Komik Dalam Kata Lain Disebut Juga Apa? Ini Definisi dan Jenisnya

Luarbiasa.id-Dulu sebelum adanya game online, dan smartphone juga jarang digunakan oleh anak-anak banyak sekali kegiatan yang mereka lakukan sehabis pulang sekolah seperti misalnya membeli komik dengan jumlah banyak untuk dibaca dirumah ketika sedang santai.

Seperti yang kalian tahu komik adalah salah satu buku dengan halaman yang sedikit lengkap beserta dengan gambar sesuai dengan alur cerita yang ada didalamnya. Meskipun demikian kita sebagai pembaca merasa dapat menggambarkan situasi dan kondisi yang sedang terjadi dalam cerita tersebut.

Banyak sekali genre komik yang bisa kalian baca salah satunya yang paling favorit dari kalangan anak-anak yaitu cerita horor. Bagi kalian penggemar cerita komik Indonesia pasti sudah tahu dengan komik ciptaan Tatang S yang banyak beredar di penjual buku cerita, perpustakaan, dan lain sebagainya.

Meskipun penciptanya sudah tiada tetapi karya nya masih banyak dinikmati oleh mereka yang gemar membaca. Lantas apa si arti komik itu sendiri? Kalau begitu kalian bisa langsung simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Definisi Komik

Coba kalian bisa lihat terlebih dahulu judul artikel kami diatas yaitu Komik Dalam Kata Lain Disebut Juga? Ada yang tahu kata lain komik? Jadi, komik itu dalam kata lain disebut juga Cerita Bergambar. Lantas apa definisi dari komik itu sendiri?

Baca Juga:   Mengatasi Akun Ini Tidak Diizinkan Untuk Menggunakan WA Karena Spam

Komik merupakan sebuah buku cerita yang mengandung banyak sastra gambar didalamnya. Gambar tersebut sebagai bentuk dari komunikasi visual supaya file dan informasi yang ada didalamnya bisa tersampaikan dengan baik kepada pembaca.

Sebenarnya seiring perkembangan zaman definisi komik makin kesini makin banyak namun pada intinya tetap sama yaitu cerita bergambar atau (Cergam). Menurut penelitian sebagain besar anak yang kurang suka membaca bisa dipancing dengan cara dibelikan komik dengan judul yang membuat ia penasaran. Dan semuanya bisa terbukti anak tersebut sekarang gemar membaca den mengoleksi berbagai macam genre komik dikamarnya.

Jenis-Jenis Komik

Ada 5 jenis komik yang wajib kalian ketahui agar tidak salah dalam menyebut, berikut ini adalah jenis-jenisnya:

1. Comic Book

Yang pertama yaitu ada Comic Book atau komik dengan bentuk fisik buku yang sering kalian baca dan dapatkan dari toko buku atau penjual aksesoris, mainan dan lain sebagainya.

2. Web Comic

Web Comic atau komik digital bisa kalian temukan banyak di smartphone dengan memanfaatkan jaringan internet. Misalnya Mangatoon, Webtoon, Line dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Kartun

Jenis komik yang satu ini hanya memberikan tampilan berupa gambar, balon kata beserta ilustrasi saja. Hal semacam ini biasanya terdapat sebuah sindiran kepada seseorang ataupun cuma lelucon belaka.

4. Comic Annual

Jenis comic annual ini terbilang salah satu jenis komik yang sangat langka karena hanya diterbitkan 1 kali dalam sebulan bahkan kemungkinan bisa 1 tahun sekali.

5. Comic Strip

Comic Strip adalah jenis komik yang berisi sepenggal panel komik dimana pembacanya akan nanggung karena tidak langsung selesai karena ceritanya masih bersambung.

Komik Dalam Kata Lain

Komponen-Komponen Dalam Komik

Setiap cerita komik pasti dibangun dengan unsur komponen didalamnya. Adapun komponen-komponen komik yang perlu kalian ketahui yaitu sebagai berikut:

Baca Juga:   10+ Twibbon Mixue Gang Jaya Jaya Jaya Yang Sedang Viral

1. Panel

Yang pertama yaitu ada Panel, panel merupakan suatu garis kotak-kotak yang membedakan ilustrasi satu dengan yang lainnya. Biasanya dalam panel tersebut menceritakan sebuah alur cerita komik tersebut .

2. Parit

Selanjutnya yaitu ada Parit, parit ini adalah suatu ruang kecil yang memisahkan antar panel supaya bisa lebih merekatkan alur dari cerita komik tersebut.

3. Balon Dialog

Balon dialog ini adalah sebuah ruang yang berisikan teks atau obrolan tokoh yang ada dalam cerita komik tersebut.

4. Ilustrasi Gambar

Seperti yang kalian ketahui bahwa ciri khas dari komik yaitu adanya gambar. Dimana pembacanya bisa mendeskripsikan bagaimana cerita itu sendiri melalui gambar yang terdapat didalamnya.

5. Tema dan Sudut Pandang

Setiap cerita yang dibuat pasti memiliki tema dan sudut pandang yang sudah dirancang sebelumnya. Didalam cerita komik kalian akan lebih mudah menemukannya, mengingat ceritanya yang singkat dan jelas.

Macam-Macam Kegunaan Komik

1. Sebagai Media Hiburan

Tujuan utama membaca komik yaitu pembacanya ingin mencari hiburan dengan cara membaca cerita. Inilah sebabnya mengapa komik memiliki lebih banyak gambar daripada tulisannya.

2. Untuk Melestarikan Budaya

Komik juga termasuk salah satu bentuk cerita rakyat yang ada di Indonesia karena biasanya komik hanya mengangkat cerita asli yang ada pada dunia nyata kemudian dituangkan dalam cerita bergambar yaitu komik.

3. Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran

Cerita yang terkandung dalam komik biasanya terdapat pesan moral yang bisa kalian ambil setelah membacanya. Dengan begitu selain kalian bisa terhibur kalian juga bisa menyimpulkan sebuah cerita yang terjadi di dalamnya.

4. Sebagai Media Bisnis

Salah satu kegunaan dari komik yaitu sebagai media bisnis dimana para komikus bisa mengambil keuntungan dari menciptakan cerita-cerita menarik didalamnya.

Baca Juga:   Apakah TV Digital Bisa Nonton Youtube? Berikut Caranya

Kesimpulan

Nah, itulah tadi informasi yang dapat kami sampaikan terkait judul artikel kali ini yaitu “Komik Dalam Kata Lain Disebut Juga” Sekarang kalian sudah tahu kan bahwa komik juga dalam kata lain memiliki sebutan yaitu Cerita Bergambar atau Cergam. Mungkin hanya sekian pembahasan pada kali ini, terimakasih semoga ulasan diatas bisa bermanfaat.

Baca juga: