Cara Download Video Facebook Full HD 2023 Langsung ke Galeri

Luarbiasa.id-Cara download video Facebook masih terus dicari oleh banyak orang. Pasalnya, hingga kini, FB belum menyediakan fitur untuk simpan video langsung di perangkat hp atau PC.

Pengguna hanya bisa menyimpan video di FB di dalam profil saja, alias menjadi daftar tayangan yang disukai. Jadi hanya bisa diakses dan ditonton lewat online.

Mau tidak mau, pengguna harus download melalui pihak ketiga, lewat aplikasi atau lewat platform website. Untungnya, saat ini ada banyak platform yang mudah digunakan dan tentunya gratis. Umumnya kamu bisa menyimpan video dari Facebook dengan cara menyalin link url video atau instal aplikasi khusus. Langsung saja kita simak tutorial berikut ini.

Tipe Video di FB

Untuk saat ini sendiri Facebook memiliki beberapa jenis video. Baik itu yang dibagikan maupun story, untuk lebih lengkapnya lagi dapat anda simak seperti berikut.

1. Story

Ada beberapa lokasi video di Facebook, yang pertama, Story. Story FB adalah fitur status dengan durasi pendek (30 detik). Fitur ini biasa diisi dengan kegiatan ringan seseorang, misalnya sedang makan, jalan-jalan dan urusan pekerjaan.

Kelebihan video di Story diantaranya lebih mudah dilihat orang. Selain karena letaknya ada di bagian atas aplikasi, juga khusus status dari teman atau page yang hanya kita ikuti saja.

Berbeda dengan status di beranda yang bisa muncul rekomendasi konten video dari orang lain yang tidak kita follow / berteman. Jika kamu tertarik dengan video story teman, kamu bisa simpan video tersebut dengan mudah dengan cara-cara yang kami bagikan selanjutnya.

2. Beranda

Ada banyak video yang bisa kita lihat di Beranda FB, baik video dari teman maupun video lain yang muncul secara otomatis. Berbeda dengan story, video di Beranda FB lebih panjang. Bentuk video di Beranda juga biasanya dalam format landscape, bukan portrait.

Bahkan tak jarang ada yang mengunggah video dari film yang berdurasi hingga lebih dari 60 menit. Inilah yang membuat cara download video Facebook banyak dicari, salah satunya untuk simpan film populer yang beredar di FB.

3. Fanpage

Video Fanpage adalah video yang ada pada akun halaman di FB. Kebanyakan video yang dibagikan biasanya sangat menarik, karena berasal dari komunitas, tokoh, channel profesional hingga gamers.

Baca Juga:   Regedit Ruok FF Apk Auto Headshot Tanpa Password Terbaru 2023

4. Reels

Video Reels adalah video yang tayang selama 90 detik di FB. Jenis video Reels adalah potrait, ukuran 9:16. Video Reels mirip dengan jenis video di Beranda, karena bisa dijangkau oleh orang banyak, tidak terbatas dari lingkungan pertemanan saja.

Jadi Reels banyak dimanfaatkan orang untuk membuat konten lucu, drama dan cerita romantis pendek. Beberapa pengguna juga membuat video iklan produk mereka.

5. Grup

Perbedaan Facebook dengan media sosial lain adalah keberadaan Grup. Grup adalah tempat berkumpulnya pengguna FB yang memiliki ketertarikan yang sama. Misalnya, grup otomotif, grup kicau burung, grup ikan hias dan masih banyak lagi.

Tak jarang kita temukan video yang bermanfaat dari Grup FB, misalnya tutorial memperbaiki kendaraan motor/mobil dan video lainnya. Untuk download video dari Grup FB, kamu bisa menggunakan metode dibawah ini.

Baca juga: Download Video TikTok Tanpa Watermark Kualitas HD Terbaru 2023

Cara Salin Link Url Video FB

Sebelum mendownload video, maka anda perlu menyalin url link video terlebih dahulu. Selengkapnya anda bisa cek seperti berikut ini.

1. FB Mobile

Bagi kamu yang menggunakan aplikasi FB di hp, bisa ikuti langkah berikut.

  1. Silahkan buka aplikasi FB di hp
  2. Pilih video yang mau di download
  3. Klik titik tiga di pojok kanan atas
  4. Pilih salin link tautan url
  5. Atau bisa klik bagikan, lalu pilih salin link url
  6. Selesai

2. FB PC

Cara simpan url video FB dari PC hampir sama dengan aplikasi mobile, dengan sedikit perbedaan saja.

