Kenapa WA Tidak Bisa Buka Link, Berikut Cara Mengatasinya

Luarbiasa.id – WA tidak bisa buka link akan menjadi masalah yang lumayan memusingkan ketika kalian memang ingin mengunjunginya tempat dari tautan tersebut. Masalah ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, dan disebabkan oleh banyak faktor.

Pertama, yaitu datang dari aplikasi, dan kondisi handphone kalian. Berikutnya adalah yang berasal dari tempat link tersebut. Selengkapnya dapat anda simak seperti berikut.

Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Membuka Link?

Error pada aplikasi sebenarnya ada lumayan banyak, namun sebagian besar memang bukan berasal dari sistemnya sendiri. Melainkan dari handphone, atau kondisi internet kalian. Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah ketika kalian memang tahu apa yang harus dilakukan. Kemudian satu jenis lainnya adalah masalah yang datang dari softwarenya sendiri.

Permasalahan yang kedua, tentu saja tidak akan bisa kalian atasi sendiri, karena ini memang murni terjadi akibat masalah internal. Jika demikian, developer atau admin dari software tersebut akan mengabari kalian melalui official akun, ataupun webiste milik mereka. Karena dampak dari masalah ini bukan hanya kepada satu orang saja, melainkan seluruh user yang menggunakannya.

Untuk permasalah seperti tidak bisa mengirim link pada whatspp, masih masuk ke dalam error yang bisa kalian atasi sendiri. Untuk sekedar informasi saja, kami akan memberikan berbagai macam pendekatan, atau dengan kata lain solusi yang berbeda. Dengan begini, jika satu tutorial tidak berhasil, maka kalian bisa mencoba yang lainnya.

Baca Juga:   Cara Membuat Grafik di Word (Batang, Garis dan Radar)

Cara Mengatasi WA (Whatsapp) Tidak Bisa Buka Link

Sebelumnya kami sudah membicarakan sedikit mengenai masalah yang satu ini. Bahwa ada beberapa alternatif yang perlu kalian gunakan ketika salah satu caranya tidak berhasil. Karena menurut informasi yang sudah kami dapatkan, error ini tidak disebabkan oleh satu faktor saja, makanya akan muncul beberapa solusi yang berbeda.

Update Aplikasi Whatsapp

Memperbaiki Wa Tidak Bisa Buka Link Dengan Melakukan Update

Melakukan update merupakan salah satu cara umum yang bisa diaplikasikan ke semua permasalahan aplikasi maupun game. Jika kalian menggunakan versi terlama dari software tersebut, permasalahan seperti tidak bisa membuka link adalah salah satu contohnya. Pada setiap update developernya selalu melakukan pembersihan sistem dari bug.

Bug sendiri bisa dikatakan sebagai sebuah erro yang sering ditemukan pada sebuah aplikasi, untuk mengatasinya, kalian tidak bisa melakukannya sendirian. Artinya, tidak ada cara lain sampai developernya membereskan masalah tersebut. Untuk itu, jika kalian sering melakukan update, pada fitur yang ditambahkan, pasti ada informasi mengenai “fixed some bugs” dan semacamnya.

Ini artinya mereka berhasil membersihkan beberapa error yang terjadi sebelumnya. Ini adalah alterantif yang bisa kalian pakai ketika sebuah aplikasi mengalami permasalahan yang tidak wajar. Artinya hanya kalian saja yang mengalami hal tersebut. Untuk itu jika kalian mengalami masalah seperti WA tidak bisa buka link, silahkan coba update saja.

Jika kalian sudah mengudate whatsapp nya pada Google Playstore, hal yang harus kalian lakukan berikutnya adalah membuka kembali link yang tadi tidak bisa dibuka. Jika masalah tersebut masih belum bisa kalian atasi, silahkan untuk melanjutkan kecara berikutnya.

Memperbaiki WA Tidak Bisa Buka Link Dengan Menyetel Default Browser

Memperbaiki Wa Tidak Bisa Buka Link Dengan Menyetel Default Browser

Ini mungkin menjadi salah satu penyebab yang kalian lewatkan sebelumnya. Sekedar informasi bagi kalian, default browser bekerja sebagai aplikasi yang akan membuka sebuah link, jadi jika kalian tidak menyetelnya, maka sebuah tautan tentu saja tidak bisa terbuka. Karena sistem kalian tidak akan bisa memproses hal yang ingin dilakukan tersebut.

