6 Cara Cek Nomor Telkomsel Sendiri dan Gratis Lewat HP

Luarbiasa.id-Meskipun nomor telepon hanya berupa sebuah kombinasi angka, akan tetapi hal ini menjadi identitas dari nomor ponsel itu sendiri. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara cek nomor Telkomsel supaya kamu bisa menggunakan untuk berkomunikasi dengan sebaik mungkin.

Sebenarnya kamu bisa mengetahui nomor Telkomsel yang kamu miliki tersebut dengan langkah yang sangatlah mudah. Namun, apabila kamu masih bingung mengenai langkah-langkah yang bisa diikuti, tidak perlu khawatir. Berikut ini informasi lengkap yang bisa kamu coba.

Cara Cek Nomor Telkomsel

Dari sekian banyaknya cara yang bisa kamu coba, maka tinggal pilih langkah mana saja yang paling praktis dan fleksibel. Dengan demikian, kamu tidak perlu bingung mengenai langkah-langkah untuk mengetahui nomor Telkomsel yang kamu miliki. Berikut langkah-langkahnya:

1. Melalui UMB

Melalui UMB

Cara yang pertama berupa kombinasi simbol beserta angka yang bisa menghubungkan ponsel dengan pihak penyedia layanan Telkomsel. Jika menggunakan kode UMB, kamu tidak hanya bisa mengetahui nomor Telkomsel yang kamu miliki saja.

Akan tetapi juga dapat mengetahui informasi layanan beserta jumlah pulsa. Berikut caranya:

  • Silangkah pertama, silakan kamu membuka menu panggilan yang ada di HP.
  • Setelah itu masukan kode UMB *808#.
  • Tunggulah sampai proses loading selesai.
  • Kemudian akan muncul notifikasi pop up yang berisi mengenai informasi nomor HP.
  • Kamu akan memperoleh SMS singkat yang berisi nomor HP kamu beserta informasi promo yang sedang berlangsung.

Perlu diketahui bahwa layanan chat nomor dengan UMB ini akan dikenakan biaya sebesar Rp55 untuk satu kali cek. Untuk itu, apabila pulsa kamu tidak mencukupi otomatis layanan tersebut tidak dapat diakses.

2. Melalui Aplikasi My Telkomsel

Melalui Aplikasi My Telkomsel

Apabila cara yang pertama menggunakan tarif pulsa dan saat ini kamu tidak memiliki pulsa, maka tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan aplikasi My Telkomsel yang terbebas dari pulsa ketika melakukan pengecekan.

Akan tetapi, apabila kamu ingin mengetahui cara cek nomor Telkomsel melalui aplikasi, kamu harus terhubung dengan jaringan internet. Kamu tidak hanya mengetahui nomor Telkomsel yang kamu miliki saja. Melainkan juga memperoleh informasi yang kamu butuhkan.

Contohnya seperti data yang tersisa, jumlah paket internet, layanan pembelian lainnya, maupun informasi lain. Kamu dapat menambahkan nomor lain pada satu aplikasi. Sehingga kamu tidak perlu mengunduh di HP yang lain.

Baca Juga:   6 Cara Setting APN Telkomsel Tercepat 4G dan 5G

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa diikuti untuk mengecek nomor Telkomsel melalui aplikasi, di antaranya:

  • Pertama silahkan kamu menjalankan aplikasi My Telkomsel terlebih dahulu.
  • Setelah itu login menggunakan data yang tersimpan di aplikasi Telkomsel versi terbaru.
  • Otomatis nomor ponsel kamu akan muncul di beranda. Letaknya ada di sebelah atas kiri. Hal ini juga lengkap sesuai dengan nama panggilan yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.

3. Mengecek Melalui Ponsel

Mengecek Melalui Ponsel

Hal yang sangat menarik untuk kamu ketahui bahwa cara cek nomor Telkomsel juga bisa dilakukan secara langsung melalui HP. Untuk cara yang ketiga ini tidak membutuhkan pulsa dan juga tidak membutuhkan koneksi internet ketika melakukan pengecekan.

Cara ini pun juga berlaku untuk pengguna provider yang lain. Berikut lagkah-langkahnya:

  • Silakan buka menu setting yang ada di ponsel.
  • Setelah itu klik opsi
  • Apabila sudah terbuka, silahkan kamu memilih nama, nomor telepon, beserta email.
  • Kamu akan memperoleh nama lengkap, nomor telepon di HP, serta alamat email sesuai yang sudah di daftarkan di aplikasi layanan iklan.

