WiFi Dongle Adalah: Pengertian, Kegunaan dan Rekomendasinya

Luarbiasa.id-Masih belum banyak yang mengetahui adanya suatu teknologi yang bernama WiFi dongle. Padahal, WiFi dongle adalah suatu alat kecil yang sangat berguna di era modern ini. Perangkat keras ini mempunyai bentuk seperti USB drive atau flashdisk yang fungsinya sangat unik.

Ada beberapa jenis WiFi dongle yang saat ini sering digunakan. Setiap jenis WiFi dongle tersebut mempunyai keistimewaannya sendiri. Bagi yang belum mengetahui apa itu WiFi dongle, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja jenisnya, temukan keterangan paling lengkap di halaman ini.

Mengenal WiFi Dongle

Mengenal WiFi Dongle

WiFi dongle merupakan WiFi portable USB dengan ukuran kecil dan bisa disambungkan ke berbagai perangkat, seperti tablet, smartphone, atau laptop. Tujuannya adalah untuk menyediakan layanan internet yang jauh lebih nyaman selama perjalanan.

WiFi dongle juga bisa dihubungkan ke komputer yang belum mendukung WiFi card. Fungsinya tentu saja adalah untuk memungkinkan PC tersebut terhubung ke jaringan internet tanpa harus menggunakan kabel LAN. WiFi dongle termasuk dalam salah satu jenis adaptor tanpa kabel.

Tapi perangkat ini hanya bisa digunakan di perangkat yang mempunyai port USB. Kata dongle sendiri juga bisa dipakai untuk perangkat keras lainnya yang bisa dihubungkan melalui port USB.

Kegunaan WiFi Dongle

Kegunaan WiFi Dongle

WiFi dongle mempunyai fungsi utama untuk menyediakan jaringan internet yang lebih nyaman ketika sedang bepergian. Dongle WiFi juga akan berubah fungsi menjadi modem internet seluler sehingga bisa menyambungkan perangkat komputer tanpa dukungan WiFi ke jaringan internet.

USB Dongle yang mempunyai kecepatan tinggi mempunyai teknologi yang juga ada pada ponsel sehingga keduanya bisa sama-sama tersambung ke jaringan internet. Sebagai perbandingan, mobile broadband biasanya akan lebih cepat dan bisa dihubungkan ke laptop maupun PC.

Seperti namanya, dongle WiFi akan menyediakan konektivitas tanpa kabel ke perangkat yang tidak mempunyai koneksi internet. Sehingga perangkat tersebut bisa terhubung ke internet dan jaringan pribadi. Dongle WiFi tidak menggantikan konektivitas RJ-45 yang lebih kuat.

Berbagai Macam USB Dongle

Berbagai Macam USB Dongle

Seperti yang disinggung sebelumnya, USB dongle dirancang untuk menyediakan fungsionalitas tambahan ke suatu perangkat yang tidak mempunyai fungsi tersebut. Jadi, ada banyak sekali jenis USB dongle sesuai dengan fungsi yang dibawa oleh setiap perangkat.

Baca Juga:   WhatsApp Web Mod Apk Pro Tanpa Iklan Terbaru 2023

1. WiFi Dongle

Perangkat keras berukuran mini ini akan menambahkan fungsi WiFi ke perangkat apapun yang tidak mempunyai fungsi tersebut. Satu syarat yang harus dipenuhi oleh perangkat yang akan disambungkan adalah adanya USB port pada perangkat tersebut.

Biasanya, WiFi Dongle tidak mempunyai kecepatan yang sama dengan yang disediakan oleh RJ-45. Hal ini karena WiFi dongle tidak mempunyai jangkauan yang jauh. Penyebabnya adalah kebanyakan seri WiFi dongle tidak dilengkapi dengan antenna.

2. Bluetooth Dongle

Merupakan perangkat keras lainnya yang fungsi utamanya adalah memberikan konektivitas Bluetooth ke suatu perangkat. Konektivitas Bluetooth sudah pasti ada di perangkat seluler dan di sebagian besar laptop. Tapi masih ada juga perangkat yang tidak mempunyai fitur Bluetooth.

Perangkat tanpa koneksi Bluetooth membutuhkan alat tambahan berupa Bluetooth dongle. Tapi perlu diingat, alat ini tidak akan menghubungkan perangkat ke jaringan internet. Kecepatan Bluetooth dalam transfer data tidak cukup tinggi untuk menyambungkan perangkat ke suatu jaringan internet.

3. Dongle penyimpanan

Jenis dongle yang ketiga bernama dongle penyimpanan. Bedanya dengan WiFi dongle adalah dongle penyimpanan tidak memberikan koneksi tambahan ke perangkat yang terhubung. Dongle yang satu ini hanya akan menambahkan kapasitas ekstra sehingga file bisa disimpan di dalamnya.

