Cara Cek CPU Temperatur Monitor Tanpa Aplikasi Terbaru 2023

Luarbiasa.id-Perlu dilakukan pengecekan suhu temperatur pada CPU yang kalian gunakan untuk keberlangsungan masa pakai yang lebih lama. CPU Temperatur Monitor salah satu solusi untuk mengetahui suhu dari CPU yang kalian gunakan. Hal itu terbilang sangat penting kalian ketahui tentang suhu CPU dan bagaimana cara menurunkan temperaturnya.

Pada CPU masalah yang sering muncul pada perangkat yaitu overhit sehingga kalian wajib tahu suhu CPU. Kalian bisa menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi untuk mengecek suhu CPU sebagai solusinya. Dimana perangakat tersebut sangat berguna dan bermanfaat dengan fitur yang bekerja maksimal untuk menurunkan suhu CPU.

Solusi yang bisa kalian gunakan untuk memantau suhu CPU bisa memanfaatkan software atau aplikasi. Kalian bisa memilih salah satu cara untuk dipraktekan pada perangkat hadware dirumah. Berikut ini ulasan tentang bagaimana menurunkan suhu CPU atau software untuk memantau CPU yang kalian gunakan.

Tentang Overheat di Komputer

Perlu kalian ketahui masalah yang sering terjadi pada perangkat keras seperti CPU adalah overheat. Dimana overheat ini merupakan masalah pada kipas pendingin yang bekerja melebihi kemampuannya, sehingga timbulnya suhu yang lebih tinggi pada CPU.

Jika sirkulasi udara diperangkat meningkat lebih tinggi maka laptop atau komputer akan mati secara mendadak. Hal ini biasanya dikarenakan  perangkat dipaksa bekerja keras melebihi batas kemampuan dari perangkat itu sendiri.

Misalnya kalian menjalankan perangkat komputer dengan spesifikasi yang tidak mendukung untuk menjalankan banyak aplikasi. Maka suhu perangkat CPU akan meningkat lebih panas karena dipaksa bekerja melebihi batas dan mati dengan sendirinya.

Apabila hal tersebut berlangsung lebih intens atau sering terjadi maka akan mempengaruhi kinerja komputer dan masa komputer. Oleh sebab itu penting bagi kalian untuk mencegah terjadinya overheat, lalu bagaimana untuk mengetahui suhu temperatur CPU saar mengalami overheat ? Simak ulasan yang akan diberikan selanjutnya.

CPU Temperature Monitor

Cara Cek CPU Temperatur Monitor Tanpa Aplikasi

Meskipun telah hadirnya windows 11 namun masih ada beberapa pengguna yang masih menggunkan komputer atau laptop windows 10. Untuk kalian para pengguna windows 10 wajib banget tahu cara mengatasi overheat pada perangkat yang kalian gunakan.

Hal ini untuk mencegah kerusakan pada perangkat yang kalian gunakan atau bagian penting lainnya pada komputer ataupun laptop. Untuk menghindari hal tersebut kalian bisa simak ulasan yang akan diberikan tentang CPU Temperatur Monitor atau cek suhu CPU.

Baca Juga:   Cek Status Subsidi Tepat Mypertamina Id (Daftar, Syarat, Menggunakan)

1. Cek Suhu Komputer Windows 10 dengan Gadget

Pada sistem operasi windows 7 terdapat sebuah fitur yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui suhu CPU pada perangkat yang digunakan. Fitur gadget atau widget pada OS windows 7 juga ada dalam OS windows 10.

Dimana fitur tersebut bisa kalian gunakan untuk mengecek temperatur CPU ada windows 10. Dengan adanya fitur tersebut akan memudahkan kalian untuk mengetahui suhu pada CPU meskipun tidak menggunakan aplikasi.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan silahkan pergi ke menu dekstop pada komputer atau laptop.
  • Setelah menemukan menu dekstop, lalu klik kanan dan pilih opsi gadget.
  • Lalu pada menu tersebut akan muncul tampilan gadget yang bisa kalian gunakan pasa OS windows 10.
  • Pada tampilan tersebut kalian pilih CPU meter, kalian bisa mengatur tata letak gedget tersebut ditempat yang kalian inginkan. Caranya klik okon gedget tersebut dan seret pada tempat yang kalian inginkan.
  • Selesai, itulah cara mudah cek suhu temperatur tanpa aplikasi hanya dengan menggunakan gadget.

