Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air Pada Android

Luarbiasa.id – Cara mengatasi speaker Hp kemasukan air bisa dibilang gampang-gampang susah. Maksudnya, cara yang akan benar-benar bekerja tergantung dari seberapa parahnya air itu masuk ke dalam perangkat. Masalah ini memang jarang terjadi, namun alangkah lebih baiknya kalau kita bisa mengetahui langkah mana yang perlu diambil ketika kita mengalaminya, jadi nanti tinggal garis bawahi saja.

Handphone memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi kita, baik itu untuk mencari hiburan, ataupun untuk bekerja. Kadang kita juga sering menggunakannya pada saat-saat yang tidak seharusnya, seperti dikamar mandi. Inilah yang kemudian membuat beberapa dari kalian mengalami masalah tersebut. Tetapi tidak hanya contoh tersebut saja, banyak kejadian yang tidak disengaja yang kemudian membuat membuat speaker device kalian kemasukan air.

Untuk itu, jika sudah mengalami hal tersebut, baiknya kita melakukan aksi sebuah pencegahan. Karena, jika ini kerap terulang, kerusakan permanen pun mungkin akan terjadi pada device kalian, dan tentu saja ini akan sangat sulit untuk diperbaiki nantinya. Namun, kalau kejadiannya masih skala kecil, kami rasa membenarkannya sendiri masih akan bekerja.

Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air

Disini, kami sudah menyiapkan beberapa cara yang kemungkinan bisa mengeluarkan air dari speaker handphone kalian. Namun, sebelum masuk ke bagian intinya, kami akan memberitahukan bahwa tidak semua cara akan bekerja dengan baik. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba bukan? Kalau bisa dibenarkan oleh sendiri, kenapa harus menggunakan jasa orang lain? Jasa orang sebenarnya akan dibutuhkan ketika device kalian memang terkena air cukup parah. Tapi kita akan membicarakan itu nanti.

Mainkan Musik dengan Bass Kencang

Ini termasuk kedalam cara pertama yang bisa kalian coba untuk mengeluarkan air dari speaker handphone. Beberapa orang terbukti bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan musik dengan bass yang lumayan kencang. Alasannya sendiri sebenarnya masuk akal, bass yang kencang akan bergetar dengan keras, dan kemudian air akan keluar dengan karena getaran tersebut, lalukan cara ini dalam beberapa menit sampai speaker kalian kembali normal.

Baca Juga:   Top Up ML Murah dengan Pulsa Telkomsel, Indosat dan XL

Namun cara mengatasi speaker hp kemasukan air ini masih tergolong ke kerusakan yang ringan, seperti terkena ciptaran, atau terkena hujan. Untuk kejadian seperti device yang jatuh ke dalam air kami rasa tidak akan bekerja. Untuk itu, silahkan ikuti tutorial ini jika dirasa air yang masuk ke speaker kalian masih tergolong sedikit.

Lalu, jika kalian tidak mengetahui lagu apa yang memiliki bass kencang, kami akan membuat list nya dibawah ini. List ini dijamin memiliki bass yang lumayan kencang, dan jangan lupa untuk menyetel volume handphone kalian di yang paling tinggi.

  • Billie Jean oleh Michael Jakson
  • Come Together oleh The Beatles
  • Feel Good Inc oleh Gorillaz
  • Money oleh Pink Floyd

Dan masih banyak lagi, ini hanyalah rekomendasi bagi kalian yang tidak mengetahui musik dengan bass yang lumayan besar. Untuk menyalakannya bebas, bisa melalui Spotify, YouTube, atau alat pemutar musik lainnya.

Gunakan Pembersih Speaker yang ada di Device Android

Ini adalah sebuah fitur baru yang bisa kalian temukan pada sebuah sistem android, guna dari pembersih speaker ini tentu saja sama dengan namanya, yaitu untuk membersihkan speapker handphone dari debu, kotoran, dan air yang bersifat kecil. Namun, ini hanya ada beberapa device saja, jadi tidak bisa ditemukan pada setiap android. Namun, untuk handphone dengan spesifikasi tinggi kami rasa sudah ada fitur pembersih speakser yang terinstall didalamnya.

Cara kerja dari fitur ini sebenarnya sama saja dengan yang menggunakan musik. Namun, sistem ini hanya perlu kalian ketuk saja, dan sebuah suara yang yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dari speaker kalian akan langsung berbunyi dalam waktu beberapa detik, sampai menit, hingga semua partikel yang merusak speaker bisa keluar semuanya.

Untuk mengaksesnya bisa terbilang mudah, silahkan cek tutorial berikut untuk melihat kalau android kalian terinstall speaker cleaner. Cara mengatasi speaker hp kemasukan air ini adalah yang paling simpel.

  1. Masuk ke setting atau pengaturan
  2. Lalu temukan pengaturan tambahan, atau jika hp kalian menggunakan bahasa Inggris akan tertulis additional settings
  3. Scroll kebawah sampai kalian menemukan clear speaker, lalu ketuk menu tersebut
  4. Akan ada tombol yang bisa kalian aktifkan dengan menggesernya ke arah kanan
  5. Setelah ditekan, sebuah suara akan berbunyi selama 30 detik
  6. Silahkan ulangi sampai air, dan partikel lainnya bisa keluar dari handphone kalian
  7. Jangan lupa untuk mengarahkan speakernya ke bawah, agar air bisa mudah dengan keluar
Baca Juga:   6 Cara Cek Nomor Telkomsel Sendiri dan Gratis Lewat HP

Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air dengan Menggunakan Aplikasi

Jika andorid device kalian tidak memiliki fitur speaker cleaner, jangan khawatir, karena masih ada alternatif lain yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan air dari speaker handphone milik kalian. Nama aplikasinya adalah Speaker cleaner – Remove water, dan bisa kalian unduh melalui Google Playstore, jadi sekarang bisa tenang.