Dongle penyimpanan ini tidak sama dengan hard drive eksternal. Pengguna bisa memasukkan kartu memori ke dalam dongle penyimpanan untuk kemudian dihubungkan ke suatu perangkat. Jadi, perangkat tersebut bisa mengakses kartu memori atau menyimpan file ke dalamnya.

4. Dongle komunikasi

Fungsi utama dongle komunikasi adalah untuk menambahkan sambungan data ke suatu perangkat. Data yang tersedia bisa berupa koneksi 3G, 4G, hingga 5G. Dongle komunikasi juga dikenal luas dengan sebutan modem USB dan tersedia di berbagai penyedia layanan ponsel.

Cara terbaik untuk menggunakan dongle komunikasi adalah dengan menggunakan MiFi atau suatu modem tanpa kabel yang mempunyai akses koneksi data. Jadi perangkat bisa terhubung ke jaringan internet yang lebih kuat dan stabil.

5. Kunci hash

Perangkat dongle yang satu ini mempunyai fungsi yang sangat unik, yaitu fungsi keamanan. Kegunaannya adalah untuk memblokir suatu aktivitas mencurigakan dan/atau aplikasi mencurigakan yang berjalan di suatu perangkat. Jenis kunci semacam ini juga sangat terkenal.

Banyak pengguna membutuhkan keamanan ekstra di komputer yang digunakan agar perangkat tersebut bisa tetap terlindungi dari berbagai ancaman keamanan. Sistem keamanan yang disediakan oleh kunci hash tidak disediakan oleh berbagai sistem operasi bawaan perangkat.

Baca Juga:   Perfect Piano Mod Apk VIP Unlocked All Tanpa Iklan Versi 7.6.9

6. Dongle navigasi

Jenis terakhir USB dongle adalah dongle navigasi yang biasanya dipasang di laptop. Untuk apa memasang dongle ini di laptop? Ponsel sudah dilengkapi dengan GPS sehingga bisa mengetahui lokasi pengguna di peta. Tapi biasanya, laptop tidak mempunyai teknologi yang sama.

Dengan menggunakan dongle navigasi, pengguna bisa menggunakan aplikasi peta di laptop sama seperti saat mengakses aplikasi peta di smartphone. Jenis dongle yang satu ini memerlukan koneksi internet, kecuali pengguna sudah mengunduh peta sehingga bisa digunakan secara offline.

Kelebihan dan Kekurangan WiFi Dongle

Kelebihan dan Kekurangan WiFi Dongle

Perangkat apapun yang diciptakan oleh manusia pasti hadir dengan daftar kelebihan serta kekurangan. Setiap calon pengguna WiFi dongle perlu memahami semua kelebihan dan kekurangan perangkat keras mini yang satu ini agar lebih siap untuk menggunakannya setiap saat.

1. Keistimewaan WiFi Dongle

Kesederhanaan merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh WiFi dongle. Pengguna hanya perlu mencolokkan perangkat mini ini kemudian perangkat utama sudah bisa digunakan untuk menjelajahi dunia maya.

Fleksibilitas merupakan kelebihan lain yang dimiliki oleh perangkat WiFi portable ini. Karena tidak menggunakan kabel, WiFi dongle bisa dibawa kemanapun dengan mudah dan praktis. Jadi pengguna bisa menggunakannya saat berada di rumah atau saat bepergian dengan kendaraan apapun.

Praktis juga merupakan suatu keunggulan yang disediakan oleh dongle WiFi. Perangkat portable ini bisa berfungsi dengan menggunakan daya yang berasal dari perangkat utama. Sehingga pengguna tidak perlu mengisi daya perangkat dengan kabel atau cara lainnya.

2. Kelemahan WiFi Dongle

Salah satu kelemahan perangkat mini yang satu ini ada pada jaringan internetnya. Sebelum Indonesia menerapkan jaringan 5G sepenuhnya, WiFi dongle masih akan menggunakan jaringan 4G. Jaringan ini sebenarnya cukup bagus tapi tidak cocok untuk mengunggah file besar atau untuk streaming film.

Selain pada jenis jaringannya, kelemahan lain WiFi dongle adalah stabilitas koneksi internet yang masih bergantung pada penerimaan operator seluler lokal. Jika penerimaannya buruk maka koneksi internet yang dihasilkan juga tidak akan bagus.

Saat digunakan untuk mengakses internet di perjalanan, perangkat WiFi dongle tidak mempunyai kecepatan yang sama seperti saat digunakan di rumah. Jika jaringan 5G masih belum diluncurkan juga, pengguna masih harus bersabar dengan jaringan internet yang lambat.

