4 Cara Live di Instagram di Laptop dan Hp Anti Ribet

Luarbiasa.id-Instagram Live merupakan salah satu fitur terbaru dari instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung dari aplikasi serta berinteraksi dengan follower secara live.

Karena tergolong baru, masih banyak yang masih bingung mengenai cara live di instagram. Untuk live di instagram, dapat dilakukan secara praktis melalui aplikasi yang terinstal di smartphone.

Bisa juga menggunakan laptop dan kamera DSLR untuk meningkatkan kualitas tayangan. Seperti yang kita ketahui kalau sekarang ini banyak seseorang yang memanfaatkan media sosial untuk berbagai macam kepentingan. Mulai dari branding personal hingga untuk berjualan.

Dengan promosi lewat live di IG ini, maka anda lebih mudah bagi kita dalam menjual berbagai macam produk. Mari simak penjelasan berbagai cara live di instagram.

Cara Live Instagram melalui Hp

Instagram dalam beberapa tahun ini termasuk yang paling populer. Dan secara statistik pengguna trend kenaikan selalu dialam setiap tahunnya. Oleh karena itu tidaklah mengherankan kalau untuk saat ini Instagram termasuk kedalam media sosial dengan pengguna terbesar saat ini dibawah Facebook maupun TikTok.

Fitur instagram live dapat digunakan langsung melalui aplikasi yang terpasang pada smartphone kamu, baik Android maupun iPhone.

Cara live dari Hp sangat praktis dan tidak memerlukan perangkat atau tools tambahan lain. Selama baterai aman dan tersedia koneksi internet yang lancar, live instagram dapat dilakukan tanpa kesulitan.

Ikuti langkah berikut untuk live di instagram melalui aplikasi:

  1. Buka aplikasi instagram
  2. Geser halaman utama ke kanan
  3. Geser menu di bagian bawah, pilih opsi Live
  4. Untuk memulai siaran, klik start live video
  5. Untuk mengakhiri siaran, klik end
Baca Juga:   Zefoy Com Penambah Like dan Followers TikTok Agar FYP

Kamu dapat menambahkan informasi mengenai live pada kolom komentar. Pilih Pin Komentar agar informasi tetap berada di bagian paling atas komentar. Live dengan menggunakan smarftphone merupakan cara yang sering dipakai oleh para netizen, karena lebih praktis.

live di instagram

Cara Live Instagram Kolaborasi

Instagram mengembangkan fitur baru yang disebut live rooms. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan live dengan berkolaborasi dengan pengguna lain.

Live room dapat digunakan untuk live bersamaan untuk 2 hingga 4 pengguna. Berikut cara live streaming bersama pengguna lain:

  1. Buka aplikasi instagram
  2. Klik ikon tanda plus atau geser halaman utama ke kanan
  3. Geser menu di bagian bawah, pilih opsi Live
  4. Klik tombol lingkaran di bagian bawah
  5. Klik ikon kamera
  6. Pada bagian bawah Permintaan, tekan ikon lingkaran di samping nama pengguna yang hendak diajak live bersama
  7. Klik Kirim Permintaan untuk mengundang
  8. Saat permintaan diterima kamu dapat melakukan live bersama di instagram

Cara Live Instagram melalui Laptop

Fitur live instagram hanya bisa diakses melalui aplikasi smartphone. Meski demikian, kamu tetap bisa melakukan live menggunakan laptop atau PC dengan bantuan aplikasi tambahan.

Live dengan Hp memang lebih praktis dan mudah, tapi memiliki keterbatasan tersendiri. Bagi kamu yang lebih nyaman melakukan siaran menggunakan laptop atau PC dapat menggunakan salah satu aplikasi berikut.

1. Live Instagram dengan Yellow Duck

Yellow Duck merupakan aplikasi gratis untuk membantu melakukan live streaming di laptop dan PC. Aplikasi ini direkomendasikan karena ringan dan lebih mudah digunakan.

Berikut langkah live instagram via Yellow Duck:

  1. Buka browser, unduh aplikasi Yellow Duck
  2. Buka aplikasi dengan klik dua kali
  3. Ikuti langkah pendaftaran diri
  4. Setelah selesai, lakukan login di Yellow Duck
  5. Masukkan akun instagram yang akan digunakan untuk live
  6. Tunggu sebentar untuk mendapatkan kode RTMP URL
  7. Salin kode tersebut, lalu masukkan pada menu Streming Setting di bagian Pengaturan
  8. Untuk memulai Live, klik Start
Baca Juga:   GB WhatsApp (WA GB) Apk Asli Terbaru 2023 Anti Kadaluarsa

2. Live Instagram dengan Zoom

Zoom kini dapat digunakan untuk melakukan siaran langsung pada dua platform, seperti Zoom dan Instagram. Namun, fitur ini tidak gratis sehingga hanya bisa diakses oleh akun Zoom premium.

Berikut langkah live instagram melalui Zoom:

  1. Buka Zoom pada perangkat, lalu masuk ke akun premium
  2. Buka menu Admin, pilih Account Setting
  3. Klik opsi Meeting, aktifkan Live streaming meeting
  4. Klik pada menu Custom live streaming meeting, pilihlah Live on custom live streaming
  5. Isi bagian Steaming key serta URL live dari instagram
  6. Klik tombol Go live to Zoom

Apabila anda memang tertarik menggunakan cara seperti yang sudah kami sampaikan diatas, maka tidak ada salahnya anda beralih ke akun premium zoom. Karena pastinya akan ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh selain untuk melakukan live pada aplikasi Instagram ini.

Baca juga: 25 Filter Instagram Selfie Aesthetic Auto Glowing Update Terbaru

Cara Live Instagram dengan Kamera DSLR

Jika kamu menghendaki kualitas video siaran yang lebih tinggi, maka kamu dapat memilih live dengan kamera DSLR. Untuk melakukan live, kamera perlu dihubungkan dengan perangkat seperti laptop atau PC.

Berikut cara live instagram dengan kamera DSLR:

  1. Hubungkan kabel HDMI kamera ke laptop menggunakan capture card
  2. Nyalakan kamera
  3. Pastikan pada laptop sudah terinstal aplikasi Stories App for Instagram dan aplikasi pendukung live (OBS Studio, Yellow Duck)
  4. Lakukan pengaturan live IG dengan laptop

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, dengan menggunakan kamera DSLR ini anda akan mendapatkan kualitas gambar yang lebih jernih lagi. Namun saat hendak live anda bisa cek terlebih dahulu kualitas jaringan internet anda, hal ini bertujuan agar tidak lag atau buffering.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Aktivitas Mencurigakan di Shopee Dan Penyebabnya

Akhir kata

Sebenarnya masih terdapat banyak lagi pilihan lainnya yang bisa anda coba untuk live di instagram. Itulah beberapa cara live di instagram anti ribet. Semoga dapat bermanfaat untuk membantu melakukan live IG kamu.