Cek Sertifikat Vaksin Online Tidak Perlu Download Pedulilindungi

Luarbiasa.id-Vaksin merupakan salah satu syarat utama yang harus dilakukan oleh seseorang jika ingin berpergian menggunakan transportasi khusus seperti pesawat dan kereta api. Pasalnya jika kalian ingin pergi menggunakan pesawat atau kereta api harus sudah di vaksin dan memiliki bukti yaitu berupa sertifikat nya.

Mengingat bahwa pandemi belum begitu usai kalian harus tetap waspada karena mencegah jauh lebih penting dari pada mengobati. Inilah mengapa pemerintah mengeluarkan peraturan baru di sejumlah tempat umum seperti ketika kalian ingin memasuki kawasan wisata, bandara, stasiun dan tempat-tempat ramai lainnya harus menunjukan Sertifikat Vaksin kepada petugas.

Lantas apa itu Sertifikat Vaksin sebenarnya? Mengapa sering dianggap penting dan harus dimiliki oleh setiap orang. Kalau begitu kalian bisa langsung simak penjelasannya dibawah ini.

Apa Itu Sertifikat Vaksin?

Sertifikat Vaksin merupakan surat atau sertifikasi yang hanya diberikan kepada seseorang yang sudah menerima vaksin Covid-19 sesuai dengan peraturan pemerintah Indonesia. Pasalnya didalam sertifikat vaksin terdapat data yang meliputi nama, tepat tanggal lahir, tanggal vaksinasi, kode QR dan juga NIK.

Seperti yang telah kami katakan diatas bahwa memiliki sertifikat vaksin ini sangatlah penting untuk berjaga-jaga ketika kalian ingin mengunjungi kawasan umum atau bahkan ketika ingin berpergian.

Lantas apakah seseorang yang hanya menerima 1 dosis vaksinasi saja akan muncul sertifikatnya? Mengapa kebanyakan masyarakat di desa kami tidak diberikan sertifikat vaksin tersebut.

Perlu kalian ketahui bahwa sertifikat vaksin bisa kalian cek sendiri melalui internet dengan memasukan NIK beserta KTP saja. Nanti disana akan muncul apakah orang tersebut sudah melakukan vaksinasi atau belum. Jika sudah maka disana juga akan tertera sudah berapa dosis yang diterima orang tersebut.

Baca Juga:   Berapa Harga Bumi Jika Dijual? Berikut Jawaban Menurut Ilmuwan

Untuk perihal pengecekan Sertifikat Vaksin masih banyak masyarakat yang kebingungan karena tidak tahu caranya. Oleh karena itu disini kami akan coba membantu kalian untuk melakukan pengecekan Sertifikat Vaksin dengan berbagai macam metode, bagi kalian yang belum tahu silahkan bisa langsung disimak informasi lengkapnya dibawah ini.

cek sertifikat vaksin

Cara Cek Sertifikat Vaksin Menggunakan NIK

banyak dari mereka ada yang beranggapan bahwa untuk mengecek sertifikat vaksin itu sulit dan ribet padahal yang perlu mereka lakukan adalah memasukan nomor NIK saja. Adapun cara-cara yang bisa kalian coba untuk Cek Sertifikat Vaksin Menggunakan NIK:

1. Via Website PeduliLindungi

Cara pertama yang umum dilakukan orang-orang dalam mengecek sertifikat vaksin mereka yaitu melalui Website peduliLindungi. Sebenarnya peduliLindungi juga tersedia aplikasinya namun bagi kalian yang malas mendownload nya bisa langsung gunakan website nya saja dengan cara sebagai berikut:

  1. Silahkan buka situs pedulilindungi.id di browser kamu.
  2. Klik menu Registrasi Vaksin dan pilih Login Sekarang.
  3. Masukan nama lengkap, nomor HP, dan NIK.
  4. Nanti akan ada kode OTP yang dikirimkan pada nomor tersebut melalui SMS.
  5. Kalian tinggal masukan saja 6 digit kode nya.
  6. Pilih nama akun yang ada di pojok atas sebelah kanan.
  7. Klik sertifikat vaksin > Klik nama dan nanti sertifikat vaksinasi kamu akan muncul.
  8. Selesai.