2. Cek Suhu CPU Windows 10 Lewat BIOS

Bios adalah sebuah sistem dasar pada komputer yang berfungi sebagai pengatur proses input dan outpur data pada sebuah komputer. Penggunaan BIOS umumnya digunakan saat ingin menginstal ulang laptop yang dapat mengatur tata letak media penyimpanan saat komputer menyala.

Namun kegunaan BIOS tidak hanya itu saja, melainkan ada beberapa fungsi lainnha seperti mengetahui informasi komputer atau laptop kalian. Kalian juga bisa menggunakan BIOS untuk mengecek suhu komputer atau laptop windows 10, penasaran bagaimana caranya ?

Berikut ini langkah-langkah pengecekan suhu CPU yang dapat dimonitor menggunakan BIOS :

  • Langkah awal, matikan laptop atau komputer yang kalian gunakan.
  • Kemudian nyalakan kembali laptop tersebut dan menekan F1, ESC atau Del beberapa kali untuk masuk kedalam menu BIOS.
  • Tombol yang kalian tekan mungkin akan berbeda pada laptop yang kalian gunakan. Jadi sesuaikan dengan laptop masing-masing, misalnya ASUS perlu menekan tombol F1.
  • Setelah masuk menu BIOS, silahkan gunakan tombol panah keyboard untuk mengatur atau menggeser menu yang terdapat di BIOS.
  • Lalu kalian geser menu tersebut, sampai menemukan menu suhu CPU pada laptop.
  • Jika sudah ketemu, tandanya kalian berhasil.
  • Selesai.

3. Cek Suhu Laptop Windows 10 Dengan AMD Ryzen Master (Khusus CPU AMD)

AMD Ryzen Master adalah salah satu prosesor yang banyak digunakan saat ini dan dipasarkan oleh Advanced Micro Devices. Dalam prosesor ini kalian juga dapat mengetahui suhu CPU secara real time pada windows 10.

Baca Juga:   Cara Menghapus Cache iPhone Pada Browser dan Aplikasi

Fitur tersebut hanya ada pada pengguna prosesor ADM saja dan tidak berlaku pada prosesor lainnya. Tidak hanya itu saja, prosesor ini juga memiliki banyak fungsi lainnya dengan berbagai utilitas.

Untuk prosesor AMD sendiri memiliki banyak jenis mulai dari yang terendah hingga tertinggi. Nah, kalian juga bisa melakukan pengecekan suhu CPU tanpa aplikasi pada laptop atau komputer windows 10.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan :

  • Pertama hidupkan laptop atau komputer milikmu.
  • Kemudian klik meu start pada bagian kiri bawah dilayar laptop.
  • Pilih opsi menu pencarian atau ikon kaca pembesar ketik “AMD Ryzen Master”.
  • Jika sudah, maka akan muncul fitir AMD tersebut klik untuk menjalankan perintah.
  • Setelah terbuka maka kalian akan langsung melihat informasi tentang suhu CPU pada laptop.

Pada suhu CPU yang ditampilkan dari fitur AMD akan berubah ubah sesuai dengan penggunaan komputer. Karena fitur ini khusus bagi pengguna Prosesor AMD saja maka prosesor seperti intel tidak dapar menggunakannya.

Baca juga: 9+ Game Anime Android Online Untuk Para Wibu Yang Seru

Software Terbaik CPU Temperatur Monitor Laptop/Komputer

Masih ada beberapa kumpulan software yang bisa kalian gunakan secara gratis untuk memonitor temperatur CPU.

Open Hardware Monitor

Open Hardware Monitor merupakan sebuah software open source yang menangani berbagai jenis hardware. Softwarwe ini juga bisa kalian gunakan untuk mengetahui suhu pada komputee kalian secara real time.

Temperatur suhu di gadget maupun di taskbar bisa kalian pantau via S.M.A.R.T. Dengan adanya fitur ini akan memudahkan kalian mengecek suhu prosesor tanpa bulak balik buka aplikasi.

Kelebihan yang bisa kalian dapatkan dari software ini karena mampu mendeteksi semua komponen komputer. Kalian juga bisa menambahkan ikon suhu pada gadget atau taakbar dan tidak perlu melakukan instalasi.

CPU Temperatue Monitor, Core Temp

Core Temp merupakan sebuah software dengan fitur yang dapat kalian gunakan untuk memonitor suhu CPU atau prosesor. Fitur yang disediakan akan memberi tahu kalian batasan temperatur pada prosesor yang digunakan. Bahkan dalam situasi tingkat berbahaya fitur ini akan memberikan sinyal peringatan serta mematikan progam tertentu secara paksa.