4. Melalui Website Resmi Telkomsel

Melalui Website Resmi Telkomsel

Perlu diketahui bahwa situs resmi dari provider Telkomsel juga memberikan layanan secara resmi di website yang dimilikinya. Kamu dapat dengan mudah mengakses situs ini melalui browser yang ada di HP, laptop, atau PC.

Sementara ini menjadi salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan nomor telepon Telkomsel yang kamu miliki. Tenang saja, langkah-langkah yang dapat kamu lakukan sangatlah mudah seperti berikut ini:

  • Di langkah pertama, silahkan kamu membuka aplikasi web browser yang ada di ponsel.
  • Kemudian tinggal mengunjungi situs resmi yang ada di telkomsel.com.
  • Silahkan kamu membuat akun, bagi yang belum melakukan pendaftaran.
  • Selanjutnya tinggal masuk ke aplikasi dan lihatlah informasi yang sedang kamu cari yaitu nomor telepon kamu letaknya ada di beranda sebelah kiri.

5. Melalui Operator Telkomsel

Melalui Operator Telkomsel

Langkah terakhir yang bisa kamu gunakan yaitu bisa meminta bantuan kepada pihak bantuan operator Telkomsel. Dengan menghubungi operator Telkomsel, maka kamu akan mengetahui berapa nomor telepon yang saat ini sedang kamu gunakan.

Perlu diketahui bahwa layanan operator Telkomsel ini memberikan layanan selama 24 jam setiap harinya. Sehingga, kapanpun kamu menghubunginya pasti akan disambut dengan baik. Untuk caranya yang bisa dilakukan yaitu:

  • Kamu bisa menghubungi operator Telkomsel di nomor 08071811811. Hal ini akan ditetapkan tarif lokal yang berlaku.
  • Kemudian nomor tersebut dapat diakses melalui provider seluler yang lain. Contohnya seperti XL, Indosat Ooredoo maupun Smartfren.
  • Jika kamu sedang berada di luar negeri maupun terkena roaming, maka dapat menggunakan nomor lain seperti +62811000333.
  • Untuk semua panggilan tersebut dikenakan tarif sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Baca Juga:   5 Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Di HP Android

6. Melalui Asisten Virtual

Melalui Asisten Virtual

Melalui asisten virtual, maka kamu bisa juga mengetahui bagaimana cara cek nomor Telkomsel. Telkomsel itu sendiri sudah menyediakan asisten virtual yang berbasis chat. Untuk asisten tersebut diberi nama sebagai Veronica.

Veronica inilah yang siap membantu kamu untuk mengakses informasi beragam produk Telkomsel maupun layanan yang ditawarkan oleh provider ternama di Indonesia ini. Contohnya melakukan pengecekan kuota, pengecekan nomor, penukaran Telkomsel poin.

Bisa juga untuk melakukan pembelian pulsa, mengecek tagihan Telkomsel Halo dan yang lainnya. Untuk asisten virtual Telkomsel tersebut dapat diakses melalui beberapa aplikasi. Seperti Facebook Messenger, Line, Telkomsel, situs website Telkomsel, WhatsApp maupun aplikasi My Telkomsel.

Cara Mengecek NIK di Kartu Telkomsel

Cara Mengecek NIK di Kartu Telkomsel

Selain mengetahui cara cek nomor Telkomsel, penting juga bagi kamu agar mengetahui siapa yang terdaftar di NIK kartu Telkomsel kamu. Setiap pelanggan memang diwajibkan untuk melakukan registrasi kartu XL yang menyertakan data NIK atau Nomor Induk Kependudukan.

Hal ini juga disertai dengan nomor kartu keluarga. Apabila tidak melakukan registrasi tersebut, otomatis pelanggan tidak bisa mengakses segala layanan yang tersedia. Baik itu SMS, telepon, maupun internet.

Proses registrasi bisa dilakukan melalui nomor 4444. Apabila dulu kamu pernah melakukan registrasi nomor NIK, maka kamu bisa melakukan pengecekan untuk mengetahui siapa nama yang terdaftar di kartu Telkomsel tersebut. Tentu caranya sangatlah mudah yaitu seperti berikut:

  • Silakan kamu membuka menu panggilan yang ada di Smartphone.
  • Setelah itu tinggal mengetik kode UMB *444#
  • Kemudian tekan tombol OKE agar bisa langsung menghubungi pihak Telkomsel.
  • Tunggulah beberapa saat sampai muncul bagian menu layanan cek NIK kartu
  • Di bagian menu tersebutlah, kamu bisa melakukan pengecekan status registrasi.
  • Selanjutnya tinggal memasukkan 16 digit nomor NIK milik pribadi maupun atas nama sendiri.
  • Langkah yang terakhir, kamu akan memperoleh SMS masuk yang menginformasikan kartu Telkomsel terdaftar menggunakan NIK tersebut.
  • Proses selesai.

