8 Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Terhapus 2023

Luarbiasa.id-TikTok sudah menjadi salah satu aplikasi media sosial terpopuler yang digunakan oleh hampir semua kalangan. Sayangnya, kadang terjadi kesalahan sehingga akun TikTok tiba-tiba menghilang. Lalu, bagaimana cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus?

Ada banyak hal yang bisa jadi membuat akun TikTok tiba-tiba menghilang. Agar bisa mencari tahu solusi memulihkan akun TikTok, pastikan untuk mencari tahu dulu apa yang menyebabkan hilangnya akun TikTok ini. Sehingga nantinya bisa menemukan solusi pemulihan akun yang paling tepat.

Kenapa Akun TikTok Tiba-Tiba Menghilang?

Kenapa Akun TikTok Tiba-Tiba Menghilang?

Penyebabnya bervariasi. Bisa jadi, ada pelanggaran yang dilakukan oleh pemilik akun TikTok sehingga membuat TikTok terpaksa memblokir akun tersebut. Atau bisa juga ada orang iseng yang mencuri akun TikTok tersebut sehingga pemilik aslinya tidak bisa mengakses akun itu lagi. Penyebab lainnya adalah:

1. Lupa kata sandi

Pemilik akun TikTok yang gagal masuk ke akun TikTok miliknya biasanya tidak ingat kata sandi yang digunakan. Saat mencoba untuk masuk ke akun TikTok, pemilik akun mengalami kegagalan sehingga akun dianggap menghilang. Tentunya, ada solusi khusus untuk masalah ini.

2. Terkena pemblokiran

TikTok selalu berusaha untuk menyediakan konten yang bagus dan berkualitas untuk semua penggunanya. Jika ada pengguna TikTok yang melakukan pelanggaran seperti menyajikan konten yang mengandung SARA atau konten yang berbahaya, TikTok akan menghapus akun tersebut.

Yang membuat para pengguna TikTok bertanya-tanya adalah, apakah akun yang hilang karena terkena pemblokiran masih bisa dikembalikan? Temukan jawabannya di halaman ini.

Berbagai Cara Memulihkan Akun TikTok

Berbagai Cara Memulihkan Akun TikTok

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebab lenyapnya akun TikTok, segera cari tahu solusi untuk masalah ini. Bagi beberapa pengguna TikTok, memulihkan akun TikTok jauh lebih penting daripada membuat akun TikTok baru. Pelajari caranya di bawah ini.

1. Mengatasi masalah lupa password

Lupa password merupakan penyebab yang paling umum hilangnya akun TikTok. Jika akun TikTok gagal diakses karena lupa kata sandi, pastikan untuk mencoba memulihkan akun tersebut dengan menggunakan beberapa cara yang sangat mudah di bawah ini.

  • Buka aplikasi TikTok yang ada di perangkat Android kemudian lakukan login atau masuk ke akun yang sudah pernah didaftarkan.
  • Kemudian sentuh pada pilihan Use phone/email/username untuk masuk ke akun TikTok yang sudah terdaftar.
  • Kalau pengguna membuat akun TikTok dengan menggunakan media sosial seperti Twitter, Google, Instagram, atau Facebook, gunakan pilihan untuk masuk menggunakan salah satu media sosial.
  • Di halaman berikutnya, pilih tab yang bertuliskan Email/Username. Kemudian masukkan alamat email atau nama pengguna yang didaftarkan saat membuat akun TikTok.
  • Karena tidak ingat kata sandi untuk masuk ke akun TikTok, sentuh tombol Forgot password? TikTok akan membantu memulihkan akun dengan meminta pengguna mengatur ulang password melalui email yang dimasukkan tadi.
  • Kalau pengguna sudah tidak bisa mengakses email tersebut, gunakan feedback form atau formulir umpan balik dalam menghubungi TikTok. Masukkan username dan alamat email yang masih bisa diakses. Email tidak perlu sama dengan yang didaftarkan di TikTok.
  • Jelaskan di feedback form bahwa alamat email atau nomor HP yang terdaftar di TikTok tidak bisa diakses. Jelaskan juga bahwa Anda ingin memulihkan akun email yang passwordnya terlupakan.
  • Klik Submit untuk mengirimkan permintaan lalu pilih phone number atau email untuk menerima link pembaruan sandi.
  • Verifikasi alamat email atau nomor ponsel lalu sentuh tombol Reset. Kemudian buka pesan atau email untuk mengganti kata sandi TikTok.
  • Sentuh link yang masuk ke aplikasi pesan atau email lalu masukkan password baru dan konfirmasi password tersebut.
  • Tap tombol Reset maka kata sandi akan diperbarui dan pengguna bisa masuk ke akun TikTok lama yang tadinya menghilang karena lupa password.
Baca Juga:   Cara Top Up OVO Terlengkap 2023 (Tokped, MBanking dan Grab)

2. Cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus

Jika pengguna tanpa sengaja menghapus akun TikTok miliknya sendiri, rasa panik sudah pasti akan menghantui. Tapi sebenarnya tidak perlu panik karena akun TikTok yang terhapus tidak langsung lenyap begitu saja. Akun yang terhapus bisa dipulihkan dalam jangka waktu 30 hari.

  • Buka aplikasi TikTok di perangkat Android kemudian pilih menu Login untuk masuk memakai akun yang telah didaftarkan di TikTok.
  • Selanjutnya tap pada pilihan Use phone/email/username untuk masuk ke akun yang terhapus.
  • Saat akan masuk ke akun TikTok, akan muncul pemberitahuan bahwa akun sudah dinonaktifkan. Jika pengguna gagal masuk ke akun lama, bisa jadi akun sudah dihapus secara permanen.
  • Selama belum melewati batas waktu 30 hari, pengguna bisa memulihkan akun yang terhapus hanya dengan menyentuh tombol Reactivate di bawah pemberitahuan akun sudah tidak aktif.

Bagaimana kalau sudah melewati batas waktu 30 hari dan akun tersebut sudah dihapus secara permanen? Ada dua cara yang bisa dicoba untuk mengembalikan akun TikTok tersebut.

Memakai nomor HP

Sentuh tab Phone yang terdapat di bagian atas. Lalu masukkan nomor ponsel yang pernah dipakai untuk masuk ke akun TikTok. Selanjutnya sentuh pilihan Send code lalu masukkan kode yang masuk ke pesan teks ke aplikasi TikTok.

Memakai username atau alamat email

Pilih Email/Username di bagian atas lalu masukkan alamat email atau nama pengguna di kolom atas dan password di kolom bawah. Langsung saja sentuh tombol login untuk masuk lagi ke akun yang sudah dihapus.

3. Mengembalikan akun TikTok yang di banned

Kendala lain yang dihadapi oleh pengguna TikTok adalah akun tiba-tiba diblokir padahal pengguna yakin tidak melakukan apapun yang melanggar ketentuan. Kalau akun TikTok terkena pemblokiran, ada solusi yang bisa dicoba, yaitu dengan mengajukan banding.

  • TikTok akan mengirimkan pemberitahuan pemblokiran melalui aplikasi atau melalui email. Periksa pemberitahuan pemblokiran di bagian Notifications TikTok atau di kotak masuk email.
  • Di dalam pemberitahuan tersebut, ada pilihan untuk mengajukan banding dan memulihkan akun tersebut. Sentuh pilihan banding kemudian lengkapi formulir yang muncul di halaman berikutnya.
  • Jelaskan alasan kenapa akun TikTok tersebut seharusnya tidak terkena pemblokiran. Tunggu sampai pihak TikTok memeriksa dan meninjau pengajuan tersebut.
Baca Juga:   GCam Go Apk Terbaru 2023 Night Mode Untuk Semua Android

Setelah beberapa waktu, pihak TikTok akan membalas pengajuan banding tersebut dan memberikan keputusan apakah akun TikTok tersebut akan dikembalikan atau tidak. Selain melalui formulir banding, permintaan untuk mengembalikan akun juga bisa dilakukan melalui formulir umpan balik.

  • Akses formulir umpan balik kemudian lengkapi informasi yang diperlukan seperti alamat email dan username akun TikTok.
  • Di bagian Topic, pilih Account ban/suspension kemudian jelaskan keinginan untuk memulihkan akun TikTok yang terkena pemblokiran.
  • Jika ada, unggah beberapa bukti yang menyatakan bahwa akun TikTok yang akan dipulihkan memang tidak melanggar kebijakan apapun dan layak untuk dikembalikan.
  • Centang dua pernyataan yang ada di bagian bawah formulir kemudian sentuh tombol Submit untuk mengirimkan umpan balik ke TikTok.

Pengguna boleh mengirimkan formulir umpan balik beberapa kali tapi sebaiknya kirimkan 1 formulir saja dalam jangka waktu 24 jam. Lalu tinggal tunggu saja sampai TikTok mencabut pemblokiran pada akun TikTok tersebut.

Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Diakses

Cara Mengatasi Akun TikTok Tidak Bisa Diakses

Selain tiga cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus diatas, ada beberapa cara lain yang layak dicoba. Semua cara di bawah ini sebaiknya dicoba jika akun TikTok tidak bisa diakses hanya karena masalah teknis.

1. Restart ponsel

Kalau akun tertentu tidak bisa diakses, bisa jadi masalahnya ada pada perangkat yang dipakai. TikTok sendiri memberikan saran berbagai langkah yang bisa dicoba sebelum mencoba tiga cara di atas. Salah satunya adalah melakukan restart pada ponsel.

Matikan perangkat Android atau iPhone yang dipakai untuk mengakses akun TikTok. Kemudian tunggu selama kira-kira satu menit sebelum menghidupkannya kembali. Kemudian coba masuk lagi ke akun TikTok.

2. Periksa jaringan internet

Solusi lain yang bisa dicoba adalah memeriksa koneksi internet dan pastikan perangkat memperoleh sinyal yang stabil dan kuat. Kalau menggunakan jaringan 5G atau 4G, pastikan bilah sinyal cukup tinggi. Jika sinyalnya tidak kuat, coba hubungkan ponsel ke jaringan WiFi.

Baca Juga:   Link WA GB iPhone Update Versi Terbaru 2023 Asli dan Aman

Kalau ternyata tidak ada masalah pada jaringan internet yang digunakan, coba akses akun TikTok di perangkat lainnya. Jika akun bisa diakses di perangkat lain, bisa jadi perangkat yang lama mengalami masalah.

3. Bersihkan cache TikTok

Berbagai file sementara yang menumpuk di aplikasi TikTok bisa jadi membuat aplikasi berjalan dengan lambat. Solusinya adalah menghapus atau membersihkan file sementara atau cache dalam aplikasi TikTok. Untuk melakukannya, cukup ikuti beberapa langkah ini.

  • Buka aplikasi TikTok lalu pilih bagian Me yang ada di bagian kanan bawah layar.
  • Lalu sentuh ikon Menu di bagian kanan atas dan scroll ke bagian bawah.
  • Selanjutnya sentuh pada pilihan Free Up Space kemudian sentuh tombol Clear di samping menu Cache.
  • Sentuh juga tombol Clear yang ada di samping menu Downloads.

Setelah mengikuti empat langkah mudah di atas, coba masuk lagi ke akun TikTok yang sebelumnya tidak bisa diakses. Seharusnya akun sudah bisa diakses dengan lebih mudah dan cepat. Bersihkan cache secara rutin agar akun TikTok bisa digunakan tanpa kendala apapun.

4. Biarkan selama beberapa saat

Segala macam aplikasi yang terhubung ke internet biasanya membutuhkan maintenance atau perawatan rutin. Tujuannya adalah agar aplikasi bisa selalu dalam kondisi prima dan bisa digunakan dengan lancar setiap saat. Bisa jadi, maintenance membuat akun TikTok gagal diakses.

Jika ini yang terjadi, maka tidak ada hal lain yang bisa dilakukan oleh pengguna. Satu-satunya solusi adalah menunggu sampai perawatan rutin selesai dilakukan. Cari tahu informasi mengenai perawatan rutin TikTok di internet. Jika memang ada maintenance, tunggu sampai maintenance selesai.

5. Update aplikasi TikTok

Beberapa pengguna gagal mengakses akun TikTok karena aplikasi belum diperbarui. Seperti berbagai aplikasi lainnya, TikTok juga selalu berkembang dan pengembanganya akan menambahkan fitur-fitur baru di aplikasi. Selain fitur baru, pengembangan juga menyediakan solusi untuk berbagai bug.

Aplikasi TikTok yang tidak diupdate mungkin masih bisa dijalankan. Tapi beberapa bug tidak akan menghilang sehingga bisa mempengaruhi kenyamanan pengguna. Kendala lain yang bisa jadi muncul jika aplikasi tidak diperbarui adalah akun jadi tidak bisa diakses.

Solusinya adalah memperbarui aplikasi TikTok melalui Play Store maupun App Store. Dan pastikan pengguna hanya mengunduh TikTok dari dua aplikasi marketplace tersebut.

Coba setiap cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus yang ada di halaman ini dan cari tahu apakah ada cara yang berhasil.