Sebelum menggunakannya mari kita kenali sedikit mengenai aplikasi ini. Jadi Speaker cleaner – Remove water ini bisa kalian download dengan gratis, dan fungsinya tentu saja untuk mengeluarkan air dari speaker. Ukurannya sendiri tidak terlalu besar, dan mereka juga memanfaatkan suara untuk membersihkan speakernya. Langlah-langkah untuk menggunakan aplikasinya bisa kalian lihat pada poin yang sudah kami sediakan disini.

  1. Download terlebih dahulu aplikasinya pada Google Playstore
  2. Setelah selesai buka aplikasinya, lalu tekan tombol bersihkan speaker atau clean speaker
  3. Tunggu prosesnya sampai selesai, karena akan memakan waktu sedikit
  4. Ulangi cara di atas kalau speaker kalian masih terdengar redup, jangan lupa untuk mengarahkan speakernya ke bawah.

Sekali lagi, ini akan menjadi cara mengatasi speaker hp kemasukan air yang lumayan ampuh, jika jumlah air yang masuk ke dalam device kalian tergolong sedikit. Namun, silahkan gunakan aplikasi nya jika kalian mengalami masalah seperti ini kelak.

Biarkan Air Sampai Mengering Sendiri

Ini akan menjadi cara lainnya yang bisa kalian coba jika cara di atas tidak bekerja sama sekali. Mungkin air tersebut masuk ke bagian yang sulit untuk diraih oleh suara, yang menyebabkannya sulit untuk dikeluarkan. Karena sifat air yang pasti akan mengering, cara ini patut untuk kalian gunakan. Kalau bisa, silahkan gunakan untuk bermain game berat, sampai hp kalian terasa panas, yang kemungkinan besar akan membuat airnya menguap lebih cepat dari biasanya.

Baca Juga:   Kenapa WA Tidak Bisa Buka Link, Berikut Cara Mengatasinya

Atau ketika kalian malas melakukan cara diatas, cukup diamkan saja pada suhu ruangan selama 24 jam, dan berharap airnya bisa mengering dalam waktu yang diberikan tersebut. Ini merupakan cara terakhir yang bisa kalian lakukan sendiri untuk mengatasi speaker hp kemasukan air, karena metode lainnya sudah tidak ada lagi. Usahakan jika device kalian terkena air untuk cepat-cepat melakukan langkah-langkah yang kami sebutkan ini.

Cara Mengatasi Speaker Hp Kemasukan Air dengan Datang ke Teknisi

Jika cara diatas sama sekali tidak bekerja, satu-satunya cara yang bisa kalian lakukan adalah datang ke ahli masalah handphone. Karena dibanding kita yang tidak memiliki pengetahuan mengenai kerusakan hp, mereka akan menjadi pilihan yang cocok. Selama handphone kalian masih bekerja, akan ada kemungkinan besar air tersebut bisa dikeluarkan.

Namun, jika nanti hasilnya tidak sesuai dengan yang kalian harapkan, akan ada kemungkinan mereka akan menawarkan untuk mengganti speakernya, dan tentu saja ini akan memakan biaya. Jadi, sebelum datang ke tempatnya, siapkan uang yang cukup untuk memperbaiki.

Baca juga: Cara Backup WhatsApp di Android, iPhone dan Windows

Cara Mengatasi dan Pencegahan Agar Speaker Hp Kalian Tidak Kemasukan Air

Cara Mengatasi dan Pencegahan Agar Speaker Hp Kalian Tidak Kemasukan Air

Sebelumnya mari kita kenali dahulu kemungkinan dan kejadian yang akan membuathp kalian kemasukan air, dengan mengetahuinya kita bisa membuat pencegahan agar nantinya masalah ini tidak terulang kembali. Untuk kejadian yang akan membuat hp kalian terkena air bisa dilihat pada bagian berikut.

  • Saat hujan, ini sebenarnya tergolong kejadian simpel yang sebetulnya bisa dengan mudah untuk di hindari, khususnya mereka pengendara motor yang lupa untuk mengamankan hp nya terlebih dahulu. Ketika hujan dan kalian buru-buru harus pergi, silahkan letakan devicenya diposisi yang paling aman, atau cara lainnya bisa dengan membungkusnya dengan kantong plastik
  • Kurangi bermain hp saat di kamar mandi, ini juga sebenarnya tergolong masalah sepele, namun ini adalah kemungkinan terbesar yang membuat hp kalian terkena air. Untuk pencegahannya mudah, jangan bawa hp kalian ke kamar mandi.
  • Terkena minuman, seperti kopi, ini merupakan kejadian lain yang sering dialami oleh beberapa orang, saat kita bekerja, ataupun sedang bersantai, kadang kita lupa bahwa ada minuman disamping, ini tentu saja bisa mengakibatkan hp terkena cipratannya kalau memang posisinya berada ditempat yang sama. Jauhkan hp kalian dari hal-hal cair.

Kesimpulan

Itulah cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi speaker hp yang kemasukan air. Beberapa caranya bisa kalian lakukan sendiri, dan yang lainnya memerlukn tenaga khusus. Terdapat pencegahan juga yang bisa kalian ikuti, untuk mencegah hp kalian terkena air.