Kelebihan yang dimiliki oleh Core Temp adalah kalian bisa mendapatkan informasi temperatur, frekuensi dan beban di Taskbar. Bahkan software yang satu ini akan memberikan informasi yang mendetail tentang berbagai brand CPU dan detail ketahanan panas CPU.

CPU Temperatur

Memiliki ukuran yang cukup ringan sehingga tidak banyak memakan memori penyimpanan pada perangkat. Dengan tampilan yang lebih ringkas dan sederhana hanya menampilkan clock speed, suhu disetiap core dan daya yang digunakan.

Namun untuk software yang satu ini tidak memiliki cukup fitur yang bisa digunakan. Akan tetapi kalian masih bisa menggunakan fitur monitor temperatur CPU dari software yang satu ini.

Baca Juga:   Fungsi Google Analytic Dan Cara Menggunakan Di Blog

CPUTempWatch

Seperti namanya software yang satu ini sangat berguna untuk kalian yang ingin tahu informasi suhu CPU. Dalam tampilan software yang satu ini hanya akan menampilkan suhu dari prosesor yang digunakan secara real time.

CPUTempWatch ini berfungsi pada Windows XP, Windows Vista dan Windows 7 saja, selain itu tidak bisa. Tentunya bagi para pengguna OS Windows 8 dan seterusnya tidak dapat mengaplikasikan software yang satu ini.

Kelebihan yamg dimiliki software ini berfokus pada pemantauan suhu prosesor saja serta memiliki ukuran yang terbilang ringan.

HWMonitor

Berikutnya CPU Temperatur Monitor tercanggih yang bisa kalian gunakan adalah HWMonitor. Pada software yang satu ini akan menampilkan suhu CPU, suhu motherboard, hard disk serta kartu grafis yang digunakan.

Dalam software ini juga menampilkan informasi dari beban CPU  yang kalian gunakan secara real time. Namun karena kecanggihan dari software yang satu ini informasi yang ditampilkan cukup rumit. Jadi untuk sebagian orang yang baru akan lebih sulit untuk memahaminya, pastikan kalian mengetahui sistem kerja kernel untuk memahaminya.

ASUS AI Suite

Untuk para pengguna laptop atau komputer dengan brand ASUS software yang satu ini sangat cocok untuk digunakan. CPU temperatir monitor terbaik dibindangnya dengan berbagai fitur canggih didalamnya. Tentunya kalian juga dapat memantau suhu CPU yang digunakan secara real time.

Bahkan kalian juga bisa memanfaatkan fitur lainnya seperti memperlambat atau mengoverlock CPU. Dengan menggunakan software pada perangkat kalian dapat meningkatkan kinerja dari prosesor tersebut.

Pentingnya Cek Suhu CPU !

Pentingnya mengetahui suhu CPU yang kalian gunakan akan sangat bermanfaat untuk keberlangsungan masa pakai prosesor tersebut. Untuk standar CPU pada umumnya 60°C, jika suhu CPU kalian masih dibawah itu masih aman dan normal saja.

Namun jika suhu pada CPU kalian sekitar 60°C-70°C derajat perlu dilakukan pembersihan disekitar PC agar dapat bekerja normal kembali. Bahkan jika suhu CPU mencapai 80°C itu artinya kipas pendingin pada perangkat tidak bekerja dengan baik.

Sedangkan jika suhu CPU mencapai 80°C lebih maka itu menandakan ada masalah pada perangkat yang kalian gunakan. Perlu dilakukan tindakan apapun yang dapat kalian kerjakan untuk memperpanjang masa penggunaan PC tersebut.

Jika kalian menemukan masalah pada suhu CPU yang kalian gunakan seperti overheat, apa yang perlu dilakukan ? Cara termudahnya kalian bisa mendownload software untuk memonitor temperatur CPU yang kalian gunakan.

Seperti beberapa software yang telah kami jelaskan diataa misalkan CPU Temp, HWinfo, SpeedFan dan masih banyak lagi. Atau kalian juga mengecek suhu CPU tanpa aplikasi, kalian hanya perlu memilih cara mana yang menurut kalian lebih nyaman.

Baca juga: 12 Game Online PC Gratis, Terbaik dan Ringan 2023

Penutup

Itulah ulasan yang telah disampaikan tentang CPU Temperatur Monitor dan tata caranya. Kalian juga bisa menggunakan beberapa aplikasi rekomendasi diatas untuk dapat cek suhu CPU. Dengan mengetahui temperatur pada prosesor tersebut akan membuat kinerja PC lebih optimal. Semoga informasinya bermanfaat dan terima kasih.