Gelombang Laut Natuna Berpeluang Capai 2,5 Meter

Kapal nelayan berjejer di pantai saat kondisi angin kurang baik untuk melaut.
       
        Loading...    
   

NATUNA – Dua hari kedepan gelombang laut berpeluang tinggi. Bahkan ketinggiannya diperkirakan mencapai 1,5 meter sampai 2,5 meter di Laut natuna. Informasi itu dikeluarkan oleh pihak Badan Meteorologi, klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun meteorologi Ranai, Kabupaten Natuna. Gelombang tinggi mulai  28 Juni sampai 30 Juni. 

“Tinggi gelombang 1,25 meter sampai 2,5 meter itu, berpeluang terjadi di laut Natuna dan laut Natuna Utara selama 2 hari kedepan,” kata Asrul Forecaster stamet Ranai, Minggu (28/6).

Menurutnya, gelombang tinggi ini akibat ada pola tekanan rendah 1007 hPa di Samudera Hindia Barat Sumatera. Selain itu ada pola angin di wilayah Indonesia dibagaikan utara, umumnya dari tenggara ke Barat Daya.

“Kecepatan angin antara 4 sampai 25 Knot. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah perairan di laut Natuna. Begitu juga dengan kondisi awan jadi tebal dan gelap (awan Comulonimbus). Ini berpotensi menyebabkan terjadinya angin kencang secara tiba-tiba, guntur disertai petir, serta gelombang tinggi,” jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada para nelayan Natuna untuk tetap waspada dan berhati-hati dengan gelombang tinggi yang berpeluang datang secara tiba-tiba. (hrd)

       
        Loading...    
   
BAGIKAN