Aplikasi Perekam Layar HP Dan Suara Untuk iPhone dan Android

Luarbiasa.id-Kalau Anda termasuk orang yang suka membagikan apa yang Anda lihat dengan kaca mata Anda sendiri kepada orang lain baik melalui pesan WhatsApp, DM Instagram atau di status sosial media, maka aplikasi perekam layar HP atau screen recorder akan sangat Anda butuhkan.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa merekam layar HP Anda dan membagikan apa yang sedang Anda lihat dengan perspektif pandangan mata Anda kepada orang lain. Berikut kami akan bagikan daftar aplikasinya!

Aplikasi Perekam Layar HP Terbaik

aplikasi perekam layar hp

AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder merupakan sebuah aplikasi perekam layar HP terbaik yang bisa didownload melalui Play Store dan dapat dijeda atau dipause ketika perekaman dilakukan. Ada banyak kelebihan yang AZ Screen Recorder berikana.

Beberapa di antaranya adalah kemudahan dalam akses atau penggunaannya, tidak perlu root untuk menginstal dan menggunakannya, mampu bekerja di berbagai jenis smartphone, bebas watermark, mampu merekam video dengan kualitas full HD dan bahkan dibekali banyak fitur menarik.

Beberapa fitur menarik yang bisa Anda temukan dibalik aplikasi perekam layar HP ini adalah kemampuan smartphone untuk merekam suara dari mic, kemampuan smartphone menampilkan sentuhan layar, frame rate dan juga bit rate, fitur resolusi video yang banyak pilihannya, fitur menghitung waktu mundur dan masih banyak lagi.

Hanya saja, sebagaimana banyak aplikasi yang punya kekurangan AZ Screen Recorder pun demikian. Salah satu kekurangan yang bisa ditemukan atau dirasakan dibalik aplikasi yang satu ini adalah muncul glitch ketika sedang digunakan meski cukup jarang terjadi.

Mobizen

Mobizen menjadi sebuah screen recorder apps yang datang dengan fitur lengkap. Mobizen juga sangat mudah digunakan sehingga bagi pemula pun dapat mengakses Mobizen dengan mudah.

Mobizen termasuk sebuah aplikasi yang ringan dan bisa dijalankan di berbagai macam sistem operasi android. Bahkan android dengan sistem operasi yang masih menggunakan Ice Cream Sandwich pun bisa mengakses Mobizen ini.

Melalui Mobizen, Anda bisa merekam aktivitas layar smartphone hanya dengan satu klik saja. Soal kualitas pun tak perlu diragukan. Hasil rekaman layar dengan Mobizen bersih dan memiliki resolusi FullHD.

Selain semua kelebihan tersebut, Mobizen juga sangat menarik dengan fitur lain yang tak kalah bermanfaat yaitu fitur transfer file ke PC, fitur mengirimkan SMS, fitur streaming video dari layar dan masih banyak lagi fitur lainnya. Untuk Anda yang tertarik mencoba semua fiturnya, bisa download Mobizen ini.

Baca Juga:   Cara Mengaktifkan BRI Mobile Tanpa Ke Bank Lewat HP

Xrecorder

Xrecorder merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi merekam layar suatu smartphone dan kini telah diunduh oleh lebih dari 50 juta downloader. Ratingnya juga bisa dikatakan sangat bagus karena Xrecorder mendapatkan rating sebanyak 4,7 dari 5 rating.

Xrecorder menawarkan cukup banyak fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna. Beberapa fitur yang dimaksud di antaranya :

  • Fitur merekam layar tanpa batas waktu
  • Fitur download tanpa root
  • Fitur bebas watermark

Aplikasi ini juga support terhadap semua kategori atau jenis video dan Anda pun bisa mengekspor suatu file dengan resolusi FullHD yang tentu sangat bagus. Khususnya YouTuber gaming yang memang butuh aplikasi perekam layar yang mampu memberikan tampilan layar FullHD dan mampu memberikan hasil rekaman layar tanpa adanya watermark bisa banget download dan gunakan Xrecorder ini.