Pilihan WiFi Dongle Paling Direkomendasikan

Saat mencari produk WiFi dongle di berbagai marketplace, akan muncul banyak sekali pilihan dari berbagai merek. Dari sekian banyak pilihan tersebut, ada beberapa yang terbaik karena kualitasnya sudah terbukti bisa diandalkan. Beberapa pilihan tersebut ada dalam daftar berikut ini.

Baca Juga:   Freer In TikTok Auto Likes dan Followers Terbaru 2023

1. TL-WN725N dari TP-Link

TL-WN725N dari TP-Link

Adaptor WiFi mini dari TP-Link ini mempunyai ukuran kecil sehingga akan lebih mudah untuk dibawa-bawa. Untuk menggunakannya, pengguna bisa langsung menancapkan TL-WN725N ke port USB yang ada di laptop maupun komputer.

Kalau perangkat utama tidak mendeteksi perangkat kecil ini, driver TL-WN725N bisa diunduh melalui situs web resmi TP-Link. Harga perangkat kecil ini cukup murah, hanya Rp90.000 saja dan bisa menyediakan kecepatan hingga 150 Mbps melalui koneksi WiFi 802 b/g/n.

2. N300 Nano DWA-131 dari D-Link

N300 Nano DWA-131 dari D-Link

Pilihan lain yang bisa dipertimbangkan adalah N300 dari D-Link yang bisa dibeli seharga Rp135.000. Perangkat yang satu ini juga punya ukuran yang cukup kecil sehingga cocok untuk digunakan di gadget apapun. N300 juga bisa untuk HP jika ada sambungan khusus.

D-Link mengklaim bahwa N300 mempunyai kualitas transfer data dan penerimaan sinyal yang bagus. Kecepatan yang dihasilkan bisa mencapai 300 Mbps dengan jaringan WiFi 802.11 b/g/n. Berbagai aktivitas di internet bisa berlangsung dengan lancar berkat jaringan tersebut.

3. WUSB6300 Dual Band AC1200 dari Linksys

WUSB6300 Dual Band AC1200 dari Linksys

Perangkat dari Lynksis ini juga mendukung layanan tanpa kabel dual band dengan kecepatan hingga 300 Mbps untuk channel WiFi 2,4 GHz. Dan pada channel WiFi 5 GHz, kecepatan yang dihasilkan bisa mencapai 867 Mbps. Perangkat ini sudah bisa dihubungkan ke USB 3.0.

Jaringan WiFi yang didukung oleh WiFi dongle yang satu ini adalah WiFi 802.11 ac/a/b/g/n dan bisa digunakan di berbagai jenis perangkat dengan sistem operasi yang bervariasi. Untuk harganya, AC1200 bisa dibeli dengan kisaran harga Rp 700.000.

4. Nighthawk A7000 AC1900 dari Netgear

Nighthawk A7000 AC1900 dari Netgear

Seperti AC1200, Nighthawk A7000 AC1900 juga mendukung layanan tanpa kabel dual band. Pada frekuensi jaringan 2,4 GHz, AC1900 mampu memberikan kecepatan hingga 600 Mbps. Dan pada frekuensi jaringan 5 GHz, kecepatan yang dihasilkan bisa mencapai 1300 Mbps.

Netgear menambahkan empat antena pada perangkat yang satu ini. Selain itu, AC1900 juga memiliki kemampuan beamforming yang bisa meningkatkan keandalan, kecepatan, serta jangkauan koneksi WiFi. Harga yang ditawarkan adalah Rp1.550.000 dengan dukungan WiFi 802.11 ac/a/b/g/n.

5. Archer T4U AC1300 dari TP-Link

Archer T4U AC1300 dari TP-Link

Rekomendasi terakhir masih merupakan produk dari TP-Link yang mempunyai dukungan WiFi 802.11 ac/c/b/g/n/. WiFi dongle yang kecil ini mampu memberikan kecepatan maksimal hingga 1300 Mbps. Ada dua antena yang dimiliki oleh AC1300 sehingga jangkauannya bisa lebih luas.

Produk yang satu ini menyediakan konektivitas yang lebih stabil untuk laptop dan komputer. Jaringan frekuensi yang tersedia adalah 2,4 GHz dan 5 GHz dan dikombinasikan dengan teknologi MU-MIMO. Kecepatan transfer datanya lebih cepat dibandingkan dengan produk TP-Link yang sebelumnya.

WiFi dongle adalah suatu perangkat mini yang sangat cocok untuk dibawa bepergian. Perangkat kecil ini memungkinkan pengguna menjelajahi dunia maya dengan koneksi yang lebih stabil saat berada di perjalanan. Ada berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh berbagai merk WiFi dongle di Indonesia.