Apakah TV Digital Bisa Nonton Youtube? Berikut Caranya

Luarbiasa.id-Pengguna TV digital semakin lama semakin banyak. Salah satu hal yang seringkali menjadi pertanyaan khususnya bagi pengguna baru TV digital adalah apakah TV digital bisa nonton YouTube?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut di sini kami akan menjelaskan secara detail terkait TV digital untuk Anda. Jadi simak informasi selengkapnya berikut ya!

Apakah TV Digital Bisa Nonton Youtube

Pada prinsipnya TV digital memiliki berbagai macam fitur. Salah satu fitur menarik yang bisa kita dapatkan dari TV digital adalah fitur EWS (Early Warning System). Apa itu fitur EWS?

Fitur ini merupakan sebuah fitur peringatan dini yang menjadikan masyarakat pengguna TV digital bisa secara langsung menerima informasi kejadian bencana yang saat itu sedang terjadi seperti gunung Meletus, gempa bumi, longsor, kebakaran hutan atau bencana lainnya di sekitar lokasi pemasangan TV digital tersebut.

Fitur lain yang bisa ditemukan adalah Electronic Program Guide (EPG) yang merupakan fitur untuk mendapatkan informasi acara, jadwal acara dan kategori acara yang sedang berlangsung di suatu stasiun televisi digital.

Meski fiturnya sudah banyak, banyak orang yang sudah terbiasa nonton YouTube di smartphone bertanya apakah TV digital bisa nonton YouTube?

Jawabannya, tidak bisa jika TV digital tersebut hanya sekedar TV digital saja tanpa didukung dengan sistem operasi yang memadai seperti TV android dan jika tidak terkoneksi dengan internet.

Lalu, cara yang bisa dilakukan agar TV digital bisa dipakai nonton YouTube seperti apa?

tv digital nonton youtube

Cara Agar TV Digital Bisa Dipakai Nonton YouTube

Kalau Anda merupakan pengguna TV digital dan ingin mendapatkan sensasi nonton YouTube melalui perangkat TV digital  yang Anda punya, maka PR yang Anda harus lakukan adalah melengkapi TV digital dengan STB atau Set Top Box.

Apa itu Set Top Box (STB)?

Set Top Box atau yang juga dikenal sebagai dekoder merupakan suatu alat yang hadir dengan fungsi utama mengonversi signal digital yang ditangkap untuk menjadi output gambar dan suara.

Dengan STB, Anda bisa memanfaatkan TV digital untuk nonton YouTube sepuasnya. Cara agar TV digital bisa dipakai nonton YouTube dengan pemasangan STB sebagai berikut :

  • Siapkan STB, handphone android, kabel USB, dan paket data atau paket internet
  • Pastikan bahwa perlengkapan STB yang disiapkan telah terhubung ke perangkat TV
  • Hubungkan android ke STB dengan menggunakan kabel USB
  • Buka perangkat handphone android Anda, kemudian klik pada pengaturan dan klik connectivity
  • Klik hotspot and tathering
  • Klik tathering USB
  • Aktifkan tathering USB dengan klik tombol ON
  • Pada bagian STB, klik Menu
  • Lanjut klik System
  • Masuk ke bagian Pengaturan jaringan
  • Klik pada Pengaturan jaringan
  • Pastikan status sudah berubah menjadi Terhubung
  • Pada bagian STB klik pada bagian Menu, kemudian klik USB
  • Klik internet
  • Klik YouTube
  • Selesai
Baca Juga:   Musicallydown MP3 dan Video TikTok HD Downloader 2023

Dengan melalui semua langkah di atas, Anda bisa menonton YouTube melalui TV dengan memanfaatkan STB.

Lalu, apa saja merk STB yang bagus?

Merk Set Top Box (STB) yang Bagus

Untuk Anda yang membutuhkan perangkat set top box, ada beberapa merk STB yang direkomendasikan untuk menjadi pilihan di antaranya :

Matrix

Produk STB Matrix termasuk produk STB yang sangat populer di pasaran. Tidak hanya banyak dijual di toko offline, di toko online pun banyak seller yang menjualnya. Salah satu model STB Matrix yang paling populer adalah Matrix Apple DVB T2 yang dibanderol sekitar 300-an ribu rupiah.