Super Screen Recorder

Super Screen Recorder

Aplikasi ini termasuk sebuah aplikasi gratis yang tidak perlu diroot, tidak ada batas pemakaian dan tidak perlu watermark. Aplikasi juga hadir dengan beberapa fitur andalan yang bisa dimanfaatkan di antaranya adalah :

  • Full HD screen recording
  • 2K 12 Mbps 60 FPS quality
  • Tersedia beragam pilihan resolusi, frame rates dan bit rates
  • Dapat mengakses shake HP untuk stop recording atau menyembunyikan floating window ketika proses merekam berlangsung.

Namun memang ada kekurangannya aplikasi yang bernama Super Screen Recorder ini. Kekurangannya yaitu perekaman bisa berhenti tiba – tiba karena ada bug atau aplikasi ngelag. Aplikasi ini juga bukan aplikasi bebas iklan sehingga ketika mengakses apps kemudian tiba – tiba ada iklan yang muncul, Anda harus bersabar.

Background Video Recorder

Background Video Recorder merupakan sebuah aplikasi perekam layar HP yang dapat membantu Anda untuk dapat melakukan perekaman terhadap suatu objek menjadi file video di background camera preview.

Anda pun memiliki akses untuk melakukan scheduling perekaman atau pun melanjutkan perekaman ketika layar dalam kondisi mati. Disediakannya shortcut Quick Record, hal tersebut juga semakin memberikan Anda kemudahan dalam menggunakan atau mengaksesnya.

Dengan adanya fitur shortcut Quick Record ini, Anda hanya perlu satu kali klik untuk melakukan start atau pun stop recording. Aplikasi ini juga multibahasa sehingga Anda bisa menggunakannya sesuai dengan bahasa yang Anda mengerti atau pahami.

Untuk kekurangannya, beberapa kekurangan yang bisa kita temukan dibalik Background Video Recorder di antaranya :

  • Pada perangkat tertentu, aplikasi ini terkesan kurang smooth
  • Adanya batas perekaman hanya 4 GB
  • Perekaman dibatasi maksimal 30 menit
  • Butuh suatu pengaturan khusus pada sistem operasi android terbaru ketika akan menggunakan apps ini jadi setting dulu.
Baca Juga:   Apakah WA GB bisa Melihat Chat Orang Lain? Ini Penjelasannya

ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder menjadi sebuah aplikasi screen recorder yang didukung tampilan antarmuka mudah dipahami dan sederhana. Dengan tampilan antarmuka sederhananya, aplikasi ini dapat diakses bahkan oleh orang awam yang belum pernah mengakses aplikasi ini tanpa bingung lagi.

Aplikasi ini juga hadir dengan dua tema default dan advanced yang dapat Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan. Selain dapat membantu Anda merekam layar android, ADV Screen Recorder juga didukung dengan fitur video editing. Hasil akhir video yang direkam tanpa atau dengan memanfaatkan fitur video editing yang dihadirkan sangat smooth.

Lollipop Screen Recorder

Kalau Anda merupakan pengguna android yang sudah didukung sistem operasi OS android Lollipop v5.0 ke atas, maka Lollipop Screen Recorder dapat Anda download dan gunakan.

Anda bisa mendownload dan mengakses Lollipop Screen Recorder tanpa perlu meroot smartphone. User interface apps juga sangat mudah sehingga memungkinkan Anda untuk dapat merekam layar tanpa ribet atau tanpa terlalu banyak aturan.

Kalau Anda ingin membuat video gaming atau video tutorial, menggunakan aplikasi Lollipop Screen Recorder sangat dianjurkan. Anda bahkan bisa membuat video dengan hasil bagus tanpa harus memiliki kamera tambahan.

Rec Screen Recorder

Kalau Anda tahu Safe Partner Inc, perusahaan tersebut adalah sebuah perusahaan yang menjadi developer dari Rec Screen Recorder.

Selain dirilis oleh perusahaan yang cukup terkenal, Rec Screen Recorder juga hadir dengan cukup banyak fitur menarik. Salah satu fitur yang Anda bisa nikmati dengan Rec Screen Recorder di antaranya :

  • Fitur stop atau menghentikan recording hanya dengan menggoyangkan HP
  • Fasilitas countdown atau hitung mundur sebelum recording sehingga Anda bisa lebih bersiap – siap dalam merecord
  • Fitur layar tidak akan dalam posisi sleep selama proses recording berlangsung
  • Fitur pemilihan resolution.