Baca Juga:   6 Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis di Android Dan Penyebabnya

Hal seperti ini sebenarnya adalah salah satu permasalahan yang agak susah untuk disadari. Jika awalnya kalian menggunakan browser tambahan, yang kami maksudkan adalah yang didownlaod melalui Google Playstore. Kemudian menghapusnya, maka ini adalah salah satu contoh yang akan terjadi, meskipun efeknya akan berlaku ke aplikasi lainnya juga.

Untuk cara menyetel uang deafult browser, kami sudah menyiapkan langkah-langkah nya dibawah ini. Silahkan untuk mengikutinya satu per satu agar tidak ada kesalahan nantinya.

  1. Masuk ke pengaturan, lalu cari aplikasi
  2. Di dalamnya, silahkan pilih kelola aplikasi, kemudian ketuk titik tiga yang ada di pojok kanan atas
  3. Dibagian kedua, kalian akan melihat aplikasi default, lalu ketuk
  4. Pada bagian browser, silahkan lihat browser apa yang dipakai
  5. Jika tidak ada, ini adalah permasalahannya, silahkan pilih Google Chrome.

Periksa Koneksi Internet

Ini juga tergolong ke salah satu masalah yang sulit untuk disadari oleh sebagian orang, apalagi mereka yang hanya menggunakan paket Whatsapp saja. Kejadian ini tentu saja akan membuat WA kalian tidak bisa buka link, karena paket kuotanya tidak akan berlaku diluar aplikasi tersebut. Makanya kami menyarankan agar kalian mengecek paket apa yang kalian pakai saat ini, jika hanya menggunakan yang khusus untuk aplikasi berkirim pesan ini saja, coba gunakan paket lainnya.

Untuk sekedar informasi saja, saat mengunjungi sebuah link, artinya kalian akan dipindahkan menuju website, ataupun laman yang ada dibalik tautan tersebut. Dengan kata lain sebuah koneksi internet yang tidak dikhususkan untuk whatsapp saja perlu kalian miliki. Jika tidak, tentu saja hal tersebut tidak bisa kalian penuhi.

Whatsapp Mengalami Gangguan

Ini adalah kemungkinan terakhir yang sedang kalian alami ketika mendapatkan error tersebut. Untuk mengeceknya, kalian perlu memeriksa handphone milik kerabat, ataupun teman kalian. Jika mereka mendapatkan masalah yang sama dengan kalian, maka sumbernya berasal dari sistem aplikasi Whatsapp nya. Dengan begini, kalian tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengatasinya, selain menunggu solusi dari pihak developer, atau pengembangnya.

Baca Juga:   Cara Agar Pemilik Wifi Tidak Bisa Melihat History Dari Penggunanya

Install Ulang Aplikasi WA Ketika Link Tidak Bisa di Buka

Ini adalah cara terakhir yang kami masuk kan ke dalam list ini, namun kami tidak menyarankannya sama sekali, apalagi jika kalian belm melakukan proses back up. Namun jika dirasa kalian tidak memiliki data penting, silahkan untuk mencoba cara berikut ini. Kenapa kami meletakkan ini pada bagian terakhir, karena ketika semua cara di atas tidak berhasil, inilah satu-satunya.

Menginstall ulang sebuah aplikasi terbukti berhasil untuk mengatasi berbagai macam error yang terjadi di dalamnya. Hal ini tentu saja sama dengan saat kalian mengunduhnya saat pertama kali. Dengan kata lain semuanya akan terasa seperti baru, dan error pun akan ikut terhapus ketika kalian menginstallnya tadi.

Kami ingatkan kembali, sebelum melakukan cara ini, kalian harus melakukan back up terlebih dahulu, hal ini diperlukan agar apa yang kalian lakukan didalam Whatsapp bisa tetap tersimpan, dan tidak ikut hilang bersamaan dengan bug yang membuat masalah tersebut terjadi.

Kesimpulan

Itulah semua cara yang bisa kalian pakai untuk mengatasi WA tidak bisa buka link, jadi mohon dibaca baik-baik, karena kami sudah menjelaskan semuanya disana. Jika semua cara diatas tidak berhasil, maka gangguannya ada pada akun kalian, rekomendasi yang akan kami berikan adalah dengan menghubungi customer service aplikasi ini.