Aplikasi Desain Rumah Android Gratis dan Berbayar Terbaik

Luarbiasa.id-Saat ingin membeli rumah atau membangun rumah, tentu banyak sekali bahan pertimbangannya. Salah satunya adalah menentukan desain rumah.

Desain rumah biasanya digambar oleh arsitek dengan menggunakan aplikasi desain untuk rumah. Jika Anda ingin mencoba membuat desain sendiri, berikut rekomendasi aplikasi desain rumah yang bisa digunakan.

Aplikasi Desain Rumah Terbaik

Sekarang ini ada cukup banyak pilihan aplikasi yang dapat anda pergunakan untuk mendesain rumah. Dari beberapa yang ada, berikut ini kami rekomendasikan yang menurut kami terbaik.

Sketchup

Aplikasi untuk mendesain rumah yang pertama bernama Sketchup. Sketchup ini merupakan salah satu aplikasi desain yang tidak dipungut biaya alias gratis. Aplikasi yang satu ini biasanya banyak digunakan oleh desainer rumah profesional karena fitur-fiturnya yang lengkap sehingga dapat digunakan dengan fleksibel.

Sketchup hanya dapat digunakan di komputer atau laptop dengan spesifikasi tertentu untuk mengoperasikannya. Spesifikasi minimum untuk mengoperasikan Sketchup ini adalah komputer atau laptop dengan prosesor kecepatan 1GHz, ram 4 GB, hardisk kosong 500 MB, dan kartu video 3D dengan memori minimal 512 MB. Pastikan kartu video ini support OpenGL 3.1.

Meski Sketchup dapat digunakan pada perangkat keras di atas, namun Sketchup lebih merekomendasikan untuk mengoperasikan software ini di perangkat yang memiliki prosesor kecepatan 2+ GHz, serta RAM 8+ GB. Selain itu, lebih baik menggunakan perangkat dengan hard disk kosong 700 MB, dan kartu grafis 3D memori minimal 1 GB.

Kemudian, untuk menampilkan hasil desain yang telah dibuat di Sketchup, pengguna dapat menggunakan aplikasi Sketchup Viewer. Aplikasi Sketchup Viewer ini dapat digunakan di smartphone Android ataupun iOS. Aplikasi ini berguna untuk menampilkan desain yang sebelumnya telah dirancang.

Baca Juga:   China Identity Generator Sakura Simulator di 233 App Leyuan

Planner 5D

Selanjutnya, rekomendasi aplikasi desain rumah yang bisa dicoba adalah Planner 5D. Aplikasi yang Planner 5D memiliki tampilan yang sangat menarik. Detail dari Planner 5D ini juga mirip dengan Sketchup sehingga pengguna Sketchup akan familiar dan cepat beradaptasi dengan Planner 5D ini.

Planner 5D memiliki berbagai fitur yang menarik. Salah satu fitur aplikasi ini adalah pengguna dapat melihat serta menjelajah secara langsung hasil desain rumah yang dibuat dengan perspektif mata manusia sehingga akan terasa nyata. Aplikasi Planner 5D hanya dapat digunakan pada PC sehingga membutuhkan komputer atau  laptop.

Planner 5D ini dapat membuat desain dengan 3D sehingga dapat menjangkau berbagai sudut. Meski item ini dapat digunakan secara gratis, namun beberapa item akan terkunci jika pengguna tidak membeli terlebih dahulu. Agar pengguna dapat mengakses seluruh item dan membuka katalog item di Planner 5D, pengguna harus membayar sebesar Rp 124.000,00.

lumion

Lumion

Aplikasi untuk mendesain rumah selanjutnya adalah Lumion. Aplikasi yang satu ini memiliki user interface yang sederhana sehingga sangat mudah dipelajari untuk berbagai kalangan. Pemula pun dapat menggunakan aplikasi ini dengan mudah karena UI nya yang mudah digunakan untuk belajar desain rumah.

Selain itu, visualisasi desain arsitektur yang dibuat dengan menggunakan Lumion ini ditampilkan dengan sangat apik. Karenanya, desain dari aplikasi ini sangat terlihat nyata. Hal ini bukan tanpa tujuan. Dengan hasil yang tampak berkesan dan nyata, pengguna akan mendapatkan pengalaman yang realistis saat meninjau desain interior dan eksterior rumah.

Lumion sendiri memiliki fitur-fitur menarik yang bisa digunakan. Fitur-fitur aplikasi desain rumah ini diantaranya adalah real time rendering untuk render secara real time, paint placement dan mass placement untuk fitur penempatan objek secara massal, hingga displacement mapping untuk memperkuat desain tekstur pada objek sehingga tampak lebih realistis.