  1. Buka situs https://facebook.com/
  2. Cari video yang mau disimpan
  3. Klik kanan pada bagian video atau klik titik tiga di pojok
  4. Pilih opsi salin link url video
  5. Selesai

download video facebook HD

Download Video Facebook Tanpa Aplikasi yang Di Private

Download video FB tanpa aplikasi memiliki kelebihan karena tidak perlu repot instal aplikasi khusus tertentu. Namun kita harus mengingat link situs atau mengetik kata kunci download video FB terlebih dahulu di browser.

1. Snapsave

SnapSave adalah situs video downloader yang mendukung resolusi hingga 4k. Jadi hasil unduhan dijamin berkualitas atau sama dengan aslinya. Nggak perlu khawatir kualitas video menurun dan akan jadi jelek. Selain itu penggunaannya cukup mudah, hanya menggunakan url video untuk menyimpannya.

Situs ini bisa diakses melalui browser smartphone maupun PC, baik di Chrome, Opera, Mozilla atau Safari. Simak cara simpan video FB dari Snapsave :

  1. Salin link url video di FB
  2. Kunjungi situs https://snapsave.app/id
  3. Tempel di kotak url yang tersedia
  4. Klik download untuk memulai proses
  5. Pilih format dan ukuran video yang diinginkan
  6. Atur penyimpanan video di hp / PC
  7. Tunggu proses download selesai.
Baca Juga:   Zefoy Com Penambah Like dan Followers TikTok Agar FYP

download video FB

2. Savefrom

Bagi yang sering berselancar di internet, pasti sudah tidak asing dengan situs Savefrom. Ya, pasalnya Savefrom memang terkenal sebagai situs download video dan musik dari berbagai platform media sosial.

Mulai dari FB, IG, YT, Twitter, TikTok, Reddit dan masih banyak lagi. Bahkan situs ini bisa merubah / konversi video menjadi format MP3.

Ikuti langkah-langkah simpan video FB via Savefrom dibawah ini.

  1. Salin url video FB yang akan diunduh
  2. Klik link https://id.savefrom.net/9-how-to-download-facebook-video-120.html
  3. Masukkan / tempel di kotak url video
  4. Klik unduh
  5. Tunggu beberapa saat, lalu pilih resolusi dan format video
  6. Pilih folder penyimpanan di perangkat
  7. Selesai.

3. Getmyfb

Getmyfb cocok bagi yang mau simpan video anti ribet. Pasalnya situs ini bisa diakses via smartphone Android dan iOS atau laptop/komputer Windows dan Mac.

Kamu tidak perlu instal aplikasi, alias hanya tinggal membuka website untuk menyimpan video FB. Kelebihan Getmyfb lainnya adalah mendukung fitur konversi video FB menjadi format MP4 dan download video FB pribadi. Proses menyimpan video sangat sederhana, cukup menyalin url video, kemudian menempelkan ke kolom url yang ada di situs https://getmyfb.com/id/facebook-to-mp4.

Selanjutnya, tinggal ikuti prosedur yang ada, sangat jelas dan tak membutuhkan waktu lama, video FB akan tersimpan di hp / PC kamu.

Download Video Facebook di Android

Apabila anda ingin menggunakan aplikasi untuk mengunduh video di FB, maka anda juga bisa melakukannya. Aplikasi yang kami rekomendasikan dibawah ini bisa anda dapatkan di play store.

1. Fastvid

Fastvid adalah produse aplikasi download video FB yang menakjubkan, pasalnya ada lebih dari 100 juta orang telah menginstalnya di smartphone mereka.

Dengan total penilaian 4.4 dari 2.6 juta orang, aplikasi ini sangat bisa diandalkan untuk keperluan download video. Aplikasi ini mendapat penilaian terbaik dari sisi kecepatan dan kemudahan aksesnya. Bahkan untuk yang awam tentang dunia aplikasi sekalipun.

  1. Pertama, instal aplikasinya melalui Google Play
  2. Setelah berhasil, buka aplikasi Facebook
  3. Pilih video yang diinginkan
  4. Klik titik tiga di bagian pojok kanan atas
  5. Pilih opsi salin tautan
  6. Buka aplikasi unduh video dari Fastvid
  7. Tempel linknya di kotak url
  8. Klik Download HD / SD untuk menyimpan
  9. Selesai

Kamu bisa lihat daftar video yang berhasil didownload melalui menu unduhan.

2. ETM Video Downloader

Aplikasi unduh video dari ETM termasuk yang terfavorit, karena sudah lebih dari 10 juta pengguna di Android. Jadi nggak perlu diragukan lagi ya!

Baca Juga:   Kapan Ulang Tahun Lazada 2023? Simak Tanggal, Profil Usaha, dan Segala Layanannya

Kelebihan aplikasi ini adalah fitur kelola file download dengan mudah. Setelah download, kamu bisa langsung, membagikan, menonton, mengedit dan menghapus video. Proses unduhnya hampir sama dengan aplikasi sebelumnya.

  1. Instal dulu aplikasi ETM Video Downloader
  2. Kemudian cari video FB keren yang mau didownload
  3. Salin linknya dengan klik ‘titik tiga’ di pojok video
  4. Tempel link tersebut di aplikasi ETM Video Downloader
  5. Klik tombol unduh untuk memulai proses unduh
  6. Selesai

download video facebook HD

Download Video Facebook di iPhone

Cara download video FB di iPhone, cukup menggunakan situs Fbdownloader. Situs ini mampu menyimpan video dari Facebook dengan kualitas tinggi, seperti Full HD, 1080p, 2K, 4K.

Kamu juga bisa merubah dalam bentuk format MP3 dalam berbagai kualitas, 128kbps, 192kbps, 256kbps, 320kbps.

Selain itu, situs ini memang banyak direkomendasikan karena bisa unduh berbagai jenis video di FB, seperti video FB publik, video grup, reels, fanpage dan FB pribadi.

Proses downloadnya mirip dengan situs downloader lain yaitu :

  1. Salin link url video FB
  2. Buka situs https://fdownloader.net/id
  3. Tempel link url video pada kolom yang tersedia
  4. Klik Unduh
  5. Pilih kualitas dan format video
  6. Otomatis akan membuka tempat penyimpanan di iPhone
  7. Tunggu hingga proses download selesai

Ekstensi Chrome

Ekstensi adalah fitur yang tersedia di Chrome, untuk memudahkan pengguna melakukan aktivitas tertentu, diantaranya menyimpan video dari online.

Diantara ekstensi yang populer adalah Unduh Video Facebook dan  Video downloader for FB yang saat ini sudah diinstal puluhan hingga ratusan ribu pengguna.

Cara download video FB via ekstensi Chrome adalah :

  1. Instal ekstensi terlebih dahulu dengan klik salah satu ekstensi di atas
  2. Klik ‘tambahkan ke Chrome’
  3. Klik next untuk mulai download ekstensi dan proses pemasangan
  4. Setelah muncul ikon ekstensi, silahkan buka video FB yang diinginkan
  5. Akan muncul tombol Download Video melayang di masing-masing video FB
  6. Klik tombol tersebut untuk mulai mengunduh video
  7. Selesai

Download Video FB Private

Facebook private atau FB pribadi adalah pengaturan privasi sebuah akun. Artinya akun tersebut hanya bisa dilihat oleh pemiliknya saja.

Ciri akun private adalah tidak bisa dilihat konten atau statusnya dan ada icon gembok pada bagian bawah judul postingan video. Seringkali pengguna sulit untuk simpan video dari FB private, karena tidak banyak tools yang bisa menanganinya.

Namun jangan khawatir, karena kami akan membagikan caranya secara gratis. Namun kali ini, kamu harus menggunakan PC, karena prosesnya berbeda dari langkah sebelumnya.

  1. Buka situs https://snapsave.app/id/download-private-video
  2. Cari video FB yang akan di unduh
  3. Salin link video dari Facebook Pribadi
  4. Tekan CTRL + U (Windows) atau ⌘ + A (Mac) > view page source
  5. Salin semua kode yang tampil di layar
  6. Kembali ke situs no 1
  7. Tempel kode no 5 ke dalam kotak kode yang tersedia
  8. Klik download
  9. Pilih jenis video
  10. Simpan

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa pilihan cara yang bisa anda pergunakan untuk bisa mendownload video FB. Dari beberapa cara yang sudah kami share diatas anda dapat memilih salah satunya.