Hal terpenting, data yang kamu gunakan tersebut adalah milik kamu sendiri. Apabila setelah dicek ternyata kartu yang kamu gunakan tersebut bukan milik kamu sendiri atau atas nama orang lain, maka jalan satu-satunya yang bisa dilakukan yaitu kamu dapat menghubungi kantor GraPARI.

Baca Juga:   Kenapa WA Tidak Bisa Buka Link, Berikut Cara Mengatasinya

Jangan lupa untuk membawa KK serta KTP. Di kantor GraPARI inilah, kamu bisa meminta bantuan kepada tugas Telkomsel untuk melakukan pemeriksaan data registrasi pada kartu Telkomsel. Setelah itu tinggal menghapusnya.

Apabila data tersebut tidak sesuai dan proses penghapusan data sudah dilakukan, barulah pelanggan bisa mengajukan melakukan registrasi ulang dari kartu Telkomsel yang dimilikinya.

Mengapa Registrasi Kartu Telkomsel Gagal?

Mengapa Registrasi Kartu Telkomsel Gagal?

Untuk proses registrasi pada kartu perdana yang baru saja digunakan memang wajib supaya bisa digunakan untuk berkomunikasi. Akan tetapi bagaimana jika proses registrasi tersebut mengalami kegagalan? Tentu hal ini dikarenakan beberapa hal.

Oleh karena itu, setelah kamu memahami bagaimana cara cek nomor Telkomsel, maka kamu bisa mengetahui penyebab dan solusi registrasi kartu yang mengalami kegagalan di antaranya:

1. Cek NIK dan KTP

Cara utama yang perlu dilakukan ketika registrasi kartu mengalami kegagalan yaitu silakan cek nomor NIK dan KK yang ada di Dukcapil. Pada biasanya memberikan validasi data kependudukan yang memang belum terdaftar.

Sebelum melakukan registrasi kartu yang mengalami kegagalan di Duckapil, silahkan kamu teliti kembali ketika proses pengisian nomor. Bisa saja hal ini kesalahan bukan dari Dukcapilnya, akan tetapi dari salah memasukkan angka KK atau NIK.

2. Registrasi Melalui Website Resmi

Proses registrasi kartu yang mengalami kegagalan dapat dilakukan melalui website resmi kamu tinggal melakukan registrasi kartu perdana tersebut di website yang sudah direkomendasikan. Untuk cara registrasi kamu harus mempersiapkan koneksi internet yang stabil.

Setelah itu kunjungi situs Telkomsel, setelah itu silakan mengikuti langkah-langkah registrasi yang dibutuhkan sesuai yang diminta. Kemudian kamu tinggal memasukkan nomor telepon yang dimiliki beserta data yang dibutuhkan.

Tunggulah sampai notifikasi registrasi muncul. Apabila menemukan notifikasi berhasil, maka artinya bahwa registrasi kartu sudah selesai dan bisa langsung digunakan.

3. Registrasi Ulang Melalui SMS

Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan registrasi ulang melalui SMS. Ini menjadi cara yang biasa dilakukan oleh pengguna ketika melakukan pendaftaran kartu. Pada saat registrasi kartu Telkomsel gagal, maka kamu tidak perlu merasa khawatir dan panik.

Kamu dapat melakukan registrasi ulang dari pesan yang sama walaupun melakukannya secara berulang. Bahkan hal ini juga tidak mengurangi pulsa. Apabila pengiriman tepat, otomatis kamu perlu menyetujuinya. Kamu harus bertanggung jawab terhadap data yang sudah kamu kirimkan/input.

Memang tidak semua pengguna Telkomsel akan ingat dengan nomor telepon yang dimilikinya. Mungkin saja hal ini dikarenakan pengguna memiliki lebih dari 2 nomor dan berasal dari provider yang tidak sama. Oleh karena itu sudah sewajarnya jika kamu perlu melakukan pengecekan nomor.

Hal ini penting ketika kamu ingin melakukan pengisian pulsa, mengisi data pribadi atau hal yang lainnya. Untuk itu, beberapa cara cek nomor Telkomsel yang ada di atas bisa diikuti supaya kamu bisa mengetahui nomor telepon yang kamu gunakan.