Cara Menggunakan Facebook Ads Library Terbaru 2023

Luarbiasa.id– Meta merupakan induk perusahaan facebook, instagram hingga whatsapp. Seluruh layanan ini terintegrasi dengan sangat baik. Selain fungsi fitur yang tersinkronisasi pada akun masing-masing platform sebenarnya user juga bisa memanfaatkan tools penting lainnya. Misalnya facebok ads library. Ini merupakan tools yang membantu user untuk melihat seluruh iklan yang tayang pada platform milik Meta.

Tentu saja ini dianggap memberikan keuntungan bagi advertiser sehingga bisa melakukan analisis maupun evaluasi terhadap seluruh iklan yang tayang. Metode penggunaan dari tools ini juga dianggap cukup mudah.

Mengenal apa itu facebook ads library

Sebelum menggunakan fitur Facebook ads library, sebaiknya pahami terlebih dahulu fitur ini. Apalagi ini juga akan memberikan pengaruh terhadap fungsinal yang akan dioptimasi. Facebook Ads Library merupaakan fitur gratisan untuk melihat semua iklan yang tayang di platform milik perusahaan Meta. Beberapa layanan yang masuk dalam perusahaan Meta seperti Facebook, Instagram hingga Whatsapp.

Fungsi penting dari Facebook Ads Library adalah untuk mencari tahu informasi detail tentang sebuah iklan. Mulai dari perusahaan pembuat iklan, kapan iklan pertama kali tayang, di platform mana iklan muncul, sampai isi teks, gambar dan kepemilikan dari video yang digunakan untuk iklan.

Perlu diingat bahwa seluruh iklan yang tersedia juga bisa dipantau secara rinci selama statusnya masih aktif. Hal ini berlaku untuk jenis iklan umum. Namun, bagi user yang ingin memantu iklan berkaitan dengan sosial dan politik tentu saja masih bisa melihat  rician meskipun statusnya sudah tidak aktif lagi.

Baca Juga:   Cara Pasang Iklan di Google Ads Untuk Pemula, Sangat Mudah

Pengturan seperti ini justru memberikan transparansi terhadap seluruh iklan yang digunakan kompetitor untuk melakukan promosi. Sebenarnya ini memberikan keuntungan bagi user yang ingin menerapkan strategi terbaik untuk mendapatkan hasil lebih menguntungkan lagi.

Baca juga: 8 Kiat Youtuber Sukses Dan Niche Konten Populer Bagi Pemula

Facebook Ads Library

Cara mudah menggunakan Facebook Ads Library

Sebenarnya cara menggunakan Facebook Ads Library dianggap sangat mudah dan cepat. Selain itu, persyaratan yang dibutuhkan memang tidak terlalu rumit. Ini akan menjadi pertimbangan penting bagi user yang ingin melakukan optimasi secara menyeluruh. Selain itu, pastikan juga user sudahh memiliki strategi sehingga memudahkan penggunaan dari fitur ini. Berikut ini ada beberapa langkah mudah dan cara menggunakan Facebook Ads Library yang bisa dicoba seperti:

Akses login akun Facebook

Mulai dengan akses login Facebook. Pastikan user sudah memiliki akun facebook dan menggunakan username dan password yang sesuai. Akses ini sebaiknya melalui browser di desktop sehingga memberikan kemudahan dalam pengaturan melalui interface yang lebih lengkap dan lebar. Jangan lupa untuk menggunakan koneksi internet yang stabil.

Akses Facebook Ads Library

User bisa langsung menuju ke bagian halaman Facebook Ads Library. Pastikan bahwa seluruh fitur bisa diakses dengan mudah. Selain itu, user bisa mempertimbangkan berbagai iklan yang muncul dan melaporkan secara langsung dari konten iklan yang dianggap tidak pantas. Fitur seperti Report Ads juga membantu user untuk mendapatkan optimasi yang lebih baik. Seluruh akses  yang tersedia juga harus diperiksa terlebih dahulu.

Gunakan fitur pencarian

Ini merupakan langkah penting yang juga harus dilakukan user. Pastikan user menggunakan fitur pencarian yang tersedia dari Facebook Ads Library. Fungsi itur ini tentu saja untuk memudahkan pencarian konten iklan sesuai dengan kategori yang diinginkan. Fitur  ini memilik beberapa opsi yang bisa digunakan secara detail seperrti filter negara, filter jenis iklan, dan kolom pencarian.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Set Top Box Tidak Ada Sinyal Dan Penyebabnya

User bisa langsung memulai bagian Ad category. Melalui bagian ini user dapat memfilter iklan sesuai jenisnya. Beberapa jenis yang bisa didapatkan sepeti Issues, elections, or politics untuk mencari iklan dengan muatan politik. Biasanya user lain menggunakan pilihan All Ads untuk melihat semua jenis iklan secara umum.

