 juta. Jadi, bank menyerahkan mobil tersebut dengan harga Rp 260 juta yang dibayar nasabah secara cicilan sesuai kesepakatan.

Baca Juga:   8 Ide Konten Tiktok Untuk Bisnis yang Baru Merintis

Jadi, akad murabahah ini diterapkan pada pembiayaan produk bank syariah berupa kredit mobil syariah. Serta disini margin atau bagi hasil yang diterima bank syariah sebelumnya telah disepakati dan diketahui oleh masing-masing yang terlibat transaksi. Oleh sebab itu, transaksi kredit mobil syariah melalui akad murabahah tidak mengandung unsur riba, gharar maupun maysir.

oto bsi

Apa itu OTO BSI

Secara singkat, OTO BSI merupakan produk pembiayaan untuk kredit mobil di Bank Syariah Indonesia. Untuk pembayaran jual beli melalui OTO dapat dilakukan secara cicilan dengan tenggang waktu pelunasan paling lama 15 tahun serta limit nominal transaksinya adalah Rp 350 juta. Untuk objek atau barang pada transaksi OTO dapat berupa motor dan mobil baru maupun bekas.

Sebelum mengajukan kredit di Bank Syariah, Anda harus tahu terlebih dahulu persyaratannya agar pengajuan kredit mobil di BSI dapat disetujui dan diproses dengan cepat. Salah satunya adalah membawa dokumen pribadi seperti KTP dan KK, NPWP, serta slip gaji atau pendapatan.

Sebagaimana yang telah dikutip dari situs web BSI bahwa ada beberapa keunggulan dalam pembiayaan OTO BSI  diantaranya yaitu 1) angsurannya tetap, maksudnya adalah cicilan atau angsuran ini bersifat pasti dan mengikat sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Jadi, bagaimanapun situasinya, dipastikan tidak ada kenaikan presentase dari cicilan tersebut. Bahkan untuk tahun pertama cicilannya hanya sebesar 2,75 persen. 2) Pengajuan cepat dan mudah, disini kemudahan yang ditawarkan BSI yaitu proses pembiayaan dapat dilakukan secara online. 3) Proses cepat, karena disini BSI menjalin kerjasama dengan para mitra yang kompeten, dan dijamin segala operasional pembiayaan BSI menganut prinsip syariah.

Baca juga: Cara Dan Limit Transfer OCBC NISP Ke Bank Lain Terbaru 2023

Baca Juga:   Belajar Investasi Saham Bagi Pemula Modal 100 Ribu Juga Bisa

Demikian, informasi mengenai bagaimana skema kredit mobil di bank syariah Indonesia melalui program OTO BSI. Tentunya, artikel ini akan membantu Anda mengetahui gambaran jika ingin melakukan jual beli kredit mobil syariah di BSI.