2. Via WhatsApp

Selain melalui website kalian juga bisa Cek Sertifikat Vaksin di WhatsApp melalui chat bot. Tapi sebelum menggunakan layanan Chat Bot via WhatsApp ini kalian harus memiliki akun PeduliLindungi terlebih dahulu. Bagi kalian yang tidak tahu caranya silahkan bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pertama silahkan simpan nomor resmi Kemenkes terlebih dahulu yaitu (0811-1050-0576).
  2. Berikutnya kalian bisa langsung mengirimkan pesan di WhatsApp pada nomor tersebut dengan format “Hallo atau Hai”
  3. Disini chat bot akan aktif dan kalian bisa klik “Menu Utama”
  4. Pilih “Sertifikat Vaksin” dan kirimkan seperti ketika kalian membalas pesan.
  5. Kemudian kalian akan dimintai nomor HP yang sudah terdaftar di PeduliLindungi sebelumnya.
  6. Silahkan balas dengan mencantumkan no HP kamu.
  7. Nanti akan ada kode OTP yang dikirimkan via SMS.
  8. Silahkan cek dan tuliskan kode tersebut lalu kirimkan ke chat bot Kemenkes.
  9. Chat bot akan membalas secara otomatis dengan mengirimkan beberapa pilihan menu diantaranya yaitu: Status Vaksinasi, Download Sertifikat Vaksin, dan Ubah Informasi Diri.
  10. Disini kalian bisa memilih menu Download Sertifikat Vaksin.
  11. Kemudian kirimkan NIK kamu.
  12. Terakhir sertifikat vaksin akan segera dikirimkan melalui chat WA.
  13. Selesai.
Baca Juga:   Cara Kerja Lensa tele, Kelebihan Fitur dan Jenisnya

3. Via SMS

Banyak dari mereka ada yang tidak sadar bahwa pernah menerima SMS dari nomor 1199 terkait pernyataan bahwa kalian telah melakukan vaksinasi baik dosis pertama, kedua dan seterusnya.

Nanti kalian juga akan diberitahu kembali jadwal vaksin berikutnya melalui SMS tersebut. Namun hanya dengan melalui SMS juga kalian bisa Cek Sertifikat Vaksin dengan cara sebagai berikut:

  1. Pertama silahkan buka pesan singkat yang pernah dikirimkan oleh nomor 1199 atau (Kemenkes).
  2. Nanti disana ada link sertifikat vaksinasi, kalian bisa klik saja link nya.
  3. Kemudian kalian akan diarahkan ke website pedulilindungi.id yang ada di browser kamu.
  4. Disini jika kalian belum memiliki akun maka buat akun terlebih dahulu menggunakan email atau nomor HP.
  5. Isikan data diri kamu sesuai yang diminta.
  6. Lalu pilih sertifikat vaksin yang sesuai dengan nama lengkap kamu.
  7. Pilih unduh untuk bisa mendownload sertifikat vaksin kamu.
  8. Selesai, sertifikat vaksin kamu sudah tersimpan di galeri HP kamu.

Sudah Melakukan Vaksinasi Tapi Belum Dapat Sertifikat?

Biasanya sertifikat vaksinasi akan muncul sesudah waktu 1×24 jam setelah melakukan vaksin. Namun jika sampai saat batas waktu maksimal kalian belum mendapatkan sertifikat vaksin juga mungkin sebelumnya kalian tidak pernah cek sama sekali apakah sertifikat kalian sudah muncul atau belum.

Untuk memastikan nya kalian bisa langsung mencoba cara diatas, jika muncul langsung klaim saja sertifikatnya maka secara otomatis sertifikasi akan tersimpan di galeri ponsel masing-masing.

Kegunaan Sertifikat Vaksin

Seperti yang sudah kami katakan bahwa sertifikat vaksin sangat berguna, dimana ketika kalian ingin mengunjungi tempat-tempat umum maka harus menunjukan sertifikat tersebut. Jika tidak maka kalian tidak akan masuk, adapun tepat umum yang membutuhkan sertifikat vaksin ketika memasukinya yaitu sebagai berikut:

  • Mall/pusat perbelanjaan
  • Tempat wisata
  • Supermarket
  • Layanan transportasi umum (pesawat, kereta api, Bus, MRT, Kapal Laut)
  • Perhotelan
  • Restoran
  • Dan tempat umum lainnya
Baca Juga:   Ucapan Selamat tahun Baru 2023 Untuk Teman, Pacar Dan Keluarga

Kesimpulan

Nah itulah tadi beberapa cara untuk Cek Sertifikat Vaksin yang bisa kalian coba. Caranya cukup mudah, jangan lupa di unduh sertifikat vaksin nya untuk bisa memudahkan kalian dalam mengakses berbagai macam tempat umum. Mungkin hanya sekian pembahasan pada kesempatan kali ini, terimakasih semoga bisa membantu