Langsung beralih ke bagian sebelah kanan dari pencarian iklan. Pada bagian ini user bisa mencoba mencari iklan berdasarkan nama perusahaan pengiklan. Bahkan, pada bagian ini user bisa mencari iklan berdasarkan keyword tertentu. Ini yang sering dilakukan bagi banyak publisher maupun advertiser yang ingin mendapatkan rincian kompetitor dengan bisnis serupa.

Pilih negara dan bahasa

Setelah user berhasil memilih jenis iklan dan mengisi kolom pencarian maka hal selanjutnya adalah memiilih Filter Negara. Biasanya cara ini dilakukan dengan memilih negara tertentu agar mendapatkan rincian iklan yang tampil di negara itu

Rincian ini juga bisa dilihat secara langsung dan lengkap dengan scroll ke bagian bawah. User akan mendapatkan banyak iklan berdasarkan parameter negara, jenis hingga keyword iklan. Untuk mendapatkan rincian yang lebih khusus lagi maka bisa langsung menggunakan fitur filter. Beberapa rincian filter yang tersedia seperti opsi Language yang terletak paling atas. Ini sangat memudahkan user yang ingin mendapatkan rincian iklan yang muncul di Indonesia

Pilih iklan berdasarkan platform

Metode lain yang bisa digunakan untuk memaksimalkan fungsional Facebook Ads Library adalah memakai filter Platform. Cara seperti ini untuk memberikan kemudahan bagi user dalam mencari iklan yang tayang atau muncul sesuaidengan platform tertentu. Pada bagian ini seluruh platform memang terintegrasi dengan perusahaan Meta seperti Facebook, Instagram hingga Whatsapp. Pilihan filter yang tersedia juga memberikan pengaruh terhadap strategi yang mungkin akan membantu user.

Baca Juga:   Strategi Instagram Marketing Paling Efektif Untuk Bisnis

Pilih iklan sesuai Media

Cara menggunkan Facebook Ads Librar selanjutnya adalah untuk memudahkan pencarian iklan berdasarkan jenisnya. Hal ini juga bisa dilakukan dengan memaksimalkan fungsi filter bagian Media. Misalnya saja, pilihan yang tersedia terdiri dari banyak media konten, teks hingga video. Beberapa pilihan filter yang bisa didapatkan seperti gambar, meme, video atau tanpa media sama sekali. Bahkan, pada bagian filter video user bisa melakukan pencarian sesuai dengan transkrip khusus. Misalnya adegan tertentu hingga skrip skenario yang digunakan.

Filter iklan sesuai tanggal

Ini menjadi sangat penting bagi advertiser yang ingin mendapatkan rincian tentang seluruh iklan kompetitor. Fungsi penting yang didapatkan tentu saja user bisa memilih tanggal tayang iklan. Hal ini sebenarnya memiliki tujuan tidak berhadapan dengan iklan kompetitor. Apalagi cara ini juga bisa menjadi strategi khusus agar user bisa menampilkan iklan dari bisnis setelah penayangan iklan kompetitor selesai.

Cara yang dilakukan juga cukup sederhana dengan menggunakan fitur Impression by Date. User cukup memberikan tanggal di bagian From dan To untuk menentukan rentang waktu iklan. Setelah itu, klik Apply Filter maka seluruh iklan yang muncul pada tanggal itu akan diberikan.

Baca juga: Strategi Instagram Marketing Paling Efektif Untuk Bisnis

Komparasi semua iklan kompetitor

Ini menjadi fitur penting dari Facebook Ads Library. User bisa melakukan perbandingan dari iklan kompetitor langsung.  Biasanya  terdapat beberapa iklan dengan keterangan This ad has multiple versions. Hal ini memiliki makna bahwa pengiklan memakai beberapa variasi gambar dan teks yang berbeda untuk satu iklan yang sama.

Metode ini biasanya disebut dengan A/B Testing. Penggunaan Facebook Ads Library untuk A/B Testing adalah eksperimen terhadap dua atau lebih variasi produk dengan iklan yang sama. Komparasi ini untuk mendapatkan iklan yang paling disukai oleh audiens maupun target market. Cobalah gunakan fitur ini sebagai pembanding terhadap konsep iklan terbaik.