Selain dibekali cukup banyak fitur di atas, Rec Screen Recorder juga memiliki kelebihan atau keunggulan lainnya. Beberapa kelebihan atau keunggulan yang dimaksud adalah salah satunya Anda dapat merekam video tanpa batas dan memberikan hasil smooth nan mengagumkan.

Hanya saja memang, dibalik banyaknya fitur dan semua keunggulannya masih ada kekurangan yang bisa ditemukan. Salah satu kekurangan dari Rec Screen Recorder adalah kualitas suara yang kurang bagus. Beberapa pengguna Rec Screen Recorder bahkan ada yang tidak bisa mengoneksikan ke YouTube.

Irecorder

Irecorder termasuk sebuah aplikasi recorder yang hadir dengan banyak fitur. Beberapa fitur dari Irecorder yang bisa dinikmati dan dirasakan yaitu proses rekaman yang beresolusi besar yaitu 1080 p dengan 60 fps dan 12 Mbps. Aplikasi ini juga dibekali dengan dukungan built in video player yang dapat dimanfaatkan.

Baca Juga:   Loklok Apk Terbaru 2023 Untuk Nonton Film Sub Indo di Android

Dalam melakukan proses perekaman, Anda tidak akan dibatasi oleh waktu dan tidak ada watermark juga sehingga untuk Anda yang butuh aplikasi yang dapat merekam dalam waktu lama dan tanpa watermark karena akan diunggah ke YouTube bisa memanfaatkan Irecorder ini.

Hanya menggunakan satu kali saja ketukan, Anda sudah bisa merekam berbagai macam video dengan mudah. Namun yang perlu Anda perhatikan sebelum merekam dengan Irecorder adalah bahwa Anda harus memastikan bahwa aplikasi ini dapat berjalan dengan munculnya icon di layarnya.

Vidma Recorder

Vidma Recorder merupakan sebuah aplikasi yang tidak hanya dapat digunakan untuk merekam layar melainkan juga bisa digunakan sebagai video editor apps. Jadi intinya, aplikasi ini punya banyak fungsi dan semua fungsi tersebut bisa diakses secara gratis atau cuma – cuma.

Untuk fitur editingnya, Vidma Recorder bisa digunakan untuk memutar, memotong, memangkas video, menambahkan musik, mengontrol kecepatan video dan masih banyak lagi lainnya.

Vidma Recorder kini telah diunduh oleh lebih dari 10 juta downloader dan respons atau ulasannya banyak yang positif. Jadi Anda yang ingin mendownload Vidma Recorder bisa melakukannya segera.

Melalui Vidma Recorder, Anda juga dapat merekam layar dengan kualitas tinggi yaitu dengan resolusi 1080p 60 fps. Jika ingin merekam layar tanpa suara, Anda juga bisa mengaturnya.

Game Screen Recorder

Kalau Game Screen Recorder tidak seperti sebelum – sebelumnya yang gratis. Game Screen Recorder merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk merekam layar dan berbayar. Kalau soal fitur, fitur yang Game Screen Recorder hadirkan sangat lengkap.

Bahkan untuk Anda yang suka main game, Game Screen Recorder juga punya fitur pendeteksian games sehingga Anda bisa menyeleksi game – game mana yang layak dicoba atau dimainkan dan mana yang tidak.

Aplikasi ini juga didukung fitur pause dan fitur berbagi video hasil rekaman ke berbagai macam sosial media. Hanya saja ada satu kekurangan dari Game Screen Recorder yang berbayar ini yaitu masih belum mendukung fitur live streaming game.

Google Play Games

Last but not least, Anda mungkin akan kaget karena yang kami sebutkan kali ini berkaitan dengan Google. Yaps, Google juga punya aplikasi yang didukung fitur merekam layar yaitu Google Play Games.

Biasanya gamer yang juga suka membuat konten akan sering menjalankan aktivitas bermain game sambil merekam layar dan memanfaatkan Google Play Games ini. Dengan Google Play Games tentunya aktivitas bermain game jadi jauh lebih seru dan nantinya gamers pun bisa berbagi pengalaman main game kepada teman atau bahkan di share di sosial media yang dikelola seperti TikTok, YouTube lainnya.

Itulah beberapa aplikasi perekam layar HP atau screen recorder yang bisa dimanfaatkan untuk smartphone. Anda yang tertarik mendownload aplikasi dengan fitur perekaman layar atau screen recorder bisa memanfaatkan salah satu aplikasi di atas.