Produk yang sudah sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) ini menjadi populer karena menawarkan cukup banyak keunggulan. Beberapa keunggulan yang bisa ditemukan dibalik Matrix Apple DVB T2 di antaranya :

  • Sudah memiliki sertifikat EWS atau peringatan dini bencana alam
  • Terintegrasi dengan YouTube, YouTube Kids dan MeTube melalui dongle Wifi
  • Mendukung berbagai macam tampilan ponsel ke TV dengan dongle Wifi
  • Didukung gambar berkualitas Full HD yang tajam
  • Paket penjualannya juga sudah dilengkapi dengan kabel RCA dan remote.

Selain Matrix Apple DVB T2 yang merupakan produk Matrix Apple, produk Matrix Garuda dan Matrix Burger juga menjadi produk yang banyak dipilih untuk digunakan.  Kualitas, keunggulan dan layanan yang diberikan tak kalah dengan produk Matrix Apple.

Polytron

Merk peralatan elektronik dalam negeri yang satu ini termasuk salah satu merk produk elektronik yang juga banyak ditemukan di Indonesia. Produk STB dari Polytron ini banyak dijual dengan harga sekitar 350 ribu sampai dengan 450-an ribu rupiah.

Cukup banyak keunggulan dari produk STB yang Polytron hadirkan. Fasilitas STB yang Polytron hadirkan juga beragam mulai dari fitur pencarian saluran TV secara otomatis, fitur merekam acara favorit atau acara yang paling disukai, serta ada fitur penggeser waktu siaran.

Produk ramping dari Polytron ini di sisi lain juga mendukung pemutaran video dari flashdisk dan juga harddisk eksternal dengan format yang sangat beragam.

Baca Juga:   Cara Log Out Wifi.id dari Berbagai Perangkat (HP dan PC)

Akari

Merk pemilik produk STB yang juga tak boleh diremehkan kualitas produknya adalah Akari. Akari merupakan merk produk elektronik dalam negeri yang punya cukup banyak varian produk STB dengan kualitas dapat diandalkan.

Salah satu produk STB Akari yang dapat diandalkan adalah Akari Set Top Box ADS-2230. Produk yang dijual dengan banderol harga sebesar 270-an ribu rupiah ini hadir dengan berbagai macam kelengkapan fitur.

Salah satu fitur unggulan yang Akari Set Top Box ADS-2230 punya adalah fitur EWS atau fitur peringana dini bencana alam dan telah didukung fungsi EPG (Electronic Program Guide) yang dapat digunakan selama 7 hari.

Keunggulan lain yang bisa ditemukan dari Akari Set Top Box ADS-2230 adalah didukung dengan OSD Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Inggris dengan didukung indikator level signal dan juga tingkat  kualitas yang sangat baik.

Produk Akari Set Top Box ADS-2230 juga dibekali dengan kapasitas simpan program yang mencapai angka 999 program, didukung dengan fitur perekaman dan pemutaran kembali acara TV yang sudah diluncurkan atau pun fitur pemutaran radio.

Selain produk tersebut, Akari juga punya versi atau tipe produk STB lain yang tak kalah menarik digunakan dengan harga yang variatif namun sangat bersahabat.

Advance

Advance merupakan sebuah perusahaan yang saat ini fokus dalam pengembangan produk elektronik berbasis teknologi informasi dan komputasi. Di era TV digital, Advance berusaha terus melebarkan sayapnya memenuhi kebutuhan teknologi informasi bagi semua orang dengan menghadirkan produk STB.

Salah satu produk STB yang perusahaan elektronik ini luncurkan adalah  Advance STP-A01. Produk yang diproduksi oleh produsen yang telah berkiprah sejak tahun 2000 ini mendukung resolusi tayangan sampai dengan 1920 x 1080 pixel.

Dengan resolusi sebesar itu, Advance mampu menghasilkan produk terbaik dengan kualitas tayangan yang jernih dan tajam. Beberapa tipe file video juga telah didukung dengan produk STB Advance ini. Untuk harganya, Advance membanderol produk STB-nya di rentang 250an ribu sampai 450an ribu rupiah.

Advan

Ada Advance, ada juga Advan. Perusahaan elektronik yang berdiri di tahun 2007 dan sempat meluncurkan produk smartphone ini kini juga memiliki produk STB.

Salah satu produk STB yang Advan punya adalah Advan Digipro DVB-10KK. Produk STB dari Advan ini hadir dengan cukup banyak fitur menarik yang ditawarkan. Beberapa fitur menarik yang dapat kita nikmati dari Advan Digipro DVB-10KK di antaranya adalah pemutaran tayangan dengan format video dan audio MPEG1, MPEG 2, MPEG 4, WMA, ACC dan juga audio file MP3.

Baca Juga:   Cara Mengubah Suara VN di WA GB Mod Tanpa Aplikasi Tambahan

Advan Digipro DVB-10KK juga menjadi salah satu produk STB Advan yang telah didukung dengan fitur pemutaran video YouTube dengan memasangkannya melalui USB wifi dongle. Produk ini dihadirkan di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau yaitu sebesar 250an ribu rupiah saja.

Zyrex

Merk yang satu ini terkenal sebagai produsen laptop Indonesia yang cukup berpengalaman. Kini, Zyrex turut terjun ke dunia elektronik lain dengan memproduksi produk STB.

Salah satu tipe produk STB dari Zyrex adalah STB (DVB-T2) ZBox-1. Produk ini hadir dengan cukup banyak dukungan fitur seperti halnya fitur pemutaran video, fitur multibahasa dan sebagainya.

Produk ini juga didukung dengan cukup banyak daya tarik salah satunya adalah desain yang elegan dan dibanderol terjangkau. Anda bisa dapatkan produk ini dengan harga mulai dari 325 ribuan rupiah.

Venus

Kalau Anda ingin merasakan sensasi nonton siaran televisi tanpa bayangan dan tanpa noise, Anda harus coba STB Venus. Salah satu tipe STB Venus yang Anda perlu punya adalah Venus Brio DVB-T2. Produk yang satu ini dijual dengan harga mulai 280an ribu rupiah dan bisa Anda temukan di toko offline atau pun online.

Pada produk Venus Brio DVB-T2, Anda akan dapatkan dekoder televisi yang dapat memenuhi beragam kebutuhan multimedia Anda dengan resolusi film yang dapat diputar pada berbagai jenis televisi.

Produk ini juga didukung dengan fitur EWS (Early Warning System) yang dapat membuat Anda mendapatkan peringatan bencana secara dini. Selain itu, ketahanan signal dari unit yang satu ini juga sangat baik.

Selain produk Venus Brio DVB-T2, ada produk dari Venus lain yang didukung fitur unggulan dan tak kalah kualitasnya dari Venus Brio DVB-T2. Produk tersebut adalah Venus Cabe Rawit DVB-T2. Untuk mendapatkan produk yang satu ini, Anda bisa mengorbankan kocek sebesar 280 ribu rupiah.

Sharp

Pasar set top Box di Indonesia juga diramaikan dengan produk dari Jepang yaitu Sharp. Sharp menghadirkan salah satu produk STB yang diberi nama STB-DD001i. Soal kualitas, Anda tak perlu meragukan produk asal Jepang ini.

Namun meski begitu, fiturnya tak banyak yang berbeda dari produk STB produksi dalam negeri. Jadi kalau soal yang spesial, tak terlalu banyak yang spesial dari STB-DD001i ini. Untuk harga, STB-DD001i dibanderol sebesar 300an ribu rupiah. Anda bisa dapatkan produk ini di berbagai toko secara offline atau pun di toko online.

Jadi itulah jawaban atas pertanyaan apakah TV digital bisa nonton YouTube? Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat menjadi sebuah informasi yang menarik untuk Anda!