Baca Juga:   Whatsapp Clone (WA Clone) Apk Mod Versi 8.1 Terbaru 2023

Untuk versi Lumion 10, spek minimum PC untuk mengoperasikan software ini adalah PC dengan sistem operasi Windows 10 64-bit, processor Intel/AMD, serta resolusi layar 1920 x 1080 piksel. RAM minimalnya adalah 16 GB, penyimpanan hard drive SATA3 SSD, disk kosong 30 GB di Local Disk C, dan PSU minimal spek 80+ gold, dan kartu grafik VGA 3 GB.

Meski begitu, Lumion 10 lebih baik digunakan pada PC dengan spesifikasi kartu grafik VGA 6 GB, sistem operasi 10 64-bit, dan processor Intel/ AMD. Selain itu, dibutuhkan resolusi layar 1920 x 1080 piksel, RAM 16 GB, hard drive NVME m.2, disk kosong di Local Disk C minimal 30 GB, dan PSU minimal spek 80+ gold dengan watt cukup.

Dream Plan

Aplikasi untuk mendesain rumah yang selanjutnya adalah Dream Plan. Sesuai dengan namanya, pengguna dapat membuat desain dan rancangan dari rumah yang diimpikan menggunakan aplikasi Dream Plan ini. Aplikasi Dream Plan merupakan salah satu aplikasi desain rumah yang mudah digunakan sehingga cocok untuk pemula.

Dengan menggunakan Dream Plan, pengguna dapat membuat rancangan dari bagian dalam rumah, bagian luar rumah, dan bahkan bagian halaman rumah. Fitur dari aplikasi ini juga termasuk lengkap sehingga memiliki banyak pengguna. Tidak hanya itu, aplikasi ini tidak berbayar atau gratis. Dream Plan sendiri dapat dioperasikan pada PC dengan sistem operasi Windows.

Artlantis

Rekomendasi aplikasi desain rumah yang berikutnya adalah Artlantis. Artlantis merupakan salah satu software desain rumah yang dapat memberikan sentuhan tambahan serta mempercantik rancangan rumah yang telah dibuat. Aplikasi Artlantis ini dapat dioperasikan pada PC dengan spek tertentu.

Spek minimum PC untuk menggunakan aplikasi Artlantis ini diantaranya adalah minimal Intel Core i7, 4+ core. Selain itu, RAM minimal 16 GB untuk menggunakan aplikasi desain Artlantis ini. Spek minimum lainnya ialah PC dengan Windows 10 atau macOS Mojave (10.14), Graphic Card 2 GB, dan resolusi tampilan layar 1920 x 1080 piksel.

Baca Juga:   Jojoy Apk V3.2.24 Versi Terupdate 2023 Untuk Android

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, aplikasi Artlantis ini merupakan salah satu aplikasi untuk mendesain rumah yang berbayar sehingga pengguna harus membeli terlebih dahulu agar dapat menggunakannya. Artlantis ini sangat cocok untuk digunakan membuat rancangan 3D dengan resolusi yang tinggi, membuat VR panorama, quicktime VR object, dan animasi.

desain rumah dengan Floor Plan

Floor Plan

Aplikasi desain rumah yang patut dicoba selanjutnya bernama Floor Plan. Aplikasi yang satu ini cocok digunakan untuk membuat simulasi rumah, sehingga pengguna tidak lagi menerka-nerka bagaimana rumah tersebut akan berdiri. Aplikasi ini cocok digunakan untuk simulasi rumah karena memiliki fitur 30 degrees online viewer.

Fitur 30 degrees online viewer yang dimiliki oleh Floor Plan ini dapat memudahkan pengguna dalam melihat simulasi rancangan rumah. Pasalnya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat tampilan dari desain rumah dari berbagai dan semua sudut. Aplikasi ini dapat dioperasikan di PC.

Chief Architect Premier

Rekomendasi aplikasi untuk membuat desain rumah yang terakhir adalah Chief Architect Premier. Aplikasi yang banyak digunakan oleh arsitek ini dapat menghasilkan desain rumah dalam bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi. Selain itu, proses desain dengan aplikasi ini biasanya lebih cepat serta membutuhkan PC dengan spesifikasi yang terbilang ringan.

Itulah 7 rekomendasi aplikasi desain rumah terbaik yang dapat Anda coba. Aplikasi-aplikasi di atas mayoritas hanya dapat dioperasikan pada PC sehingga Anda harus memiliki laptop atau komputer dengan spek tertentu untuk menggunakannya. Meskipun begitu, aplikasi-aplikasi tersebut sangat penting untuk membuat desain rumah impian.